iklan

Pengertian Tanah Dan Lahan

Pengertian Tanah dan Lahan – Adalah Pernahkah kau berkunjung ke perdesaan atau perkotaan? Ketika menyusuri tempat perdesaan terlihat pemandangan alam berupa areal pertanian yang luas, pemukiman penduduk yang jarang, dan jalan kecil yang sederhana. Namun, dikala kau mengunjungi tempat perkotaan akan terlihat gedung-gedung bertingkat, permukiman yang padat, sentra pemerintahan, dan pusatpusat perdagangan.

Pada dasarnya terdapat perbedaan contoh peng gunaan lahan di perdesaan dengan perkotaan. Apakah faktor pendorong adanya perbedaan penggunaan lahan tersebut?

Dalam kehidupan sehari-hari insan di muka bumi tidak akan pernah lepas dari keterikatannya dengan lahan. Lahan berperan sebagai tempat berlangsungnya segala acara kehidupan manusia. Tanpa adanya lahan akan menghambat setiap gerak kehidupan insan yang mempunyai ketergantungan terhadap alam.

Lahan dan tanah mempunyai perbedaan. Namun, sepintas kemudian terkadang orang memperlihatkan pengertian yang sama mengenai pengertian lahan dan tanah yang ada di muka bumi. Apakah terlontar dalam benakmu pertanyaan mengenai perbedaan tanah dan lahan?

Tanah yaitu bab kerak bumi yang tersusun dari mineral dan materi organik yang menjadi habitat hidup banyak sekali mikroorganisme. Tanah berperan besar sebagai tempat acara penduduk di lingkungan sekitar. Jika dipandang secara lebih mendalam dari segi klimatologi, tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan cadangan air (reservoir) dan menekan laju terjadinya erosi, meskipun tanah sendiri juga sanggup tererosi.

Lahan berdasarkan Arsyad (1989), yaitu lingkungan fisik yang terdiri atas iklim, relief, tanah, air, vegetasi, serta benda-benda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya terhadap penggunaan lahan. Termasuk juga hasil kegiatan insan pada masa kemudian dan masa sekarang.Berdasarkan definisi tersebut, tanah tercipta dari hasil interaksi yang terjadi antara iklim, kegiatan oganisme, materi induk, dan relief seiring dari berjalannya waktu.

 Adalah Pernahkah kau berkunjung ke perdesaan atau perkotaan Pengertian Tanah dan Lahan


Sekian mengenai Pengertian Tanah dan Lahan, supaya dengan materi diatas kalian sanggup memahami semua ilmu yang ada.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Tanah Dan Lahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel