Langkah Menyusun Kisi-Kisi Soal Ulangan Yang Baik Dan Benar
Seperti sudah rekan guru madrasah ketahui bahwa penilaian hasil belajar dilakukan secara terpadu sebagaimana dijelaskan di Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa maksud terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. Sehingga penilaian ini adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
Adapun secara garis besar, fungsi penilaian hasil belajar diantaranya adalah :
- Alat untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan fungsi ini maka penilaian harus mengacu pada rumusan tujuan pembelajaran sebagai penjabaran dari kompetensi mata pelajaran
- Umpan balik bagi perbaiakn proses belajar-mengajar. Perbaikan mungkin dilakukan antara lain : dalam hal tujuan pembelajaran, kegiatan atau pemgalaman belajar siswa, strategi pembelajaran yang digunakan guru, media pembelajaran
- Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya. Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan belajar siswa dalam berbagai bidang study atau mata pelajaran dalam bentuk nilaiprestasi yang dicapai
Dalam melakukan penilaian hasil belajar, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu :
1. Penentuan tujuan tes
2. Penyusunan Kisi-kisi
3. Penulisan soal
4. Penelaahan soal (validasi soal)
5. Perakitan soal menjadi perangkat Tes
6. Uji Coba soal termasuk analisisnya
7. Bank soal
8. Penyajian tes kepada siswa
9. Skoring ( pemeriksaan jawaban siswa)
Kisi-kisi adalah suatau format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan tes.
Syarat-syarat Kisi-kisi yang baik adalah sebagai berikut :
1. Mewakili isi kurikulum / kemampuan yang akan diujikan
2. Komponen-komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami
3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indicator dan bentuk soal yang ditetapkan
Komponen kisi-kisi terdiri atas
A. Kelompok Identitas
1. Jenis Institusi/lembaga
2. Program/Jurusan
3. Bidang Study/mata pelajaran
4. Tahun Pelajaran
5. Kurikulum yang digunakan
6. Jumlah Soal
7. Bentuk soal
B. Kelompok matriks
1. Kompetensi dasar
2. Materi yang akan dijadikan soal
3. Indikator
4. Nomor urut soal
Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal yang harus dikuasai siswa setelah mempelajari materi pelajaran tertentu. Kompetensiini diambil dari Kurikulum yang digunakan
Materi
Materi meruapakan bahan ajar yang harus dikuasaisiswa berdasarkan kompetensi yang akan diukur. Penentuan materi ( bahan ajar ) yang akan diambil disesuaikan dengan indicator yang akan disusun
Untuk pembuatan soal, kita harus bisa memilih materi esensial yang akan dikeluarkan dalam tes.
Untuk memilih materi esensial kita dapat berpedoman pada kriteria-kriteria berikut ini :
1. Merupakan materi lanjutan
2. Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya
3. Merupakan materi penting yang harus dikuasai oleh siswa
4. Merupakan materi yang sering dibutuhkan
5. Untuk mempelajari bidang study lain
6. Merupakan materi yang berkesinambungan yang terdapat pada semua jenjang kelas
7. Merupakan materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari
1. Merupakan materi lanjutan
2. Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya
3. Merupakan materi penting yang harus dikuasai oleh siswa
4. Merupakan materi yang sering dibutuhkan
5. Untuk mempelajari bidang study lain
6. Merupakan materi yang berkesinambungan yang terdapat pada semua jenjang kelas
7. Merupakan materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
Indikator:berisi ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal. Indikator dikembangkan sesuai dg karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dg kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Syarat-syarat indikator yang baik adalah :- Memuat ciri-ciri kompetensi dasar yang akan diukur.
- Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur.
- Berkaitan dengan materi (bahan ajar) yang dipilih.
- Dapat dibuatkan soalnya.
- Bila Soal Terdapat Stimulus, maka rumusan indikatornya: "Disajikan …, siswa dapat menjelaskan …."
- Bila Soal Tidak Terdapat Stimulus, maka rumusan indikatornya: "Siswa dapat membedakan …."
Contoh indikator soal :
Disajikan sebuah teks report tentang hewan, siswa menentukan gambaran umum teks tersebut dengan tepat. |
Keterangan :
Teks berwarna biru = condition
Teks berwarna hitam = audience
Teks berwarna merah = behavior
Teks berwarna ungu = degree
SOAL
Soal disusun berdasarkan indikator. Untuk di sekolah, biasanya kita sering memakai 3 jenis soal yaitu soal pilihan ganda, dan soal uraian, masing-masing memiliki keunggulan dan keterbatasan.
Soal pilihan gandaKeunggulan
- mengukur berbagai jenjang kognitif
- penskorannya mudah, cepat, objektif, dan dapat mencakup ruang lingkup bahan/materi/kdyang luas
- bentuk ini sangat tepat untuk ujian yang pesertanya sangat banyak atau yang sifatnya massal
- memerlukan waktu yang relatif lama untuk menulis soalnya
- sulit membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi
- terdapat peluang untuk menebak kunci jawaban
Soal uraian :
Soal uraian merupakan Soal bentuk uraian adalah suatu soal yang jawabannya menuntut siswa untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan-gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis. Soal uraian terdiri dari soal uraian objektif dan soal uraian non objektif. Soal uraian objektif merupakan rumusan soal atau pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep tertentu, sehingga penskorannya dapat dilakukan secara objektif). Sedangkan soal uraian non objektif merupakan rumusan soal yang menuntut sehimpunan jawaban berupa pengertian/konsep menurut pendapat masing-masing siswa, sehingga penskorannya sukar dilakukan secara objektif).
Keunggulan
- Dapat mengukur kemampuan siswa dalam hal mengorganisasikan pikiran, mengemukakan pendapat, dan mengekspresikan gagasan-gagasan dengan menggunakan kata-kata atau kalimat siswa sendiri
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyatakan gagasan/pendapat
- Penyusunan tes lebih mudah.
- Faktor menebak jawaban dapat dikurangi
Keterbatasan :
- Jumlah materi yang ditanyakan terbatas
- Waktu penskoran lama
- Penskoran hanya dapat dilakukan oleh orang yang menguasai bidang studi tersebut.
- Penskoran relatif subjektif
- Reliabilitas relatif lebih rendah daripada bentuk soal Pilihan Ganda
Contoh format kisi-kisi soal :
- Satuan Pendidikan : ………………………
- Program/Jurusan : ………………………
- Bidang studi/matapelajaran : ………………………
- Tahun nelajaran : ……………………
- Kurikulum yang diacu/dipergunakan: ………………………
- Jumlah soal : ……………………
- Bentuk soal : ……………………
No. Urut | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | No. Soal |
Sekian yang dapat Blog Guru madrasah sampaikan dan semoga bermanfaat serta menambah sedikit wawasan dan menjadi tambahan referensi bagi para pendidik di seluruh Indonesia. [sumber : www.pgrionline.com]
Sumber http://kurikulum-karakter.blogspot.com
0 Response to "Langkah Menyusun Kisi-Kisi Soal Ulangan Yang Baik Dan Benar"
Posting Komentar