iklan

✔ [3] Management Project


PERENCANAAN PROYEK SISTEM INFORMASI

Tipe Proyek

1.Proyek yang berasal dari klien yang ditawarkan kesuatu konsultan atau kontraktor.

–   Karakteristik pekerjaan sudah jelas.

–   Tidak melalui proses tender

–   Biasanya proyek kecil.

 2.Ide proyek muncul alasannya ada tawaran dana dari instansi atau forum tertentu.

–   Dari tawaran ke anjuran proyek

–   Biasanya pada instansi pemerintah atau forum pendidikan

3.Proyek muncul alasannya adanya tawaran lelang.

–   Melalui proses tender.

–   Biasanya proyek berukuran besar dan kompleks

4. Proyek berasal dari dalam perusahaan

    sendiri.

–   Bersumber dari bottom-up, atau

–   Top - bottom

KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROYEK SISTEM INFORMASI

ALASAN PENGEMBANGAN PROYEK S.I

1. Banyak timbul permasalahan.

      a. Sistem usang tidak sesuai lagi dengan kebutuhan :

Tidak efisien dalam operasinya.
Kesalahan proses/hasil.
Manfaat yang diperoleh berkurang.

      b. Perkembangan organisasi.

Berhubungan dengan kebutuhan informasi yang lebih baik dan luas, jumlah data yang dioleh meningkat, dan perubahan prosedur.

2. Untuk meningkatkan kesempatan usaha.

Kecepatan informasi atau efisiensi waktu sangat menentukan berhasil atau tidaknya seni administrasi dan planning dalam meningkatkan peluang pasar, pelayanan, laba dan proses pengambilan keputusan

3. Adanya arahan perubahan.

 Berasal dari dalam (pimpinan) atau luar organisasi (peraturan pemerintah)

4. Adanya Perkembangan Teknologi

–      Perkembangan software dan hardware

KEBIJAKAN SISTEM

Kebijakan untuk berbagi sistem informasi dilakukan oleh administrasi puncak alasannya administrasi menginginkan untuk meraih kesempatan-kesempatan yang ada yang tidak sanggup diraih oleh sistem yang usang atau sistem usang memiliki kelemahan (masalah)

PENTINGNYA MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI

  • 80 – 90 % software dan30 –45 % proyek sistem mengalami kegagalan
  • Lebih dari 50 %  proyek sistem (IT) mengalami over budget dan over time hingga dengan 200 %
  • Sukses bila proyek tersebut sanggup dikerjakan sempurna waktu, on budget, sesuai dengan kebutuhan user, positive financial return.
  • Kesuksesan administrasi proyek sangat ditentukan oleh kehandalan dan ketepatan organisasi proyek pelaksananya.
  • IT diasosiasikan dengan aktifitas proyek yang bekerjasama software, hardware, komunikasi, pelatihan, migrasi dan implementasi sistem.

BEBERAPA FAKTOR PENYEBAB, Sumber:survei majalah computer world :

  • Organisasi proyek yang dibuat (42%)
  • Metode yang dipakai (41%)
  • Training dan pengawasan (38%)
  • Prosedure dan hukum (35%)
  • Perencanaan dan Implementasi (23%)
  • Dukungan administrator (22%)

SASARAN DAN KENDALA PROYEK

  1. Anggaran
  2. Jadwal
  3. Mutu

KONSEP MANAJEMEN PROYEK  ,PENEKANAN PADA TIGA FAKTOR:

  • MANUSIA
  • MASALAH
  • PROSES

FAKTOR MANUSIA

  • Faktor insan sangat berperan penting dalam suksesnya administrasi proyek
  • Berhubungan dengan kesiapan organisasi perangkat lunak (sistem informasi) dalam menuntaskan duduk kasus dengan melaksanakan acara menerima, memilih, kinerja manajemen, pelatihan, kompensasi, pengembangan karier, organisasi dan rancangan kerja serta pengembangan tim

The Capability Maturity Model (CMM)

  • framework untuk mengukur tingkat “kematangan” pengembangan system informasi dan administrasi proses dan produk suatu organisasi
  • CMM dibagi menjadi lima (5) tingkatan ”kematangan”

Level 1 - Initial

Baca Juga

  • Identifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab permasalahan
  • Pada tahap ini umumnya proses tidak sanggup diprediksi, tidak berulang, sering mengalami krisis, over-budget, dan gagal mencapai sasaran waktu
Level 2 - Repeatable
  • Dirancang untuk melacak biaya proyek, jadwal, dan kegunaan dari sistem
  • Kesuksesan dan kegagalan masih bergantung pada kemampuan dan pengalaman dari tim yang mengerjakan proyek
Level 3 - Defined
  • Penentuan metodologi yang akan dipakai dalam pengembangan proyek 
  • |Setiap proyek menjadi lebih konsisten, dokumentasi serta penyampaian yang berkualitas tinggi, dan proses menjadi lebih stabil, bisa diprediksi (predictable), dan berulang (repeatable)
Level 4 - Managed
  • Penentuan dan pengelolaan kualitas dan produktivitas yang akan dicapai secara terperinci dan terukur.
  • Jadi walaupun proyek menemui duduk kasus atau informasi yang tidak diperkirakan, proses masih akan sanggup diubahsuaikan menurut dampak dari kondisi yang bisa diprediksi dan terukur
Level 5 - Optimized
  • Proses pengembangan sistem terstandarisasi secara kontinu dimonitor dan ditingkatkan menurut ukuran dan analisa data di level 4
  • Sebagai kesimpulan, organisasi telah menyebabkan peningkatan proses pengembangan sistem yang kontinu serpihan dari dirinya

DASAR-DASAR  ORGANISASI

Organisasi ialah sistem yang saling mensugesti dan saling bekerja sama antara orang yang satu dengan orang yang lain dalam suatu kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah disepakati bersama

ELEMEN-ELEMEN ORGANISASI

1. Orang
sekelompok orang yang bekerja dan salah satunya ada yang memimpin organisasi tersebut.

2. Tujuan

Tujuan organisasi yang harus dicapai, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Posisi

setiap orang yang ada dalam suatu organisasi akan menempati posisi atau kedudukannya masing-masing.

4. Pekerjaan

setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut memiliki pekerjaan (job) masing-masing sesuai dengan posisinya.

5. Teknologi

untuk mencapai tujuan organisasi membutuhkan teknologi untuk membantu dalam pengolahan data menjadi suatu informasi.

6. Struktur

Struktur organisasi merupakan contoh yang mengatur pelaksanaan pekerjaan dan kekerabatan kolaborasi antar setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut.

7.  Lingkungan luar

Merupakan elemen yang sangat penting dan akan mensugesti keberhasilan suatu organisasi, contohnya adanya kebijakan pemerintah wacana organisasi.

Struktur Dasar Organisasi


Kebijakan dan Perencanaan Proyek Sistem Informasi

  • Suatu sistem informasi sanggup dikembangkan alasannya adanya kebijakan dan perencanaan telebih dahulu.
  • Tanpa adanya perencanaan sistem yang baik, pengembangan sistem tidak akan sanggup berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  • Tanpa adanya kebijakan pengembangan sistem oleh administrasi puncak, maka pengembangan sistem tidak akan mendapat pinjaman dari administrasi puncak

Perencanaan Sistem

Perencanaan sistem menyangkut estimasi sumberdaya (kebutuhan-kebutuhan fisik dan tenaga kerja) dan biaya.

Perencanaan sistem terdiri dari :

  • perencanaan jangka pendek (periode 1–2 tahun)
  • Jangka panjang (periode hingga 5 tahun)

Proses Perencanaan Sistem

1. Merencanakan proyek-proyek sistem, meliputi:

  1. Mengkaji tujuan, perencanaan seni administrasi dan taktik perusahaan
  2. Mengidentifikasi proyek-proyek sistem
  3. Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
  4. Menetapkan hambatan proyek-proyek sistem (mis. Batasan biaya, waktu, umur ekonomis, peraturan yang berlaku)
  5. Menentukan prioritas proyek-proyek sistem
  6. Membuat laporan perencanaan sistem
  7. Meminta persetujuan manajemen

2. Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan, mencakup :

  • Menunjuk team analis (dapat berasal dari departemen pengembangan yang ada atau dari luar perusahaan (konsultan)
  • Mengumumkan proyek pengembangan sistem

3.  Mendefinisikan proyek-proyek sistem yang dikembangkan

  • Mengidentifikasi kembali ruang lingkup dan sasaran proyek sistem
  • Melakukan studi kelayakan
  • Menilai kelayakan proyek sistem
  • Membuat usulan proyek sistem
  • Meminta persetujuan manajemen 


    Sumber http://vindiadiguna.blogspot.com

    Related Posts

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "✔ [3] Management Project"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel