iklan

Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia



SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIA


1.    Tulis kembali teks berikut dengan ejaan yang benar!
Antropologi, merupakan salah satu cabang ilmu Sosial yang mempelajari wacana Budaya masyarakat suatu etnis tertentu. lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang eropa yang melihat ciri-ciri fisik, sopan santun istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yg merupakan masyarakat tunggal tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal didaerah yang sama, antropologi ibarat mirip sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat, dan kehidupan sosialnya.

2.    Isilah titik-titik yang terdapat dalam paragraf berikut dengan diksi yang paling tepat!
Peneltian ini 1) ............. sistem pengelolaan dan pemanfaatan harta pusaka 2) .......... novel-novel karya Wisran Hadi. Novel yang 3).............. objek penelitian berjudul Orang-Orang Belanti dan Negeri Perempuan. Dalam 4) ........... ini ditemukan bahwa bagi masyarakat Minangkabau intinya mereka mempunyai hukum sebagaimana yang berlaku dalam hukum budaya masyarakat Minangkabau. Namun pada 5).............. terjadi penyalahgunaan dalam 6) ............. tanah pusaka oleh pria dalam kaum dan pihak pemerintahan dengan alasan “demi kepentingan bersama” dan akan mengancam bagi mereka yang tidak mau. 7) ..........., ada juga yang dimanfaatkan sebagaimana yang seharusnya. Contohnya pada tokoh Bundo, sebagai salah satu pewaris dapat 8)........... tanah pusako tanpa memonopoli hak anggota kaum yang lain, serta memanfaatkan akhirnya untuk 9)...... bersama. Begitu juga dengan pihak pria yang 10)......... kekuasaan dalam pengaturan tanah pusako, mereka tidak berbuat semena-mena.

3.    Efektifkanlah kalimat di bawah ini!

1.                   Tujuan seseorang berkomunikasi ialah untuk memberikan pesan dan menjalin korelasi sosial (social relationship) dengan mitra bicaranya.
2.                   Dalam penyampaian pesan tersebut biasanya dipakai bahasa verbal baik ekspresi maupun maupun tulisan, atau non verbal (bahasa isyarat) yang dipahami oleh kedua belah pihak.
3.                   Untuk menjalin adanya korelasi sosial dalam berkomunikasi, biasanya orang akan memakai beberapa taktik yang paling tepat.
4.                   Setelah proses komunikasi selesai, maka untuk itu pembicara dan mitra bicara biasanya akan mempunyai kesan yang mendalam, ibarat kesan simpatik, sopan, ramah, dan santun.
5.                   Agar tujuan komunikasi tersebut sanggup tercapai, maka biasanya pembicara akan selalu berusaha  menyampaikan pesan dengan banyak sekali strategi.

Sumber http://suaraibs.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel