iklan

✔ Pengenalan Komputer Lengkap Ada Filenya Juga!

Pada update kali ini Saya akan membahas mengenai pengenalan komputer dasar untuk pemula yang bisa Anda jadikan sebagai pemanis tumpuan untuk mencar ilmu komputer. Saya juga menyertakan file presentasi yang bisa Anda gunakan untuk sarana mencar ilmu Anda dan Saya akan bagikan kepada Anda secara gratis alias enggak bayar.
Jika Anda termasuk orang yang gres mencar ilmu komputer, maka tutorial kali ini sangat cocok sekali untuk Anda, sebab Anda akan dipandu mulai dasar sekali mengenai komputer, menyerupai definisi komputer, pembagian komputer, sistem komputer, pengertian software, hardware dan brainware dan masih banyak lagi. Kaprikornus Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab Anda akan benar-benar dipandu dari awal. Baiklah tanpa harus panjang lebar, eksklusif saja deh Kita mulai pembahasannya.

PENGERTIAN KOMPUTER

Pembahasan pertama Kita mulai dengan pengertian komputer terlebih dahulu, Komputer yakni alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melaksanakan perhitungan aritmatika atau yang biasa kita kenal dengan hitung-hitungan, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir semua berafiliasi dengan persoalan aritmatika, tetapi komputer dikala ini digunakan untuk keperluan banyak kiprah yang tidak berafiliasi dengan matematika.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja perempuan Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Orang yang mendesain salah satu mesin hitung pertama (mesin analitikal) yakni Charles Babbage. Selain itu, banyak sekali alat mesin sederhana menyerupai slide rule juga sudah sanggup dikatakan sebagai komputer. Kaprikornus singkatnya pengertian komputer bisa dirangkum sebagai berikut.
Komputer yakni perangkat alat elektronik yang bisa mengolah data untuk menyajikan informasi yang diinginkan.
Sebelum melanjutkan pembahasan materi mengenai pengenalan komputer ini, apakah Anda sudah tau bagaimana cara mengoperasikan komputer yang baik? kalo masih belum baca dulu artikel Saya mengenai hal tersebut yang sudah Saya tulis di blog ini juga.

PEMBAGIAN KOMPUTER

Nah kini sudah tau kan pengertian komputer yang sebenarnya, kini Kita lanjutkan pembahasannya mengenai pembagian komputerSecara garis besar, komputer dibagi menjadi tiga pecahan yaitu Hardware, Software, dan Brainware. 

Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari unit input (Pengisian/pengambilan data, contoh: Keyboard, Mouse, Scanner), unit proses (Pemroses data (RAM/ROM), Control Unit, Arithmetic & Logical unit) dan unit output (Bagian pengeluaran data. Contoh: Monitor, Disk Drive & Printer). Nah untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar berikut.
 Pada update kali ini Saya akan membahas mengenai  ✔ Pengenalan Komputer Lengkap Ada Filenya Juga!
Software adalah perangkat lunak komputer untuk mengkontrol perangkat keras (hardware). Software bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori antara lain:
  • Sistem Operasi (Operating Sistem) : Ms. DOS, Windows, MAC OS, dan Linux.
  • Program bantu (Utility) : Anti Virus, PC Tools dan Windows Explorer.
  • Program Siap Pakai (Aplikasi) :
    • Pengolah Kata (word processor) : WordStar, WordPerfect, Ms. word.
    • Pengolah Angka (spread sheet) : Lotus, Excel, Quattro Pro.
    • Pengolah Data (database) : Dbase, FoxPro, Ms Access.
    • Pengolah Citra (gambar) : CorelDraw, 3DStudio,  Adobe Photoshop.
  • Compiler / Interpreter : Pascal, Delphi, Visual Basic, Visual FoxPro.
Brainware adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang mengurusi komputer tersebut. Dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan tugasnya antara lain :
  • Operator : Bertugas mengoperasikan komputer.
  • Programmer : Bertugas menciptakan acara siap pakai.
  • System Analyst : Bertugas menganalisa dan merancang sistem komputer perusahaan.
Kaprikornus jikalau dirangkum dalam bahasa singkat mungkin pengertiannya bisa menyerupai pada kotak dibawah ini.
Hardware yakni perangkat keras komputer,
Software yakni perangkat lunak komputer, dan
Brainware yakni orang yang mengoperasikan komputer.

PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer yakni suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melaksanakan kiprah tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu sanggup pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu acara dengan memakai komputer.

Komputer sanggup membantu insan dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set aba-aba (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jikalau tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

PERKEMBANGAN KOMPUTER

Komputer dari semenjak awal dibuatnya hingga dengan kini telah banyak mengalami banyak sekali bentuk perubahan dan penyempurnaan kegunaannya. Tahun 1930 merupakan tahun dimana konsep dari komputer serba guna menjadi pecahan dari lahirnya komputer modern masa kini dimulai dengan perkembangan perangkat keras (hardware) yang menuntut pula perkembangan penggunaannya di dalam perangkat lunak (software) serta penggunanya (brainware). Sejarah perkembangan hardware komputer dari banyak sekali generasi sanggup dijelaskan menyerupai berikut:
  • Generasi Komputer Pertama (1946 - 1959)
  • Komputer generasi pertama dibentuk dengan sangat sederhana dengan bentuk ukuran fisik yang besar, membutuhkan tenaga listrik yang besar dan memakai komponen hampa udara (vacuum tube), pola MARK I, IBM 702 dan UNIVAC II.
  • Generasi Kedua (1959 – 1965)
  • Pada generasi ini dikembangkan penggunaan teknologi transistor dan bahasa tingkat tinggi sebagai bahasa komputer pertama sehingga memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan generasi pertama, misal NCR 300, GE 200 dan IBM 7080.
  • Generasi Ketiga (1965 – 1970) 
  • Komputer pada generasi ketiga dibentuk dengan memakai teknologi IC atau yang biasa disebut sebagai chip sehingga listrik yang diharapkan pun lebih ekonomis dan memiliki memory hingga dengan ratusan huruf serta penggunaan magnetik disk yang berkapasitas besar, menyerupai UNIVAC 9000 dan Burroughs 7700.
  • Generasi Keempat (1970 – 1995)
  • Pada generasi keempat penggunaan IC dikumpulkan dan dipadatkan di dalam Chip sebagai rangkaian IC yang terpadu sehingga memungkinkan pembuatan kecerdasan buatan dalam komputer untuk teknologi simulasi dan sensor, misal IBM 370 dan APPLE II.
  • Generasi Kelima (Present & Beyond)
  • Pada generasi kelima ini sudah dipergunakan teknologi Web dan browser untuk pengolahan dan penyampaian informasi secara real time berbasis grafik dan tanpa kabel, menyerupai Nokia9210, raveMP Player, Ms. Reader, Apple G4 dan sebagainya.

KONFIGURASI SISTEM KOMPUTER

Secara garis besar menyerupai yang yang sudah dijelaskan diatas, konfigurasi atau cara kerja sistem komputer terdiri dari unit input, unit proses dan unit output. Yuk Kita pelajari bagaimana cara kerjanya mulai dari inputan yang Anda masukkan kemudian diproses dengan sedemikian rupa dan karenanya menghasilkan laporan yang Anda butuhkan, eksklusif saja Kita mulai pembahasannya.
 Pada update kali ini Saya akan membahas mengenai  ✔ Pengenalan Komputer Lengkap Ada Filenya Juga!
Alur Sistem Komputer

1. Unit Input

Unit Input dalam sebuah komputer merupakan suatu pecahan yang berperan sebagai media akseptor masukan dari user. Unit ini merupakan Gate (gerbang) dimana melalui unit ini user akan memasukkan/memberikan perintah-perintah yang nantinya akan diolah oleh unit lain sehingga pada pecahan final akan didapatkan suatu hasil yang sesuai impian user.

Macam-macam unit input antara lain: 
  • Keyboard (papan ketik)
  • Prinsip kerja dari alat ini yakni dengan memanfaatkan kinerja saklar ON-OFF yang diterapkan dalam sekumpulan tombol. Bila salah satu tombol ditekan maka tombol tersebut akan memperlihatkan arus listrik ke papan ketik sehingga dalam proses berikutnya arus ini akan diolah menghasilkan suatu tulisan/karakter di layar.
  • Mouse
  • Merupakan suatu alat yang digunakan untuk mendapatkan masukan selain karakter. Biasanya alat ini digunakan untuk menggambar. Prinsip kerja alat ini yakni gerakan yang dibentuk oleh user akan direkam oleh bola untuk kemudian dibagi menjadi gerakan vertikal dan horisontal oleh gear vertikal/horisontal sehingga akan sanggup diukur oleh sensor seberapa jauh perpindahan yang harus ditampilkan di layar.

2. Unit Proses

Unit proses merupakan pecahan utama dari komputer. Pada unit ini terjadi kegiatan pengolahan data yang diterima dari unit sebelumnya. Data-data yang dimasukkan user melalui keyboard akan diolah dengan memakai budi (arithmetic logic unit - ALU). Processor merupakan perangkat utama pada unit process yang berupa chip besar terletak sempurna di tengah pecahan utama (main board) dan merupakan otak komputer. Segala sesuatu yang terjadi dalam komputer dikontrol oleh chip ini.

Jenis dan tipe unit proses dari banyak sekali generasi.

GENERASI
CHIP UTAMA
Generasi Pertama (1978’an)
Intel 8086
Generasi Kedua (1982’an)
Intel 80286
Generasi Ketiga (1985’an)
Intel 80386 DX
Generasi Keempat (1989’an)
Intel 80486 DX
Generasi Kelima (1993’an)
Intel Pentium, AMD K5
Generasi Keenam (1997’an)
Intel Pentium II, AMD K6
Generasi Ketujuh (1999’an)
Intel Pentium III, AMD K6-3
Generasi Kedelapan (2001’an)
Intel Pentium IV, AMD K7

3. Unit Output

Unit output yakni unit keluaran, jikalau data sudah Anda inputkan, maka data akan diproses kemudian akan ditampilkan baik ke monitor atau layar komputer maupun kertas.
  1. Monitor
  2. Bagian final dari sebuah komputer yakni unit display yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara user dengan komputer.
  3. Printer
  4. Unit output lain dari komputer yakni printer yang merupakan pecahan terpisah dari sebuah PC yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data pada media menyerupai kertas dengan menghasilkan pola-pola tertentu.
Nah bagaimana sekarang, apakah Anda sudah mulai memahami pengertian komputer dan cara kerja sistem komputer? Baiklah menyerupai yang sudah Saya janjikan sesuai dengan judul diatas, Saya akan bagikan file presentasi secara gratis mengenai materi pengenalan komputer. Untuk link d0wnl0adnya, Saya sertakan pada link dibawah ini.

Sumber http://webberbagi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pengenalan Komputer Lengkap Ada Filenya Juga!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel