iklan

Keterbatasan Dan Pemanfaatan Sumber Daya

Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya – Adalah Tersedianya alat pemenuhan kebutuhan berbanding terbalik dengan kebutuhan manusia. Artinya, jumlah alat pemenuhan kebutuhan insan sifatnya terbatas, sedangkan jumlah kebutuhan insan bermacam-macam dan tidak terbatas. Untuk memperoleh alat pemenuhan kebutuhan, insan harus berusaha (bekerja) sebab alat pemenuhan kebutuhan tersebut tidak diperoleh secara gratis. Misalnya, orangtuamu bekerja untuk memperoleh penghasilan berupa uang.

Selanjutnya, uang tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga, menyerupai membeli pakaian, makanan, sepatu, peralatan sekolah, membayar biaya sekolah, dan memenuhi kebutuhan keluargamu yang lain. Oleh sebab itu, kau harus menghargai kerja keras orangtuamu. Cara kau menghargai kerja keras orangtuamu, di antaranya dengan menghemat uang saku dan berguru sungguh-sungguh supaya prestasi sekolahmu anggun sehingga orangtuamu bangga.

Untuk menyediakan alat pemenuhan kebutuhan, dibutuhkan banyak sekali sumber daya. Ketersediaan sumber daya tersebut terbatas sehingga alat pemenuhan kebutuhan yang dihasilkan juga terbatas. Dalam ilmu ekonomi, keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan biasa disebut dengan istilah kelangkaan (scarcity).


Sumber daya yang dibutuhkan untuk menyediakan alat pemenuhan kebutuhan sanggup dikelompokkan menjadi empat, ialah sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, dan sumber daya kewirausahaan.

1. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam ada secara alami bukan hasil buatan manusia. Sumber daya alam jumlahnya terbatas sehingga bila tidak dimanfaatkan secara sempurna guna persediaannya akan cepat habis. Contoh sumber daya alam, ialah minyak bumi, air, udara, dan materi tambang, menyerupai bijih besi, emas, timah, dan kerikil bara.

Sumber daya alam sanggup diolah menjadi materi atau barang pemenuhan kebutuhan. Misalnya, minyak bumi diolah menjadi minyak tanah, bensin, solar, dan aspal.  Barang olahan minyak bumi tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Minyak tanah dipakai untuk materi bakar kompor atau bensin dan solar yang dipakai untuk materi bakar kendaraan. Persediaan sumber daya alam yang terbatas harus dimanfaatkan secara bijaksana dan tidak mengurasnya secara habis-habisan.

2. Sumber Daya Manusia
Sumber daya insan biasa disebut juga tenaga kerja yang berada pada rentang usia produktif, ialah 15-65 tahun. Tenaga kerja merupakan sumber daya yang terbatas sebab tidak diperoleh secara gratis. Tenaga kerja sanggup dibedakan menjadi tiga, ialah tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, tenaga kerja terdidik dan terlatih, serta tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, misalnya kuli angkut barang di pasar dan buruh bernafsu di pabrik. Tenaga kerja terdidik dan terlatih, misalnya pengacara, dokter, guru, arsitek, dan pilot. Adapun tenaga kerja terlatih, misalnya montir kendaraan, penjahit, dan tukang kayu.

Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya  Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya


3. Sumber Daya Modal
Modal merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia, baik berupa uang maupun barang. Ketersediaan modal dalam upaya pemenuhan kebutuhan jumlahnya terbatas. Akibatnya, penggunaannya harus dihemat supaya pemanfaatannya sempurna guna. Dalam perkembangannya, modal tidak hanya berbentuk uang dan barang, tetapi mencakup teknologi, peralatan informasi, dan fasilitas.


Sebelumnya mengenai Perilaku Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan ini sanggup menambah pengetahuan anda


4. Sumber Daya Kewirausahaan (Entrepreneurship)
Sumber daya kewirausahaan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola dan menggabungkan faktor alam, manusia, dan modal untuk menghasilkan barang dan jasa. Orang yang mempunyai jiwa wirausaha masih terbatas jumlahnya. Oleh sebab itu, untuk mempunyai jiwa dan semangat wirausaha dibutuhkan tekad dan perjuangan yang kuat.

Sumber daya yang terbatas jumlahnya tersebut dipakai untuk menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan manusia. Alat pemenuhan kebutuhan sanggup dikelompokkan menurut wujud, ketersedian, tujuan penggunaan, pemakai, dan proses pembuatannya.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keterbatasan Dan Pemanfaatan Sumber Daya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel