iklan

Pengertian Ciri Penerapan Prinsip

Pengertian Ciri Penerapan Prinsip – Adalah Dalam upaya memperoleh alat pemenuhan kebutuhan nya, insan akan melaksanakan pengorbanan. Pada dasarnya, sifat insan tidak ingin mengalami kerugian.



Pengertian Prinsip

Untuk itu, insan selalu berusaha untuk memperoleh keuntungan. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi, ialah berusaha dengan pengorbanan sekecilkecilnya untuk memperoleh hasil tertentu atau berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil sebesar-besarnya (maksimal). Orang yang melaksanakan prinsip ekonomi dalam melaksanakan tindakannya selalu hemat (efisien) dan bertindak rasional.

Pengertian Ciri Penerapan Prinsip  Pengertian Ciri Penerapan Prinsip




Ciri Orang yang Menerapkan Prinsip

Ciri-ciri orang yang melaksanakan prinsip ekonomi, ialah sebagai berikut.
a. Selalu Bersikap Hemat
Orang yang bersikap hemat akan mempertimbangkan segala sesuatu yang akan dikonsumsi. Pertimbangan tersebut dilakukan dengan ajaran yang matang, hati-hati, dan menghindari pemborosan. Oleh alasannya itu, dia akan berusaha mendapat barang atau jasa yang diinginkannya dengan harga yang murah, tetapi mempunyai kualitas yang bagus.
b. Memiliki Skala Prioritas
Orang yang melaksanakan prinsip ekonomi mempunyai skala prioritas. Artinya, dalam memilih kebutuhan tahu mana kebutuhan yang harus didahulukan dan kebutuhan yang sanggup ditunda pemenuhannya.

Zainal seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Setiap hari, dia diberi uang saku Rp5.000,00. Uang tersebut dipergunakannya untuk membeli kebutuhan sekolah. Ia beranggapan kebutuhan sekolah lebih penting daripada digunakannya untuk menonton film di bioskop.

Contoh Zainal tersebut didasarkan pada prinsip ekonomi alasannya berusaha mendahulukan kebutuhan yang lebih penting.
c. Selalu Bertindak Rasional
Tindakan seseorang yang melaksanakan prinsip ekonomi selalu didasarkan atas rasionalitas dan perencanaan yang matang. Oleh alasannya itu, dia akan menghindari tindakan yang sifatnya spekulasi (untung-untungan) dan tidak didasarkan pertimbangan nalar sehat.
d. Selalu Memerhatikan Untung dan Rugi
Selain bertindak rasional, orang yang melaksanakan prinsip ekonomi selalu didasarkan atas perhitungan yang terperinci antara biaya (pengorbanan) dan pendapatan (manfaat) yang akan diperoleh. Jika tindakannya dinilai merugikan, dia tidak akan melaksanakan. Namun, jikalau tindakannya sanggup menguntungkan, dia akan melakukannya.




Penerapan Prinsip Dalam Kehidupan

Manusia sanggup melaksanakan prinsip ekonomi dalam kiprahnya sebagai produsen, distributor, dan konsumen.

Berikut diuraikan pelaksanaan prinsip ekonomi berkaitan dengan tugas insan sebagai produsen, distributor, dan konsumen.
a. Pelaksanaan Prinsip oleh Produsen
Produsen melaksanakan perjuangan tertentu dengan tujuan memperoleh keuntungan atau keuntungan. Oleh alasannya itu, produsen harus menciptakan perencanaan yang tepat. 
b. Pelaksanaan Prinsip oleh Distributor
Kegiatan distribusi penting untuk menjamin kelancaran acara produksi dan konsumsi. Sama menyerupai produsen, biro juga harus melaksanakan perencanaan yang matang dalam melaksanakan acara distribusinya.
c. Pelaksanaan Prinsip oleh Konsumen
Konsumen membeli barang atau jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan. Dengan membeli barang atau jasa, konsumen berharap memperoleh kepuasan atau manfaat yang maksimal.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Ciri Penerapan Prinsip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel