iklan

Jenis Macam Motif Menurut Aspeknya

Jenis Macam Motif Berdasarkan Aspeknya - Berdasarkan aspeknya, motif yang men dorong insan melaksanakan tindakan ekonomi sanggup dikelompokkan menjadi motif-motif ekonomi berikut.


a. Motif untuk Memenuhi Kebutuhan
Motif ini akan mendorong insan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga sanggup mencapai kemakmuran. Misalnya, Pak Fauzi seorang karyawan pabrik yang telah mempunyai istri dan satu orang anak. Pendapatannya sebagai karyawan pabrik tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Oleh alasannya itu, untuk menambah pendapatannya pada malam hari ia berjualan nasi goreng di depan rumahnya. Tindakan Pak Fauzi tersebut dilakukan atas dasar harapan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga keluarganya sanggup hidup makmur.

Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya



b. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan
Motif ini akan mendorong insan melaksanakan tindakan untuk memperoleh kekuasaan di masyarakat atau perusahaan. Contoh motif memperoleh kekuasaan yaitu pemilihan calon kepala tempat (Pilkada) yang dilakukan di beberapa tempat di Indonesia. Mereka berkampanye, berlomba meraih simpati massa. Harapanya yaitu semoga banyak masyarakat menentukan dirinya. Motif utama para akseptor Pilkada tentunya untuk memperoleh kekuasaan, yaitu menjadi kepala daerah. Tindakan tersebut, biasanya dilakukan atas dasar motif untuk memperoleh kekuasaan di masyarakat.


c. Motif untuk Kepentingan Sosial
Motif ini mendorong insan melaksanakan tindakan untuk menolong sesamanya. Misalnya, orangtuamu bekerja untuk memperoleh pendapatan. Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, orangtuamu juga menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membiayai sekolah anak tetanggamu yang sudah yatim. Tindakan tersebut merupakan salah satu pola tindakan yang dilakukan atas dasar motif untuk kepentingan sosial.


d. Motif untuk Memperoleh Penghargaan
Motif ini mendorong insan melaksanakan tindakan dengan tujuan ingin dihargai oleh orang lain. Misalnya, Pak Ramli karyawan sebuah instansi swasta dengan pendidikan sarjana (S-1). Meskipun sudah bekerja dan mempunyai penghasilan yang cukup, Pak Ramli ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-2 semoga lebih dihargai alasannya mempunyai pendidikan yang lebih tinggi. Oleh alasannya itu, Pak Ramli melanjutkan pendidikannya di sebuah akademi tinggi. Tindakan Pak Ramli tersebut merupakan salah satu tindakan yang didorong motif memperoleh penghargaan.

Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya



e. Motif untuk Memperoleh Keutungan
Motif ini mendorong insan melaksanakan tindakan untuk memperoleh keuntungan atau keuntungan dalam melaksanakan usahanya. Misalnya, Ibu Ratna mempunyai perjuangan berdagang pakaian di sebuah pasar di Jakarta.

Setiap hari, ia membeli lima kodi pakaian dari toko grosiran. Kemudian, menjual pakaian tersebut secara eceran dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokok pembeliannya. Selisih hasil penjualan dengan harga pokok pembelian pakaian tersebut merupakan keuntungan bagi Ibu Ratna. Dengan keuntungan tersebut, Ibu Ratna sanggup membantu suaminya memenuhi kebutuhan keluarga. Tindakan Ibu Ratna tersebut merupakan pola tindakan yang didorong motif untuk memperoleh keuntungan.

Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya


Apakah semua harapan yang mendorong insan melaksanakan suatu tindakan merupakan motif ekonomi? Jawabannya, tentu saja tidak alasannya tidak semua tindakan insan dilandasi motif ekonomi. Ada juga tindakan insan yang dilakukan bukan menurut motif ekonomi. Misalnya, alasannya etika istiadat atau kebiasaan. Jadi, motif insan melaksanakan suatu tindakan sanggup dibedakan menjadi motif ekonomi dan motif non-ekonomi.


Mengenai Tindakan Dalam Kegiatan Konsumsi Produksi Distribusi ini sanggup menambah pengetahuan anda


Perbedaan motif ekonomi dan motif nonekonomi, yaitu sebagai berikut.
1) Motif ekonomi, yaitu motif yang mendorong insan melaksanakan tindakan ekonomi. Adapun motif nonekonomi, yaitu motif yang mendorong insan melaksanakan tindakan bukan alasannya alasan ekonomi. Misalnya, alasannya alasan kewajiban, etika istiadat, atau perbuatan yang tiba-tiba dan tidak disengaja.
2) Motif ekonomi mendorong insan melaksanakan tindakan berkaitan dengan acara pokok ekonomi, Misalnya, acara produksi, distribusi, dan konsumsi. Adapun motif non-ekonomi mendorong insan melaksanakan tindakan di luar acara pokok ekonomi.

Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya Jenis Macam Motif  Berdasarkan Aspeknya



Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Macam Motif Menurut Aspeknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel