iklan

Nikah Dengan Biaya Sendiri? Menabung Dulu, Begini Caranya


Menikah yaitu keputusan yang besar. Menikah berarti membagi hidup dengan orang lain untuk dinikmati bersama-sama.



Sebagai simbol memasuki gerbang pernikahan, biasanya pasangan akan menggelar program pernikahan. Para tamu diundang di gedung atau rumah yang dihias indah. Makanan-makanan yummy disajikan. Semuanya terasa meriah.


Namun, untuk mencapai titik itu tidaklah mudah. Apalagi kalau orangtua bukan golongan konglomerat yang mempunyai kekayaan melimpah. Ini berarti, kedua calon mempelai harus berjuang gotong royong untuk mewujudkan kesepakatan nikah harapan mereka.


Bagaimana caranya? Ya, dengan menabung. Ini ia beberapa tips menabung semoga sanggup melangsungkan kesepakatan nikah idaman.


1. Buatlah Rekening Bersama


Ketika sudah menikah, uang suami dan istri akan menjadi satu dan dipakai untuk menjalankan roda perekonomian rumah tangga. Nah, konsep ini bisa diadopsi. Anggap saja sebagai media untuk berguru sebelum benar-benar terjun ke dunia yang sesungguhnya.


Ajaklah pasangan untuk menabung secara rutin setiap bulan dan memasukkannya ke rekening bersama. Jika terpengaruhi untuk menggunakannya, salah seorang harus berani untuk menegur semoga uang tersebut tetap kondusif dan benar-benar dipakai untuk tujuan awal.


2. Kurangi Intensitas Kencan Mewah


Kencan di bioskop dan nongkrong di kafe mahal memang menyenangkan. Apalagi kalau acara tersebut dilakukan bersama pasangan. Percaya deh, rasanya alam semesta hanya ditempati oleh berdua saja. Namun, ingat kembali tujuan utama, yaitu membawa hubungan ke arah yang lebih serius.


Oleh alasannya itu, mulailah bersikap dewasa. Ambil komitmen untuk tak gampang terpengaruhi bergaul ke tempat-tempat yang menguras kantong. Sebagai gantinya, kau dan pasangan sanggup mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat, ibarat mendiskusikan konsep program kesepakatan nikah yang ingin dilangsungkan.


3. Cobalah Berinvestasi


Selain menabung dengan cara konvensional, kau juga bisa mencoba untuk berinvestasi. Tidak perlu melaksanakan investasi yang sarat risiko dan justru merugikan. Cukup dengan investasi sederhana ibarat beli emas. Dibandingkan menabung di rekening biasa, menabung dalam bentuk emas dalam jangka panjang lebih baik alasannya lebih tahan terhadap inflasi, lho.


Selain itu, kau juga bisa menginvestasikan uang untuk bisnis, baik sebagai pelaku bisnis, maupun pemberi modal. Sebagai contoh, kau bisa membeli seekor kambing, kemudian meminta orang lain untuk memeliharanya. Jika kambing tersebut sudah layak jual, laba bisa dibagi bersama. Hasil investasi ini cukup tidak mengecewakan asal sabar alasannya butuh waktu.


4. Komitmen Menabung Setiap Bulan


Salah satu hal yang penting dikala tetapkan untuk menabung demi membiayai program kesepakatan nikah yaitu komitmen. Dengan komitmen, kau dan pasangan akan lebih setia menyisihkan uang. Jika salah satu merasa enggan untuk menabung, saling menyemangatilah.


Ingat, kau dan pasangan akan menikmati hasil komitmen tersebut bersama-sama. Selain itu, proses ini juga sanggup melatih komitmen jangka panjang di antara pasangan dikala jadinya menjadi suami istri.


5. Lakukan Usaha Sampingan


Salah satu alasan seseorang merasa kesulitan menabung kadang-kadang alasannya pemasukan yang mepet. Akibatnya, uang selalu habis terpakai untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Daripada komitmen untuk menabung tidak sanggup dipenuhi, sebaiknya kau dan pasangan mulai menggeluti perjuangan sampingan.


Apa saja perjuangan yang bisa dilakukan? Pada trend liburan misalnya, kau bisa membuka stan dan menjual jus segar. Atau, kau sanggup membuka layanan katering kalau mempunyai passion di bidang masak-memasak. Intinya, galilah talenta dan kemampuan sehingga bisa dipakai untuk menghasilkan uang.


>>> Peluang penghasilan perhiasan dari #BeliBerkala


6. Stop Kebiasaan Berbelanja Berlebihan


Bukan hanya wanita, laki-laki juga mempunyai kebiasaan jelek berbelanja berlebihan. Kadang kala, pasangan laki-laki dengan royal akan membelikan hadiah kepada pasangan perempuan hanya alasannya ingin dipuji. Ingat, kau bisa melaksanakan hal itu sepuasnya kalau sudah berumah tangga.


Sekarang, waktunya untuk mengontrol keinginan yang kurang berfaedah sehingga bisa menabung dengan teratur. Bagi wanita, kosmetik sering kali menjadi godaan terbesar. Belilah kosmetik seperlunya dan tabung sisa bujet tersebut untuk persiapan pernikahan.


7. Sisihkan Pemasukan dalam Jumlah yang Tetap


Supaya jadwal menabung lebih teratur, ada baiknya kau menentukan nominal uang yang akan ditabung setiap bulan. Misalnya, kau dan pasangan baiklah menyisihkan Rp200.000 per bulan untuk tabungan nikah. Jadi, dalam setahun, jumlah tabungan Anda sudah mencapai Rp4.800.000. Semakin besar nominal yang disisihkan, semakin cepat pula tabungan akan terkumpul.


8. Kurangi Kebiasaan Jajan di Resto Mewah


Mencicipi kuliner yummy dari resto populer memang sangat menggiurkan. Momen romantis itu pun niscaya akan menjadi momen yang tak terlupakan antara kau dan pasangan. Namun, sekali lagi, jajan di luar atau makan di resto glamor menciptakan kau harus mengeluarkan uang yang tak sedikit.


Bagaimana kalau kau menentukan kawasan makan sederhana (tetapi tetap enak) untuk merampungkan rasa lapar? Tampaknya, itu bukan dilema besar. Setidaknya, kau bisa mempunyai pengalaman lain. Nah, akan lebih baik lagi kalau kau mencoba untuk memasak sendiri. Hitung-hitung, kesempatan ini menjadi percobaan awal untuk mengetahui apakah pasangan bahagia dengan kuliner istrinya.


9. Lebih Baik Akhir Pekan Produktif daripada Konsumtif


Terakhir, cara menabung yang efektif bagi pasangan yang ingin menikah yaitu memegang prinsip mengisi simpulan pekan dengan kegiatan produktif, bukan semata-mata konsumtif. Kamu contohnya bisa berdiskusi dengan pasangan, mengobrol di teras rumah, berkebun bersama, dan sebagainya.


Dengan demikian, kau bisa lebih ekonomis uang dan bujet bersenang-senang itu bisa ditabung seluruhnya. Daripada merepotkan orangtua untuk membayar biaya pernikahan, lebih baik merepotkan diri sendiri untuk sementara waktu. Percayalah, hasilnya niscaya akan memuaskan. Selamat mencoba.




Oh iya, tahukan kalau kau bisa #BeliSukaSuka emas mulai dari Rp10.000,- pribadi dari aplikasi Tamasia? Yuk, beli emas pribadi dari smartphone kamu. Download aplikasi Tamasia Sekarang:


 Menikah berarti membagi hidup dengan orang lain untuk dinikmati bersama Nikah dengan Biaya Sendiri? Menabung Dulu, Begini Caranya



Sumber https://www.tamasia.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nikah Dengan Biaya Sendiri? Menabung Dulu, Begini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel