iklan

✔ Rpp Bahan Aqidah Akhlah Uniat Jakarta

KONTRAK PERKULIAHAN



       I.            Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah                                                  : PAI II /AQIDAH AKHLAK
Kode Mata Kuliah/ SKS                              :
Fakultas                                                         : Pendidikan Agama Islam
Prodi                                                               :
Hari Pertemuan/ Jam                                   : Kamis.(18.30 – 20.30)
Dosen Pembina                                              : Sunardin, S.Pd.I. M. Pd.I.

Baca Juga


    II.            Deskripsi Mata Kuliah

Untuk merespon bermacam-macam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui bermacam-macam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan biar seluruh potensi generasi sanggup tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang  dengan karakteristik beragama secara baik, mempunyai cita rasa religiusitas, bisa memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya.

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan kegiatan yang tampak dan sanggup dilihat dengan mata, tetapi juga kegiatan yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam bermacam-macam dimensinya, disinilah kiprah pendidikan Islam yang sesungguhnya, itulah sebabnya nilai-nilai Islam terus di kaji dan di dakwahkan terutama di dunia pendidikan kurun modern ketika ini. Belajar dan mengajar Ilmu keislman merupakan proses yang selalu berkesinambungan, dan prinsipnya berlangsung seumur hidup, di kenal dengan istilah life long education dalam system pendidikan Islam. Karena itu. dalam pengajaran, penerapan, penguasaan materi-materi pendidikan Islam, yang berkaitan dengan kasus ini lebih fokus pada materi aqidah dan adab dan seluk-beluknya.  

Sebagai anutan yang tepat dan fungsional, Pendidiakan agama Islam harus diajarkan da diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang hening dan tentram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di akademi tinggi  Islam, anutan Islam yang begitu tepat dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata kuliah yang secara linear akan dipelajari berdasarkan jenjangnya di antaranya materi pada Aqidah dan Akhlak.




 III.            Manfaat Mata Kuliah



Membicarakan pendidikan Islam selaras di tersebutkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi berbagi kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan potongan dari pembelajaran agama Islam yang bisa mengarahkan dan menghantarkan penerima didik ke fitrah yang benar. Seseorang gres bisa dikatakan mempunyai kesempurnaan kepercayaan apabila beliau mempunyai budi pekerti atau adab yang mulia. Oleh lantaran itu kasus adab merupakan salah satu pokok ajaranI slam yang harus diutamakan dalam pendidikan agam Islam untuk diajarkan kepada anak didik. Hal tersebut menerima perhatian penuh dari dosen,guru, orang tua, serta pihak-pihak yang berkecimpung di dalamnya. Oleh lantaran itu, pendidikan agama Islam hendaknya ditanamkan semenjak awal, alasannya yaitu pendidikan pada masa kanak-kanak merupakan dasar yang memilih untuk pendidikan selanjutnya.

 IV.            Kompetensi
a.      Standar Kompetensi

Mahasiswa sanggup membaca, mengetahui pesan dasar materi PAI lebih khusus pada materi aqidah dan akhlak, serta membiasakan untuk menerapkannya dikehiduapan bersuku-suku dan berbangsa, bermasyarakat, dan kehidupan sosial lainnya, sebagai dasar untuk mpengamalan nilai-nilai rahmatallil ‘alamin .

b.      Komptensi Dasar

Mahasiswa sanggup memahami ayat-ayat terkait dengan materi aqidah dan akhlak, melaui sudut pandang keimanan, sosial kemasyarakatan, baik secara teoritik maupun secara praktek dalam kehidupan sehari-hari.


    V.            Strategi Perkuliahan

Strategi perkuliahan memakai metode student centerd learning (SCL), mahasiswa di arahkan untuk lebih aktif di dalam kelas mapun di luar kelas. Mahasiswa dituntut untuk melaksanakan berguru dengan berdikari dengan mencari materi rujukan melalui buku-buku terkait, jurnal-jurnal,skala, sebagai materi diskusi dalam kelas. Sebab dosen hanya sebagai fasilitator dan pemandu disetiap kegiatan mahasiswa, baik pada pertemuan dalam kelas maupun di luar kelas. Selanjutnya mahaiswa juga di pandu dalam mengerjakan tugas-tugas terkait mirip tersebut dalam topic-topik yang sesuai dengan materi yang di presentasikan. Mahasiswa di bimbing dalam melaksanakan diskusi dan berguru mengenai berdiskusi yang baik. Mahasiswa di bagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan 2-4 orang. Masing-masing kelompok di berikan topik sesuai dengan yang tertera di Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Kegiatan ini di maksudkan untuk menanamkan pemahaman konsep setiap topic yang di berikan. Disamping itu, mahasiswa secara individu diminta untuk menulis makalah review literature materi-materi PAI terutama pada materi Al-Qur’an dan Hadist.

 VI.            Materi Bahan Bacaan Pekuliahan


Pertemuan
Bahan Kajian
Buku Referensi

1
Pengantar Perkuliahan: Penjelasan SAP dan kontrak perkuliahan
v Kementrian Agama RI. (2010). Syaamil Al- Qur’an. Miracle The Reference, 22 Keunggulan Yang Memudahkan Dalam 1 Al-Qur’an Dengan Referensi Yang Sahih, lengkap, dan Komprensif. Bandung: Sygma Publishing.

v Kementerian Agama. Akidah Akhlak   /Kementerian Agama,  Jakarta : 2014.

v Hadiah Salim. Qashaashul Anbiya (Sejarah 25 Nabi). (Bandung. Al ma’rif, 2010)

v Basam Rusydi AZ ZAIN. Sekolah Para Nabi, Menabur Kasih Sayang Bumi. (Jakarta. Pustaka Marwa, 2007)

2
Pengertian Aqidah serta seluk beluknya.

3
Pengertian Akhlak serta seluk beluknya.
4
Akhlah Terpuji
5

Akhlak Tercela
6
Bersyukur, Qonaah, Ridla dan Sabar.


7


 Tasawuf

8
.
UTS (UJIAN TENGAH SEMESTER)

9
Perilaku Adil, Rida, Amal Shaleh, Persatuan, dan Kerukunan
v Dr. Mustafa Dieb Al-Bugha Muhyidin Mistu. Al Wafi, Syarah Kitab Arbain An Nawawiyah. (Jakarta. Al I’Tishom, 2003)


v Syamsu Rijal Hamid, Pintar Agama Agama Islam. Bogor: Cahaya Islam. 2005).


v Prof. Muh. Matsana, M.A. Pendidikan Agama Islam, Al Qur’an Hadist. Untuk Madrasah Aliyah, Kelas X. Semarang: Karya Toha Putra. 2002).

v Sapinah Kurniah Asih. Pendidikan Agama Islam, Al Qur’an Hadist, Untuk Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Karya Toha Putra. 2010).


v Sapinah Kurniah Asih. Aqidah Akhlak, Untuk Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Arya Duta. 2010).
11
Perbuatan Syirik
12
Pergaulan Remaja.
13
Akhlak Terpuji
Husnuzzan, Raja’ dan Tobat
14
Akhlak Tercela
Licik, Tamak, Zalim dan Diskriminasi
15
Isrof, Tabzir, dan Fitnah



16


UAS (UJIAN AKHIR SEMESTER)



VII.            Tugas-Tugas

Tugas yang di berikan kepada Mahasiswa terdiri dari kiprah individu dan kelompok, kiprah individu diberikan dalam bentuk menciptakan paper atau makalah pada setiap topik yang di bahas dalam materi kajian dan di serahkan pada tamat perkuliahan. Sedangkan kiprah kelompok di berikan pada setiap perkuliahan berlangsung dengan membagi topik pada setiap kelompok, kemudian di presentasikan di dalam kelas pada setiap pertemuan yang sudah di rencanakan.

Tugas Individu:
Mencari jurnal wacana materi PAI dan dan studi naskah, litaratur wacana Aqidah dan Akhlak dan yang berkaitan dengannya, kemudian dibentuk dalam bentuk makalah dan di serahkan di tamat perkuliahan.

Tugas Kelompok:
Membuat makalah lengkap dan dipresentasikan di depan kelas.

VIII.            Kriteria Penilaian
Penilaian di lakukan dengan pendekatan proses dan kinerja baik secara individual maupun secara kelompok, instrument yang dipakai untuk evaluasi yaitu melalui tes, dan laporan kiprah kelompok dan individu.




Penilaian Individu:

1)      Absensi 10 %
2)      Ujian tengah semester 30 %
3)      Ujian Akhir Semester 40%
4)      Tugas Individu 10%
5)      Keaktifan dalam diskusi individu10%

Penilaian Kelompok:

1)      Bobot Makalah 40 %
2)      Kemampuan menjawab dalam diskusi 30 %
3)      Kekompakan team dalam bekerja 30%

Standar Konversi nilai yang direncanakan:

A.           >80
B.           66-80
C.           56-65
D.           45-55
E.            <45


 IX.            Jadwal Perkuliahan


Perkuliahan dilakukan jam 18.30 – 18-30 WIB, Setiap  hari kamis.

    X.            Kontrak Tambahan.

1)        Mahasiswa di tolerir terlambat 15 menit, sesudah lewat 15 menit masuk akan memperoleh punishment tugas-tugas yang di berikan oleh Dosen pengampuh mata kuliah.
2)        Dosen di tolerir terlambat 30 menit, sesudah lewat 30 menit ketua kelas menghubungi dosen untuk mancari jadwal pengganti perkuliah
3)        Mahasiswa hanya boleh bolos paling banyak 3 kali pertemuan, apabila lebih dari 3 kali, maka mahasiswa tidak di benarkan mengikuti ujian, dan harus mengulang mata kuliah pada semester berikutnya. 
4)        Setiap mahasiswa wajib mempunyai catatan perkuliahan.
5)        Mahasiswa boleh minnta izin pada ketika perkuliahan berlangsung, tetapi apabila sesudah keluar tidak masuk lagi di anggap absen.


SILABUS MATA KULIAH
Mata Kuliah                                      : PAI  II (Dua) /Aqidah Akhlak
Kode Mata Kuliah/ SKS                  :
Fakultas                                             : Pendidikan Agama Islam
Prodi                                                   : Agama Islam
Hari Pertemuan/ Jam                       : Kamis.(18.30 – 20.30)

Dosen Pembina                                  : Sunardin, S.Pd.I. M. Pd.I.


Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan Islam menyerupai pisau bermata dua, sebagai bidang studi dan sebagai wahana pembentukan watak, akhlaqul karimah, oleh lantaran itu, pendidikan Islam harus fungsional dalam arti lebih menekankan pengamalan dan kreativitas, Mata kuliah pendidikan Islam yaitu sistem pendidikan yang sengaja didirikan dan diselenggarakan dengan hasrat dan niat (rencana yang sungguh-sungguh) untuk mengejawantahkan nilai-nilai Islam, pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu perwujudan dari pengembangan sistem pendidikan Islam terutama pada materi aqidah dan Akhlak.
Berdasarkan hal tersebut di atas, Materi Aqidah adab ini akan mengkaji persolan-persoalan faktual dan fundamental dalam kehidupan bermasyarakat dari banyak sekali dimensinya, terutama pada moral, yang kian hari kian rusak, merosot yang berakibat pada tidak stabilnya tatanan sikap manusia.
Tema-tema yang di kaji dalam pembahasan ini, menjadi sangat penting untuk modal bagi mahasiswa yang nanti aktif dalam kegiatan keagamaan dan dunia pendidikan pada umum, boleh jadi munculnya banyak sekali kasus moral di kalangan pelajar sampai pejabat ketika ini salah-satu penyebabnya yaitu kurangnya penghayatan, pengalaman dan kesadaran terhadap perintah dan larangan agama yang diyakininya. 

MATERI :

1.      Pengantar Perkuliahan: Penjelasan SAP dan kontrak perkuliahan

2.       Pengertian Aqidah serta seluk beluknya.
Ø  Pengertian Akidah
Ø  Dalil / Argumentasi dalam Akidah
Ø  Tujuan Akidah Islam
Ø  Metode-Metode Peningkatan Kualitas Akidah
Ø   Prinsip-Prinsip Akidah Islam

3.      Pengertian Akhlak serta seluk beluknya
Ø  Pengertian Tauhid
Ø  Nama-Nama Ilmu Tauhid
Ø  Ruang Lingkup Tauhid
Ø  Macam-Macam
Ø  Memahami Makna Kalimat Tauhid
Ø  Hikmah dan Manfaat Bertauhid
Ø  Bahaya Tidak Bertauhid

4.      Akhlah Terpuji
Ø  Macam-Macam Akhlak
Ø  Induk-Induk Akhlak Terpuji
Ø  Menggali Hikmah Kehidupan
Ø  Membiasakan Sikap Iffah
Ø  Mengembangkan Sikap Syaja’ah

5.      Akhlak Tercela
Ø  Mabuk Mabukan
Ø  Judi
Ø  Zina
Ø  Mencuri
Ø  dll

6.      Bersyukur, Qonaah, Ridla dan Sabar
Ø  Hubbu ad-Dunya
Ø  Hasad
Ø  Takabbur-
Ø  Riya

7.       Tasawuf
Ø  Pengertian Asal Usul Istilah dalam Tasawuf
Ø  Fungsi dan Peranan tasawuf dalam kehidupan
Ø  Contoh-Contoh dan Perilaku Tasawuf
Ø  Penerapan Tasawuf dalam Kehidupan Modern


8.      Perilaku Adil, Rida, Amal Shaleh, Persatuan, dan Kerukunan
Ø  Adil
Ø  Rida
Ø  Amal Shaleh
Ø  Persatuan
Ø  Kerukunan

9.      Perbuatan Syirik
Ø  Pengertian Syirik
Ø  Macam-Macam Syirik
Ø  Contoh Perilaku Orang Yang Berbuat Syirik
Ø  Bahaya Perbuatan Syirik
Ø   Cara Menghindari Perbuatan Syirik


10.  Pergaulan Remaja
Ø  Akhlak Terpuji dalam pergaulan Remaja
Ø  Contoh pola akhlah terpuji dalam pergaulan Remaja

11.  Akhlak Terpuji Husnuzzan, Raja’ dan Tobat
Ø  H usnuzzan
Ø  Raja’
Ø  Taubat

12.  Akhlak Tercela Licik, Tamak, Zalim dan Diskriminasi
Ø  Licik
Ø  Tamak dan Serakah
Ø   Zalim
Ø  Diskriminasi

13.  Isrof, Tabzir, dan Fitnah
Ø  Isrof
Ø  Tabzir
Ø  Fitnah

14.  Kisah Teladan Para Rasul Ulul Azmi
Ø  Pengertian Ulul
Ø  Sifat-Sifat Ulul Azmi
Ø  Rasul-Rasul Ulul Azmi

REFERENSI:
Rujukan dalam penulisan makalah dan tugas-tugas lainnya adalah, jurnal, makalah, buku-buku dan karya ilmiah lainnya yang relevaan dengan materi PAI/ Aqidah Akhlak.

SUMBER BUKU PRIMER: 
v Kementrian Agama RI. (2010). Syaamil Al- Qur’an. Miracle The Reference, 22 Keunggulan Yang Memudahkan Dalam 1 Al-Qur’an Dengan Referensi Yang Sahih, lengkap, dan Komprensif. Bandung: Sygma Publishing.

v Kementerian Agama. Akidah Akhlak/Kementerian Agama,- Jakarta : 2014.


v Hadiah Salim. Qashaashul Anbiya (Sejarah 25 Nabi). (Bandung. Al ma’rif, 2010)

v Basam Rusydi AZ ZAIN. Sekolah Para Nabi, Menabur Kasih Sayang Bumi. (Jakarta. Pustaka Marwa, 2007)

v Dr. Mustafa Dieb Al-Bugha Muhyidin Mistu. Al Wafi, Syarah Kitab Arbain An Nawawiyah. (Jakarta. Al I’Tishom, 2003)


v Syamsu Rijal Hamid, Pintar Agama Agama Islam. Bogor: Cahaya Islam. 2005).


v Prof. Muh. Matsana, M.A. Pendidikan Agama Islam, Al Qur’an Hadist. Untuk Madrasah Aliyah, Kelas X. Semarang: Karya Toha Putra. 2002).

v Sapinah Kurniah Asih. Pendidikan Agama Islam, Al Qur’an Hadist, Untuk Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Karya Toha Putra. 2010).


v Sapinah Kurniah Asih. Aqidah Akhlak, Untuk Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Arya Duta. 2010).


Sumber http://sunardins.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Rpp Bahan Aqidah Akhlah Uniat Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel