iklan

Tindakan Dalam Konsumsi Produksi Distribusi

Tindakan Dalam Konsumsi Produksi Distribusi - Seperti telah dijelaskan di Bab 6, kebutuhan insan sifatnya tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan jumlahnya terbatas. Oleh sebab itu, insan melaksanakan banyak sekali tindakan sebagai upaya memenuhi kebutuhannya. Setiap orang sibuk melaksanakan acara untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya, ada yang berprofesi sebagai petani, guru, dokter, karyawan, nelayan, peternak, dan profesi lainnya. Petani akan mengolah lahan pertaniannya, lalu menanam benih, menyiram, dan memupuk flora tersebut hingga jangka waktu tertentu datang saatnya memanen hasilnya. Selanjutnya, hasil panen tersebut dijual untuk memperoleh uang yang dipakai membeli banyak sekali kebutuhan.

Tindakan  Dalam Konsumsi Produksi Distribusi Tindakan  Dalam Konsumsi Produksi Distribusi


Pada dasarnya, setiap orang menekuni bidang profesi tertentu dengan keinginan memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan demikian, segala perjuangan yang dilakukan insan dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas untuk mencapai kemakmuran disebut tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi yang dilakukan insan pada umumnya mencakup tiga hal, yaitu tindakan ekonomi dalam konsumsi, tindakan ekonomi dalam produksi, dan tindakan ekonomi dalam distribusi.

1. Tindakan dalam Konsumsi
Pada dasarnya, tindakan ekonomi yang dilakukan insan ialah untuk memenuhi  kebutuhan hidup.

Pak Andi mempunyai sebuah kendaraan beroda empat sedan. Setiap hari, Pak Andi mengisi materi bakarnya dengan pertamax. Namun, sebab harganya semakin mahal, Pak Andi mengalihkan konsumsi materi bakar mobilnya menjadi premium (bensin) dengan alasan menghemat biaya.

Berdasarkan teladan tersebut, tindakan Pak Andi meng alih kan konsumsi materi bakar dari pertamax menjadi premium (bensin) merupakan tindakan ekonomi yang ditujukan untuk konsumsi.



2. Tindakan dalam Produksi
Selain tindakan ekonomi yang ditujukan konsumsi, insan juga melaksanakan acara dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa.
Pak Ali bekerja sebagai penjahit pakaian. Setiap hari, ia mendapatkan banyak pesanan jahitan baju dari pelanggannya. Dari karenanya menjahit, Pak Ali memperoleh sejumlah uang.

Tindakan  Dalam Konsumsi Produksi Distribusi Tindakan  Dalam Konsumsi Produksi Distribusi


Berdasarkan teladan tersebut, tindakan ekonomi yang dilakukan Pak Ali ditujukan untuk menghasilkan barang (produksi) berupa pakaian yang bermanfaat bagi orang lain.



3. Tindakan dalam Distribusi
Tidak semua tindakan ekonomi dilakukan dengan tujuan konsumsi maupun produksi. Sebagian orang melaksanakan tindakan ekonomi dengan tujuan distribusi, yaitu menyalurkan barang atau jasa kepada pihak yang memerlukannya.


Sebelumnya mengenai materi Keterbatasan dan Cara Pemanfaatan Sumber Daya ini sanggup menambah pengetabuan anda


Misalnya, Pak Aris ialah seorang biro minyak tanah. Setiap minggu, ia menerima kiriman dari Pertamina sebanyak 5000 liter minyak tanah. Minyak yang diterima dari Pertamina, ia distribusikan kepada pedagang eceran atau eksklusif ia jual kepada konsumen.

Dengan demikian, tindakan Pak Aris menyalurkan minyak tanah merupakan tindakan ekonomi yang didasari untuk distribusi.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tindakan Dalam Konsumsi Produksi Distribusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel