iklan

Robot Pertama Di Dunia

Taukah kalian ternyata robot pertama di dunia diciptakan oleh seorang ilmuan muslim.......
Menurut perkembangannya dahulu robot hanya sebagai dongeng pada novel-novel yang sanggup menuruti segala yang insan perintahkan dan mempunyai karakteristik yang insan inginkan. Pada tahun 1889 berdasarkan sebuah  dokumen sejarah kekaisaran ottoman terungkap bahwa robot ditemukan oleh ilmuan muslim berjulukan Musa Dede. Cerita ini bermula ketika pangeran Komatsu (keponakan kaisar jepang) tiba ke istanbul untuk memperlihatkan hadiah kepada Sultan Abdulhamid Han.
Pada tahun 1889, kaisar meiji kembali mengirim utusan langsung ke Istanbul untuk memperlihatkan beberapa hadiah dan sebuah surat diam-diam untuk Sultan abdulhamid Han. surat tersebut membicarakan wacana permintan kaisar jepang untuk memperlihatkan info mengenai agama islam, ilmu pengetahuan, dan penemuan teknologi. Menanggapi  surat tersebut, Sultan turki meminta kepada jago jam, Musa Dede untuk menciptakan membuat sebuah jam dengan teknologi unik. Musa lalu memikirkan sebuah konsep untuk memilikirkan proyek ini.
Musa lalu memperlihatkan citra awal mengenai jam tersebut. Pada awalnya sultan menolak konsep yang ditawarkan musa dan lalu memperlihatkan saran kepada Musa biar pada jam tersebut dibentuk menyerupai penari sufi dan penambahan bunyi adzan pada jam tersebut.
Musa sempat kebingungan dengan permintaaan Sultan tersebut. Kemudian Musa alhasil terpikirkan oleh mesin rekaman Gramaphone yang diciptakan oleh Thomas Alva Edison. Lalu ia menerapkan mesin tersebut terhadap jam yang ia rancang biar jam ini sanggup melantunkan adzan.
Setelah banyak sekali macam percobaan, jam ini alhasil selesai sesuai dengan undangan Sultan. Jam yang diciptakan Musa ini mempunyai bentuk menyerupai penari Sufi dan pada waktu yaang telah ditentukan, jam ini membuka kedua lengannya untuk melantunkan adzan.
Musa alhasil menyerahkan jam ini kepada sultan, melihat hal tersebut Sulatan sangat kagum terhadap hasil yang dikerjakan oleh Musa. Kemudian Sultan memnerikan nama pada jam yang diciptakan Musa dengan sebutan ALAMET. Alamet sendiri berarti "keajaiban". lalu jam tersebut dikirimkan kepada kaisar jepang dengan menumpang sebuah kapal. Jam Alamet berhasil mendarat pada tahun 1890 di pelabuhan Yokohama pada bulan Juni.sayangnya kini keberadaan jam ini tidak diketahui dimana namun sejarah mencatat didalam dokumen dan arsip ottoman.
sumber: okezone.com dan @wowfakta
Sumber http://zulmaidahimay.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Robot Pertama Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel