iklan

Rangkuman Bahan Tindakan Motif Dan Prinsip


Kebutuhan insan yang tidak terbatas terkendala dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas jumlahnya. Untuk itu, insan akan berusaha memenuhi kebutuhannya dengan melaksanakan tindakan yang efektif. Misalnya, seorang pedagang pakaian berusaha men jual barangnya kepada konsumen. Harga yang ditawar kan yaitu harga yang tinggi dengan cita-cita akan memperoleh keuntungan. Demikian sebaliknya, konsumen akan membeli barang dengan menawar harga terlebih dahulu. Harapannya yaitu memperoleh kualitas terbaik dengan harga yang murah.

Uraian tersebut merupakan salah satu referensi tindakan, motif, dan prinsip ekonomi yang akan kau dapatkan materinya pada cuilan ini. Selain itu, kau akan mendapat bahan wacana penerapan tindakan, motif, dan prinsip ekonomi yang dilakukan produsen, distributor, dan konsumen. Namun, sebelum kau mempelajari bahan tindakan, motif, dan prinsip ekonomi lebih dalam, terlebih dahulu perhatikan peta konsep berikut. Hal ini akan mempermudah kau dalam memahami pentingnya tindakan, motif, dan prinsip ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia.


Rangkuman Materi Tindakan Motif dan Prinsip  Rangkuman Materi Tindakan Motif dan Prinsip





Ikhtisar


Tindakan ekonomi yaitu segala perjuangan yang dilakukan insan dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas untuk mencapai kemakmuran.

Tindakan ekonomi yang dilakukan insan pada umumnya mencakup tiga hal, yaitu tindakan ekonomi dalam konsumsi, tindakan ekonomi dalam produksi, dan tindakan ekonomi dalam distribusi.

Motif ekonomi yaitu alasan atau keinginan yang mendorong insan melaksanakan tindakan ekonomi.

Secara umum, motif ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu motif menurut asalnya dan motif menurut aspeknya.

Motif menurut asalnya terdiri atas motif intrinsik dan motif ekstrinsik.

Motif intrinsik yaitu motif yang timbul atas dasar kesadaran insan itu sendiri.

Adapun motif ekstrinsik yaitu motif ekonomi yang dilandasi atas dasar dorongan atau efek dari orang lain dan lingkungan.

Motif ekonomi menurut aspeknya terdiri atas motif ekonomi untuk memenuhi kebutuh– an, motif untuk memperoleh kekuasaan, motif untuk kepentingan sosial, motif untuk memperoleh penghargaan, dan motif untuk memperoleh keuntungan.

Prinsip ekonomi, yaitu berusaha dengan pengor banan sekecil-kecilnya untuk men– sanggup kan hasil tertentu atau dengan pengor– banan tertentu untuk mendapat hasil yang sebesar-besarnya (maksimal).

Ciri orang yang melaksanakan prinsip ekonomi, yaitu:
1. selalu bersikap hemat;
2. selalu mempunyai skala prioritas;
3. selalu bertindak rasional;
4. selalu memerhatikan untung dan rugi.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Bahan Tindakan Motif Dan Prinsip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel