iklan

Kelenjar Thyroid

Kelenjar tiroid terletak pada dasar kerongkongan, pada inferior jakun. Kelenjar ini mempunyai dua lobus yang digabungkan oleh istmus.  Hormon tiroid mengontrol kecepatan pembakaran glukosa atau oksidasi, diubah menjadi panas tubuh dan energi kimia. Bahan baku hormon tiroid yaitu iodine / iodium yang banyak terkandung dalam seafood (makanan laut). Jika terjadi defisiensi iodine akan mengakibatkan goiters (gondok). Hormon-hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid yaitu : Thyroksin, Triiodotironin, dan Kalsitonin.

1.  Thyroksin merupakan untuk metabolisme tubuh baik metabolisme karbohidrat, protein maupun lipid.
2.   Triiodotironin merupakan materi baku thiroksin dengan syarat harus ada ion iodium yang berasal akrab bahari atau hasil dari bahari seperti ikan, garam yang beriodium.
3.  Kalsitonin berfungsi untuk menurunkan kadar calcium (ion Ca2+) dalam darah supaya disimpan pada tulang.

Kerja yang sebetulnya yaitu hormon triiodotironin lantaran dijaringan tiroksin diurai menjadi triiodotironin. TSH (Thyrosomatotropic Hormone) merupakan hormon yang merangsang produksi tiroksin dengan melalui prosedur umpan balik negatif. Jika tidak terjadi keseimbangan dalam pengadaan prosedur tersebut, maka akan terjadi gangguan diantaranya hipotiroid yaitu kekurangan produksi hormon tiroid lantaran asupan iodine/ iodium kurang. Selain itu dapat mengakibatkan hipertiroidisme yaitu kelebihan produksi hormon tiroid disebabkan oleh tumor kelenjar tiroid.
gambar letak kelenjar tiroid

pembengkakan kelenjar tiroid

penyakit gondok

Sumber http://wanenoor.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelenjar Thyroid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel