iklan

Kaitan Ilmu Sosiologi Dengan Ilmu Psikologi Berdasarkan Para Ahli

Sosiologi masuk dalam rumpun ilmu Sosial (social science), alasannya yakni beliau mempelajari fenomena-fenomena sosial dari kehidupan insan yang berwujud kekerabatan antar insan dalam golongan. Adapun ilmu-ilmu yang tergolong dalam ilmu sosial yakni politik, ekonomi, psikologi, hukum, antropologi, sejarah, sosiologi dan lain-lain. Dalam membedakan sosiologi sebagai suatu ilmu dengan ilmu-ilmu sosial lain sanggup dijelas dengan melihat obyek dan fokus kajian ilmu tersebut.

Kaitan Ilmu Sosiologi dengan Ilmu Psikologi Menurut Para Ahli - Ilmu politik mengakibatkan kekuasaan sebagai obyek sekaligus fokus kajiannya. Ini terkait dengan bagaimana kekuasaan di dapat, sistem pengaturan kekuasaan, keseimbangan kekuasaan, demokrasi, parlemen, pemilu dan sebagainya. Antropologi mengakibatkan kebudayaan dan sejarah asal ajakan kebudayaan tersebut sebagai fokus kajian. Ilmu Ekonomi mengakibatkan proses produksi, distribusi dan konsumsi sebagai obyek dan fokus kajiannya. Hal ini terkait dengan bagaimana cara-cara insan memproduksi barang dan jasa, usaha-usaha mendistribusikannya dan bagaimana konsumsi produk barang dan jasa tersebut. Begitu juga dengan ilmu aturan yang fokus perhatian pada usaha-usaha penertiban, penegakan aturan dan santunan sanksi. Ilmu Psikologi sosial mengkaji wacana sikap masyarakat dan lain-lain.

 Sosiologi masuk dalam rumpun ilmu Sosial  Kaitan Ilmu Sosiologi dengan Ilmu Psikologi Menurut Para Ahli
image source: tumblr.com

Kaitan Sosiologi dengan Psikologi

Fokus perhatiannya Ilmu psikologi yakni pada individu, tingkah laku, kecerdasan dan kesanggupan logika menangkap hal-hal yang bermanfaat untuk dirinya, motivasi, harapan, ingatan dan reaksi gangguan pada jiwa dll. Sementara sosiologi juga memperhatikan wacana individu, segala tingkah laris dalam kekerabatan kemasyarakatan. Manusia yang dimaksud yakni insan normal yang sanggup menggerakan struktur sosial yang diterima oleh masyarakat. Menimbulkan perubahan dalam masyarakat baik akhir konflik atau kooperasi.

Antara psikologi dan sosiolog obyek kajiannya sama-sama manusia, tetapi ilmu sosiologi perhatian diutamakan bentuk hidup bermasyarakat, struktur dan fungsi dari kelompok terkecil sampai yang terbesar, interaksi antara orang perorang, orang dengan kelompok, kelompok dengan kelompok dan sikap sosial. Psikologi lebih mementingkan sikap insan sebagai manifestasi hidup kejiwaan, yang didorong oleh motif tertentu, sampai insan itu berprilaku atau berbuat. Oleh alasannya yakni itu kajian sosiologi lebih pada aspek kejiwaan manusia.

Manfaat berguru Sosiologi dalam pembahasan Psikologi

Setiap ilmu mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lain. Antara yang satu dengan yang ,lain sanggup membentuk kekerabatan kesaling-tergantungan. Oleh alasannya yakni itu, tanpa memahami ilmu dalam banyak sekali perspektif, maka pembahasan sebuah iilmu menjadi tidak mendalam. Pembahasan sosiologi dalam pendalaman suatu ilmu, akan menciptakan kajian terhadap ilmu tersebut akan semakin kaya perspektifnya. Nah, begitu juga dengan ilmu psikologi, salah satu keuntungannya mempelajari sosiologi dalam rangka pembahasan dalam ilmu psikologi yakni untuk menambah khazanah dan perspektif serta pemahaman yang lebih luas terhadap komplesitas studi wacana manusia. Sehingga nantinya kajian psikologi dibutuhkan lebih mendalam.

Sekian artikel tentang Kaitan Ilmu Sosiologi dengan Ilmu Psikologi Menurut Para Ahli. Semoga mempunyai kegunaan bagi nusa dan bangsa.

Sumber http://blogpsikologi.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kaitan Ilmu Sosiologi Dengan Ilmu Psikologi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel