iklan

Panduan Umum Cara Beralih Dari Ios Ke Android

Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel pintar. Namun, baru-baru ini, untuk mendapat sebuah ponsel pintar, iPhone terbaru, kau butuh mengeluarkan uang lebih dari 10 juta rupiah untuk menikmati fitur-fitur istimewa yang ada pada ponsel Apple. Selain itu kau juga akan mendapat jack headphone yang bagus. Memang kini iPhone tidak sesulit dulu untuk didapatkan. Tapi belum tentu iPhone sesuai dengan fitur-fitur yang kau butuhkan.


Sementara Android yang sekarang, sebuah sistem kecil nan gagah yang dikembangkan oleh Google, sesungguhnya sudah dirilis usang semenjak dipasarkannya ponsel Motorola Droid. Dimana dulu Android belum terlalu dikenal. Tapi kini Android merupakan OS untuk ponsel genggam yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Menawarkan banyak sekali aplikasi canggih dan gratis dengan model hape yang keren, murah, dan tentunya trendi.


Beralih dari iPhone ke Android


Tentu disini kita tidak perlu membahas manfaat Android, alasannya yaitu kau mungkin sudah sering mendengarkannya dari orang-orang disekitar kamu, atau kau juga pemakai hape Android. Atau mungkin kau penguna setia iPhone yang berbasis iOS dan mempertimbangkan untuk beralih dari iOS ke Android. Perlu kau ketahui bahwa Apple mengekang kau ke dalam bulat teknologi yang terbatas dan sangat ketat. Sementara sesudah kau mencoba hape Android, acara sehari-hari sedikit berbeda dari yang yang kau rasakan ketika memakai iPhone. Salah satunya kau boleh menginstal aplikasi manapun yang kau mau, mengelola file dengan cara apa pun yang kau mau dan mungkin sanggup lebih ekonomis untuk pengeluaran penggunaan telepon genggam.


Tapi ketahuilah, bahwa panduan ini hanyalah panduan umum. Dan tidak akan memandu kau untuk melewati langkah-langkah yang lebih detail. Tapi kau boleh berkomentar juka kau mengetahui fitur tertentu mengenai cara beralih dari iOS ke Android. Tim kami akan meninjau dan membagikan panduan atau saran kau di situs ini.


Memilih Smartphone


Yang pertama dan yang paling membingungkan ketika inginberalih dari iOS ke Android yaitu menentukan smartphone Android yang baru. Sementara untuk menentukan hape iPhone pada umumnya cukup sederhana. Yaitu peluncuran produk iPhone terbaru biasanya cukup hanya satu seri saja, dan terbagi dalam dua model, yakni iPhone berlayar kecil dan besar. Biasanya Apple masih mengeluarkan jenis iPhone yang sudah dipasarkan dua tahun. Hingga ketika ini, produk iPhone terbaru yaitu iPhone X. Tapi walaupun iPhone tiap tahun meluncurkan produk terbarunya,  tetap saja pilihannya masih terbatas.


Jauh berbeda halnya dengan hape Android. Kamu sanggup resah dengan ratusan model hape Android yang dipajang di toko ponsel ataupun di toko online. Lagi, walaupun kau terbatas untuk mencari smartphone Android ke toko-toko handphone tertentu di kota kamu, keluaran hape Android yang sudah beredar selama dua tahun pun masih ada sekitar puluhan pilihan yang masih layak buat kamu.


Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel berilmu Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke Android


Tak terhitung jumlah hape Android terbaru yang dirilis terus-menerus sepanjang tahun. Makara mustahil kami mendaftar semuanya di sini untuk menciptakan rekomendasi kepada pembaca. Mungkin kau sanggup meninjau dari situs-situs lain, atau juga ke halaman kategori gadget Wongunik. Berbagai panduan menentukan hape Android akan sangat membantu kau untuk menentukan fitur yang sempurna untuk keperluan sehari-hari kamu.


Sebelum kau menentukan smartphone Android, kau seharusnya daftar apa saja yang kau butuhkan dalam memakai telepon genggam. Jika kau hanya butuh aplikasi jejaring sosial dan email, kau sanggup menentukan hape Android yang agak murah. Lain halnya jikalau kau membutuhkan ponsel untuk pemutaran musik dan video. Tentu menentukan ponsel berilmu yang mempunyai layar besar merupakan pilihan yang cerdas. Selain itu, pertimbangkan juga kualitas speaker nya dan seberapa besar kapasitas penyimpanan microSD nya. Jika kau memakai ponsel Android terutama untuk bermain game, seharusnya kau menentukan ponsel dengan spesifikasi tinggi dan mempunyai cashing yang kuat.


Secara pribadi, saya sanggup menyimpulkan bahwa dalam satu sisi iPhone lebih manis daripada ponsel Android, yaitu kualitas kamera. Nah, jikalau kau menginginkan smartphone dengan kualitas kamera yang sangat bagus, mungkin kau harus membeli ponsel Android unggulan yang harganya sama dengan iPhone. Oleh alasannya yaitu itu, pertimbangkan pilihan kau yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.


Bagaimana dengan Ponsel yang Lama?


Kabar baik mengenai cara mentransfer file dari ponsel usang bahwa untuk memindahkannya ke ponsel yang gres tidaklah terlalu usang ibarat yang diperkirakan oleh banyak orang. Jika kau sudah memakai iPhone dalam jangka waktuyang cukup lama, sanggup jadi kau sudah mengumpulkan banyak kontak, foto, musik, aplikasi, dan file-file yang lain. Semua file tersebut disinkronkan dengan akun iCloud kmau, dan akun iCloud kau tidak akan lenyap hanya alasannya yaitu kau beralih ke ponsel Android.


Sebenarnya kau juga sanggup mencadangkan file-file kau melalui iTunes secara manual. Tapi jauh lebih gampang memakai iCloud. Juga, semua produk digital yang kau beli melalui iTunes yaitu milik kamu. Makara kau sanggup menyimpannya atau menggunakannya sesuka kamu.


Sebelum kau beralih dari iPhone ke Android, yang paling penting yaitu membackup iPhone kau secara keseluruhan, kemudian setel ulang pabrik (factory reset) untuk melindungi keamanan kamu. Apple mengatakan panduan yang rinci perihal cara melaksanakan backup di iPhone. Tapi dasar-dasarnya yaitu sebagai berikut;


Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel berilmu Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke Android


Sambungkan iPhone kau ke jaringan Wi-Fi, buka Pengaturan dan ketuk nama kmau. Ketuk iCloud, dan pastikan bahwa backup iCloud diaktifkan. Kemudian, ketuk Back Up Now (Cadangkan Sekarang), dan tunggu prosesnya selesai. Proses backup tersebut mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung pada banyaknya jumlah file kamu.


Setelah proses pencadangan selesai, login ke iCloud pada komputer, hanya untuk memastikan apakah semua file kau sudah berhasil dipindahkan.


Kemudian, kau boleh menghapus storage iPhone kau hingga bersih. Apple juga mempunyai panduan untuk menghapus data kau di iPhone. Pastikan juga untuk mematikan fitur Find My iPhone terlebih dahulu. Jika tidak dinonaktifkan, pengguna berikutnya tidak akan sanggup mengatur iPhone tersebut alasannya yaitu masih harus login memakai alamat email kau terlebih dahulu.


Buka Settings, General dan Reset. Masukkan kata sandi akun Apple kau dan ikuti instruksinya di layar. Nah,  dengan demikian kau sudah bebas dari kekangan ekosistem teknologi Apple. Sekarang kau sanggup menjual iPhone usang kau ke toko jual-beli hape. Atau mungkin kau mau menghibahkannya untuk teman, saudara, atau untuk saya. He he he…! Ada juga toko hape yang memperlihatkan trade-in deal (tukar tambah). Beraih dari iOS ke Android dengan menukar tambah iPhone kau dengan hape merek yang kau inginkan tentu sanggup menghemat pengeluaran kamu. Atau sanggup juga tunggu iPhone kau berhasil kau jual sendiri dengan harga yang kau patokkan, kemudian setelahnya membeli hape Android yang baru. Jika iPhone kau sudah bau tanah atau kondisinya sudah buruk, kau boleh menghibahkannya. Hampir semua mesjid mempunyai kotak amal, atau di daerah penampungan tunawisma, anak yatim (piatu), dll. Menghibahkan posel usang kau juga merupakan hal yang mulia yang patut dipuji, dan juga mendapat pahala.


Mentransfer Daftar Kontak


Karena file-file kau tadi dicadangkan di akun iCloud kamu, kau tidak perlu terburu-buru untuk mentransfer semua file tersebut ke ponsel Android gres kamu. Salah satu yang terpenting yang kau perlukan yaitu daftar kontak kamu, juga sangat gampang untuk diunggah ke ponsel Android.


Pertama, aktifkan dan jalankan ponsel Android kamu. Kemudian masuk ke akun iCloud kau melalui komputer dan buka bab Contacts. Pilih nomor-nomor telepon yang ingin kau simpan, atau cukup pilih “select all” dan klik ikon roda gigi untuk membuka sajian Settings. Klik Export vCard, kemudian simpan file tersebut di komputer kamu.


Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel berilmu Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke Android


Masukkan vCard tersebut ke ponsel Android kau dengan cara apa pun yang aman. Lalu buka aplikasi kontak kamu. (Cara ini sedikit berbeda, tergantung pada bawaan smartphone Android kamu). Tentunya ada opsi Import/Export di sajian Pengaturan smartphone Android kamu. Ketuk sajian tersebut kemudian navigasikan ke file vCard yang ada di komputer kamu. Android kau akan memuat semua kontak iOS kamudalam hitungan menit.


Mentransfer Foto, Musik dan Video


Kamu sanggup mentransfer banyak sekali hal dari iOS ke Android jikalau kau mau sedikit berusaha. Mulai dari SMS-SMS hingga kalender janji. Namun, alasannya yaitu pesan teks dan kalender janji merupakan hal yang bersifat sementara, mungkin tidak duduk perkara jikalau kau harus memulainya dari awal. Tentu yang lebih penting yaitu memindahkan video, musik, dan foto-foto kau dari iCloud ke handphone Android gres kamu.


Untungnya Google menyediakan aplikasi berjulukan Music Manager, yang membantu mengubah koleksi iTunes menjadi format yang lebih kompatibel dengan Google (ramah Google). Unduh acara Music Manager dari Play Store, buka folder musik iTunes kamu, kemudian seret dan lepaskan mulai dari yang pertama dan yang terakhir.


Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel berilmu Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke Android


Tunggu sesaat untuk pensinkronisasian selesai. Nah, sesudah itu kau sudah sanggup mengakses musik kau dari aplikasi Google Play Music atau cukup seret dan lepaskan file MP3 yang gres dikonversi ke ponsel Android tersebut jikalau kau tidak suka streaming.


Sementara untuk memindahkan file video dari iOS ke Android lebih gampang berkat aplikasi Film Anywhere. Jadi, apa pun yang kau beli dari iTunes, seharusnya sudah sanggup diakses melalui Google Play Movies dan TV Store. Akan tetapi, lain ceritanya dengan TV shows. Sayangnya, TV shows terjebak di iTunes kamu, alasannya yaitu belum ada cara untuk memindahkannya ke Android.


Sedangkan mentransfer foto dari iOS ke Android sangat ibarat dengan cara mentransfer musik tadi. Cukup masuk ke akun iCloud kamu, kemudian unduh koleksi foto-foto kau ke komputer. Kemudian kunjungi situs web Google Photos, klik unggah dan biarkan situs tersebut menanganinya. Sekarang, kau sanggup mengakses semua foto kau melalui Google Cloud. Kamu juga sanggup menyetel ponsel Android gres kau untuk mengunggah semua yang ada di akun Google Photos kau secara otomatis.


Aplikasi, Permainan, dan Langganan Berbayar


Hampir semua aplikasi yang kau gunakan di iOS juga tersedia pada Android. Tapi belum ada cara yang gampang untuk mentransfer semuanya ke Android. Sebagai alternatif, kau sanggup menciptakan daftar aplikasi yang kau gunakan setiap hari sebelum kmau menghapus data ponsel iPhone kamu. Atau mengusut aplikasi-aplikasi yang kau unduh di iCloud. Kemudian, unduh satu per satu ke Android gres kamu. Ini memang butuh perjuangan, tapi apa boleh buat, alasannya yaitu masi itulah cara satu-satunya.


Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel berilmu Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke Android


Perlu diingat bahwa sebagian besar apps yang kau beli langganan berbayarnya di iOS kau harus membeli nya kembali. Sementara banyak aplikasi gratis iOS yang juga tidak perlu membayar di Android. Untuk permainan, secara khusus merupakan hal yang belum terperinci bagaimana memindahkannya dari iOS ke Android. Tapi hampir semua jenis permainan yang berlaku untuk multi-platform atau berbasis server, misalnya ada versi iOS dan anda versi Android nya, jikalau kau sebelumnya mendaftar permainan-permainan tersebut memakai akun Facebook atau nomor telepon kau di Iphone, kau niscaya sanggup memainkannya di Android. Tapi biasanya setiap transaksi mikro atau mata uang game tidak sanggup dipindahkan antar OS. Tugas


Aktivitas Sehari-hari


Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel berilmu Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke AndroidJika kau belum terbiasa memakai Android sebelumnya, mencar ilmu cara melaksanakan acara sehari-hari pada Android cukup mudah. Ada banyak shortcut (jalan pintas) dan tips Android untuk mendukung produktivitas kau sehari-hari. Biasanya hampir semua jenis-jenis acara memakai smartphone didukung oleh banyak sekali aplikasi dan sangat banyak jumlahnya di Play Store Google. Kamu cukup melihat apps mana saja yang paling sesuai untuk kamu.


Secara umum orang-orang kini hampir semua memakai iPhone atau Android yang mendukung aplikasi SMS chattingan gratis yang sama ibarat Whatsapp, Line, BBM, dll. Menggunakan apps tersebut jauh lebih baik ketimbang memakai layanan SMS dari operator SIM yang dikenai biaya per SMS. Bahkan aplikasi-aplikasi chattingan kini sudah mendukung panggilan yang memakai koneksi internet tanpa harus menyedot pulsa.


Google Drive merupakan penyimpanan cloud kau di Android, dan ada juga Docs untuk pengolah teks dan Sheets untuk mengolah data yang ibarat dengan Excel. Google Photos, Play Music, Play Movies pada Android berfungsi persis ibarat namanya. Sementara Duo yaitu fitur app bawaan Android dari Google untuk melaksanakan panggilan video (VC). Keindahan Android adalah; jikalau kau tidak menyukai aplikasi-aplikasi resmi dari Android tersebut, kmau diperbolehkan mengunduh apps lain dari Google Play Store yang sebagian besar dibentuk oleh pihak ketiga.


Hal lain yang disarankan yaitu fitur file manager. Beberapa ponsel Android hadir dengan aplikasi file manager ibarat Moto File Manger. Tapi jikalau produk ponsel Android gres kau tidak mendukung Moto File Manager, alternatif terbaik kau sanggup memakai Astro atau ES yang sanggup kau instal secara cuma-cuma dari Play Store.


Secara umum Android mendukung DIY (Do it Yourself) dan edukatif lebih sedikit ketimbang iOS. Makara cara terbaik untuk mencar ilmu mengenai sistem Android yaitu dengan meluangkan waktu untuk terbiasa memakai ponsel kamu. Cepat atau lambat kau niscaya akan segera melupakan semua batasan-batasan yang dibentuk iOS kau sebelumnya dan bandrol-bandrol harga dari pernak-pernik iPhone yang menarik hati isi dompet kamu.



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Umum Cara Beralih Dari Ios Ke Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel