iklan

✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi

Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Merawat Komputer
Belajar Komputer - Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin pencarian ibarat Google, Bing dan maupun Yahoo. Saya yakin dengan mengetikkan kata tersebut, Anda niscaya tidak ingin komputer kesayangan Anda tiba-tiba mati seketika dan tidak bisa digunakan. Ya itu merupakan sesuatu yang wajar, Saya pun melaksanakan hal yang sama. Pastinya Anda ingin semoga komputer yang Anda gunakan tetap terawat baik dari segi Hardware maupun Softwarenya.

Untuk merawat komputer (PC) atau laptop, tolong-menolong sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah maupun ditempat Anda bekerja, Anda hanya membutuhkan sedikit suplemen warta semoga Anda bisa benar-benar mengerti Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet digunakan. Sebenarnya aneka macam cara merawat komputer/laptop Anda semoga tetap bisa Anda gunakan walaupun tergolong komputer lama, ibarat Merawat Komputer Anda dari Virus dan Merawat Komputer Secara Hardware dan Software. 

Baik tanpa panjang lebar, mari Kita bahas Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi berikut ini :
YUK KITA IKUTI TIPSNYA

TIPS I - Backup Komputer Secara Berkala


Backup Komputer sengaja Saya tempatkan pada posisi pertama alasannya yakni ini merupakan hal yang sangat penting dari poin-poin yang lain yang akan Kita bahas. Melakukan Backup secara terpola sangat baik untuk Anda lakukan, ini berkhasiat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ibarat file terhapus, hardisk rusak maupun kejadian-kejadian lain yang mengakibatkan file/berkas Anda tidak bisa diakses. Anda sanggup melaksanakan Backup data memakai media penyimpanan lain ibarat External Hardisk, Flasdisk maupun Floppy Disk. Jadi ketika File Anda tidak bisa diakses atau hardisk Anda mengalami kerusakan, maka Anda masih mempunyai Backup file tersebut di media penyimpanan yang lain.

TIPS II - Operasikan Komputer Sesuai Prosedur


Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Shutdown Komputer
Ya tidak bisa dipungkiri lagi, mengoperasikan komputer dengan cara yang baik dan benar, akan memperlihatkan dampak baik bagi kesehatan komputer Anda. Mengoperasikan komputer sesuai dengan mekanisme merupakan langkah cerdas yang bisa Anda lakukan semoga komputer Anda tetap baka dan bisa untuk digunakan dalam jangka panjang. Jika Anda masih merasa resah dengan Cara Mengoperasikan Komputer, silahkan baca update sebelumnya yang membahas ihwal hal tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui Cara Mengoperasikan Komputer yang Baik dan Benar, kini Anda hanya tinggal mengembangkan pengetahuan Anda semoga acara Anda dengan komputer sehari-hari tidak menciptakan Anda merasa jenuh. Anda juga perlu tau mengenai Ergonomi Komputer agar Anda bisa lebih nyaman dalam mengoperasikan komputer dan tentunya tidak mengganggu kesehatan Anda.

TIPS III - Tutup Program Yang Tidak Digunakan


Menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), akan memperlambat kinerja dari sebuah komputer, hal ini dikarenakan pemakaian memory dari komputer yang semakin besar yang menimbulkan kinerja sistem mulai menurun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda tutup aplikasi yang tidak digunakan semoga kinerja sistem komputer bisa lebih stabil dan secara otomatis memperpanjang umur perangkat komputer Anda.

TIPS IV - Uninstall/Hapus Program Yang Tidak Perlu


Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Uninstall Program
Terlalu banyak meng-install aplikasi pada sebuah komputer akan mengakibatkan Kinerja sistem komputer tidak berjalan stabil dan komputer akan terasa berat ketika menjalankan aplikasi, hal ini dikarenakan resource atau daerah yang digunakan oleh aplikasi yang Anda install akan memakan daerah yang banyak dan berlebihan dan ini tidak baik dan sangat tidak direkomendasikan. Apalagi jikalau komputer yang Anda gunakan mempunyai spesifikasi yang standart/pas-pasan.

Agar komputer sanggup berjalan dengan stabil, Anda bisa menghapus jadwal yang tidak diharapkan ketika ini, alasannya yakni program-program tersebut sanggup memperlambat kinerja dari sebuah komputer. Jika Anda memerlukan jadwal tersebut dikemudian hari, silahkan Anda install kembali.

TIPS V - Bersihkan Perangkat Komputer dari Debu 


Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Ilustrasi Membersihkan Komputer
Jika Anda sudah pernah Merakit Komputer Sendiri, pastinya Anda sudah mengetahui komponen-komponen yang terdapat dalam komputer Anda. Komponen-komponen komputer tersebut akan berjalan dengan optimal jikalau kondisinya terawat. Anda bisa membayangkan jikalau CPU Anda tidak pernah dibersihkan selama beberapa bulan, niscaya Anda akan melihat bubuk -debu yang melekat dan mulai menebal pada perangkat komputer Anda, ini sanggup mengganggu kinerja dari komponen komputer tersebut. Sebagai pola CPU Cooler misalnya, jikalau Anda tidak lakukan pencucian secara rutin, maka bubuk dan kotoran akan melekat pada pecahan atau sela-sela kipas yang sanggup memperlambat perputaran kipas, dan bisa berakibat fatal. Anda bisa bayangkan jikalau pendingin pada CPU Anda tiba-tiba mati, niscaya komputer Anda akan cepat panas dan tidak menutup kemungkinan jikalau komputer Anda tiba-tiba mati.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sangat baik sekali jikalau Anda rajin membersihkan kotoran atau bubuk yang melekat pada perangkat komputer Anda, dan jikalau Anda melakukannya secara berkala, maka dijamin komputer Anda akan selalu nyaman untuk digunakan dan perangkat komputer Anda akan jauh lebih awet.

TIPS VI - Ventilasi Yang Cukup Untuk Perangkat Komputer


Jika Anda memakai komputer diruangan yang tertutup, sebaiknya Anda pastikan suhu udara didalam ruangan tersebut tetap dingin. Suhu ruangan sangat kuat terhadap komponen-komponen komputer, jikalau suhu ruangan komputer Anda tidak stabil/panas, maka komponen-komponen komputer Anda juga akan cepat panas, hal ini dikarenakan kipas pendingin yang terdapat dalam casing komputer tidak sanggup menyeimbangkan suhu dalam komputer tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menciptakan ventilasi yang cukup semoga suhu dalam ruangan tetap terjaga, sehingga komponen-komponen komputer Anda tidak cepat panas (overheating). Anda juga sanggup memperlihatkan kipas pendingin suplemen pada casing CPU Anda.

TIPS VII - Lakukan Defragment Secara Berkala


Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Disk Defragment
Disk Defragment yakni sebuah jadwal untuk membantu merpaihkan penempatan data di dalam harddisk, sesudah rapih efeknya yakni kecepatan dalam mencari data lebih efisien alasannya yakni tidak berpencar lagi. Defragment merupakan tool bawaan Sistem Operasi Windows.

Fungsi Defragment adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write. Dengan demikian, beban kerja akan lebih ringan yang alhasil sanggup memperpanjang umur harddisk

Cara melakukan Defragment adalah:
Klik sajian Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini sebaiknya tutup semua aplikasi, semoga proses penataan sanggup berjalan secara optimal.

TIPS VIII - Bersihkan Reycycle Bin Secara Rutin


Recycle Bin atau Trash dalam dunia komputer merupakan daerah penyimpanan sementara untuk file yang telah dihapus dari file manager oleh user. Namun belum secara permanen dihapus dari physical media sehingga memungkinkan file tersebut dikembalikan pada lokasi semula, jikalau terjadi kesalahan abolisi data.

Sebenarnya  file/folder yang kita hapus tidak eksklusif hilang dari harddisk alasannya yakni akan ditampung dahulu di  Recycle Bin, meskipun ada beberapa jenis pengaturan yang bisa kita gunakan antara lain memperlihatkan peringatan ketika menghapus, hapus kemudian simpan di daerah sementara atau hapus   permanen.   Pengaturan   untuk   jenis   “hapus   kemudian   disimpan ditempat penampungan” ini bertujuan semoga suatu ketika apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang sanggup mengakibatkan pembacaan harddisk menjadi lambat. Cara mengosongkan Recycle Bin adalah: Jalankan Windows Explorer >> klik Recycle Bin >> klik File >> klik Empty Recyle Bin

TIPS IX - Aktifkan Firewall Komputer


Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Ilustrasi Firewall
Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan kemudian lintas jaringan yang dianggap kondusif untuk bisa melaluinya dan mencegah kemudian lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.

Firewall digunakan untuk membatasi atau mengontrol saluran terhadap siapa saja yang mempunyai saluran terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah Firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua macam jaringan yang berbeda. Mengingat ketika ini banyak perusahaan yang mempunyai saluran ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan aturan di dalamnya, maka derma terhadap perangkat digital perusahaan tersebut dari serangan para peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya, menjadi kenyataan.

Sebenarnya pada sistem operasi Windows sendiri sudah ada akomodasi Firewall ini hanya saja jarang difungsikan. jikalau Anda ingin mengaktifkannya, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Klik Start kemudian pilih Control Panel
  2. Kalo sudah masuk di Control Panel, kemudian pilih Windows Firewall
  3. Di sajian sebelah kiri lagi pilih goresan pena Turn Windows Firewall on or off
  4. Silahkan Anda ganti on (untuk mengaktifkan Firewall) atau off (untuk menonaktifkan Firewall), kemudian klik OK.

TIPS X - Install Anti Virus dan Lakukan Update Berkala


Cara Merawat Komputer merupakan salah satu kata kunci yang sering Anda ketikkan di mesin p ✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi
Anti Virus
Menginstall Anti Virus merupakan salah satu langkah cerdas untuk merawat dan menjaga komputer semoga tidak cepat rusak. Fungsi Anti Virus sendiri yakni sebagai perlindungan dan derma dari serangan virus komputer. 

Banyak sekali Software Anti virus Gratis maupun berbayar yang Anda sanggup gunakan untuk melindungi komputer kesayangan Anda, ibarat Avast, Kaspersky, Avira, AVG, Smadav (Lokal) dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun yang niscaya jangan lupa untuk melaksanakan update database Anti Virus secara terpola semoga Anti Virus senantiasa mendeteksi adanya serangan Virus-virus baru.
END

Dengan mengikuti beberapa tips diatas, maka Anda sudah bisa merawat dan menjaga komputer sendiri tanpa harus repot-repot memanggil teknisi komputer untuk melaksanakan perawatan komputer Anda. Semoga beberapa tips cerdas diatas sanggup membantu rekan-rekan dalam Merawat Komputer Agar Tetap Awet. 

Silahkan baca juga artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat Email Baru di Google jikalau Anda masih belum bisa menciptakan email.

Sumber http://webberbagi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Tips Cerdas Merawat Komputer Tanpa Teknisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel