iklan

Kisi-Kisi Ulangan Tengah Semester Gasal (Uts) Kelas Vi Tema 1

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL (UTS)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
TEMA
:
1 Selamatkan Makhluk Hidup
KELAS/SEMESTER
:
VI / I
KOMPETENSI INTI
:
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain.

Muatan
Kompetensi Dasar
Materi/Tema
Indikator Pembelajaran
Indikator Soal
Bentuk soal dan Nomor Soal
PG
Isian
Uraian
PPKn
3.1   Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
Selamatkan Makhluk Hidup
Ø Menjelaskan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila kemanusiaan yang adil dan beradab
·      Siswa sanggup mengidentifikasi nilai yang terkandung pada sila 1 dalam Pancasila melalui pernyataan yang disampaikan
·      Siswa sanggup mengidentifikasi nilai yang terkandung pada sila 1 dalam Pancasila melalui pernyataan yang disampaikan


1


Baca Juga

4




Ø Menceritakan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
·   Siswa sanggup mengidentifikasi  pengamalan sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah
·   Siswa sanggup mengidentifikasi  pengamalan sila 4 dalam Pancasila di lingkungan sekolah
·   Siswa sanggup mengidentifikasi  pengamalan sila dalam Pancasila di lingkungan masyarakat
2

5

6



8


Ø Memberikan referensi penerapan nilai-nilai Pancasila di rumah
Siswa sanggup menunjukkan referensi penerapan nilai Pancasila di lingkungan rumah
3



Ø Menceritakan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di lingkungan sekitar
Siswa sanggup menunjukkan referensi penerapan nilai Pancasila di lingkungan sekitar

7


Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

·       Menuliskan bagian-bagian dari teks investigasi
·      Siswa sanggup menjelaskan yang bukan merupakan bab dari teks investigasi
·      Siswa sanggup menjelaskan cara memperoleh laporan investigasi
·      Siswa sanggup menjelaskan pengertian laporan investigasi
10

11




16

·       Menemukan isu dan menjawab pertanyaan dari teks laporan pemeriksaan wacana hewan
Siswa sanggup menemukan isu laporan pemeriksaan menurut teks bacaan


15

·       Menggali isu dari teks laporan pemeriksaan wacana merawat lingkungan sekitar
Siswa sanggup melengkapi kalimat sesuai laporan pemeriksaan wacana lingkungan sekitar
12









3.2 Menggali isu dari teks laporan pemeriksaan wacana ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta adonan dan larutan dengan proteksi guru dan sobat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis dengan menentukan kosakata baku
·       Menuliskan ciri-ciri teks investigasi
·       Siswa sanggup mengidentifikasi yang termasuk bab dari teks investigasi
·       Siswa sanggup menjelaskan bab dari laporan teks investigasi
·       Siswa sanggup menyebutkan ciri laporan investigasi

9


13

14



Matematika







3.1    Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen).


·          Menyelesaikan soal dongeng pecahan (biasa/campuran, desimal dan persen) memakai operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara benar
·   Siswa sanggup menyelesaikan  operasi hitung persen
·   Siswa sanggup menuntaskan operasi hitung pecahan
17
18

20

21

·          Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan aneka macam bentuk pecahan
Siswa sanggup menuntaskan soal hitung aneka macam pecahan

19


3.2 Memahami perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·          Menentukan hasil operasi hitung perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·      Siswa sanggup menuntaskan soal perbandingan dengan benar
·      Siswa sanggup menuntaskan operasi hitung perbandingan berbalik nilai dengan benar
22

23


26



·          Merumuskan dengan kalimat sendiri penyelesaian soal pemecahan persoalan wacana perbandingan senilai dan perbandingan berbaik nilai
·      Siswa sanggup menuntaskan soal dongeng yang berafiliasi dengan operasi hitung perbandingan senilai
24
25



IPA
3.6  Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
·      Menjelaskan proses perkembang biakan generatif pada tumbuhan
·       Siswa sanggup menyebutkan ciri-ciri perkembangbiakan pada tumbuhan  secara generatif
·       Siswa sanggup menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan
27

28




·      Menuliskan fakta mengenai perkembangbiakan vegetatif hewan
·      Siswa sanggup menunjukkan referensi perkembangbiakan pada hewan
·      Siswa sanggup menyebutkan perkembangbiakan salah satu hewan

30

31

34

·      Menuliskan fakta mengenai perkembangbiakan generatif hewan
·      Siswa sanggup menjelaskan perkembangbiakan binatang secara generatif
32




·      Mengamati dan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tumbuhan
·   Siswa sanggup menunjukkan referensi perkembangbiakan secara vegetatif
·   Siswa sanggup menjelaskan laba perkembangbiakan secara generatif
29





33



IPS
3. Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
·      Menjelaskan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya
·       Siswa sanggup menjelaskan letak geografis Indonesia
·       Siswa sanggup menjelaskan mata pencaharian penduduk menurut kondisi geografisnya
·       Siswa sanggup menjelaskan imbas kondisi alam dengan keragaman budaya  masyarakat setempat
35
36

37




39


·      Menjelaskan kondisi geografis lingkungan
Siswa sanggup menemukan cara pelestarian tumbuhan berkaitan dengan kondisi lingkungan

40


·      Mengaitkan insan dalam hubungannya dengan binatang serta pengaruhnya bagi kehidupan
·      Siswa sanggup menyebutkan kondisi alamdalam hubungannya dengan hewan
38



·      Menemukan keterkaitan relasi insan dengan kelestarian binatang dan tumbuhan
·       Siswa sanggup menyebutkan penggolongan binatang menurut kondisi geografisnya
·       Siswa sanggup menyebutkan perilaku dalam melestarikan binatang dan tumbuhan


41

42


SBdP
3.1 M
·      Mengenal kerajinan teknik jahit tiga dimensi wacana hewan
·      Siswa sanggup menjelaskan jenis teknik jahit
·      Siswa sanggup menjelaskan fungsi dari teknik jahit
·      Siswa sanggup menjelaskan pengertian teknik menjahit

43
44


45

3.2 Mengenal karya dua dan tiga dimensi menurut prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
·      Menjelaskan kerajinan teknik jahit tiga dimensi wacana hewan
·      Siswa sanggup menjelaskan langkah-langkah teknik menjahit tiga dimensi


46

3. Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
·       Menyajikan kreasi hasil pengolahan masakan dalam acara pekan raya secara sederhana
·      Siswa sanggup menjelaskan  salah satu kreasi olahan makanan

47


·       Berkreasi menciptakan poster untuk acara kampanye
·       Siswa sanggup menjelaskan langkah-langkah menciptakan poster
·       Siswa sanggup menciptakan poster sesuai tema yang ditentukan

48


50

·       Mengkampanyekan poster
·      Siswa sanggup menjelaskan cara mengkampanyekan poster


49





Sumber http://agama-bisnis.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisi-Kisi Ulangan Tengah Semester Gasal (Uts) Kelas Vi Tema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel