iklan

√ Ini Beliau Cara Menentukan Sayuran Yang Baik Dan Masih Segar

Apakah Anda gemar berbelanja sayur-sayuran di pasar tradisional atau supermarket? Ada yang bilang jikalau sayuran di pasar tradisional lebih segar dibanding sayuran di supermarket. Pasalnya, kadang kala sayuran di supermarket masih tampak segar meskipun sudah dipajang berhari-hari di rak pendingin. Di mana pun Anda berbelanja, Anda harus menentukan sayuran segar supaya lebih nikmat dan bernutrisi ketika dimasak.


Bagi Anda yang belum mengetahui cara menentukan sayuran yang baik dan segar, Bacaterus akan memberi panduannya. Ternyata beda jenis sayuran beda juga cara memilihnya, lho. Yuk, simak panduan selengkapnya supaya Anda berhasil mendapat sayuran segar di pasar tradisional maupun supermarket.


Cara menentukan sayuran daun


sayuran di pasar tradisional atau supermarket √ Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar


Sayuran daun yaitu jenis yang paling gampang dipilih sesuai tampilannya. Adapun teladan sayuran daun yaitu kangkung, bayam, sawi, selada, dan kol. Hampir semua jenis sayuran daun berwarna hijau, meskipun ada beberapa sayuran daun yang berwarna merah.


Berikut yaitu cara menentukan sayuran yang baik dan segar jikalau Anda ingin membeli sayuran daun:



  • Warnanya segar dan tidak layu walaupun disimpan di dalam maupun luar rak pendingin. Jika warna sayur daun yang Anda pilih yaitu hijau pastikan tidak ada warna kecoklatan, kekuningan, atau kehitaman pada bab daunnya. Jika diperhatikan struktur tulang daun masih terlihat jelas

  • Bagian batang daun gampang dipatahkan tapi tidak terasa kenyal, lembek, dan berlendir

  • Tidak ada bercak hitam pada daun dan masih terlihat segar tanpa gesekan hitam

  • Jika daun terlihat berlubang alasannya dimakan ulat atau bahkan ada ulat di sayuran tersebut itu tandanya yaitu sayuran segar yang bebas pestisida


Cara menentukan sayur kacang-kacangan


sayuran di pasar tradisional atau supermarket √ Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar


Cara menentukan sayuran yang baik ternyata sangat mudah. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menentukan jenis sayur kacang-kacangan. Sayur berjenis kacang-kacangan ini biasa dimasak dengan cara tumis atau dimasukkan ke dalam sup. Sayur yang masuk dalam jenis kacang-kacangan yaitu buncis, kacang panjang, dan kapri.


Sebagi panduan bagi Anda yang ingin membeli sayur kacang-kacangan, simak tips menentukan sayur kacang-kacangan yang baik dan segar berikut ini:



  • Warnanya terlihat segar sesuai dengan warna aslinya, menyerupai kacang panjang berwarna hijau tua, bukan berwarna kecoklatan atau kekuningan

  • Tidak berbintik atau berlubang

  • Biji di dalamnya tidak akan terlihat terang jikalau dilihat dari luar

  • Teksturnya kenyal tapi gampang dipatahkan

  • Tidak berlendir atau terasa lembek jikalau dipegang


Cara menentukan sayuran buah


sayuran di pasar tradisional atau supermarket √ Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar


Tahukah Anda bahwa ada jenis sayuran buah yang bersahabat dengan kehidupan kita sehari-hari? Sayuran buah ini berbentuk menyerupai buah-buahan tapi masuk ke dalam jenis sayuran. Contoh sayuran buah yaitu tomat, mentimun, labu, terong, dan paprika.


Cara memiih sayuran yang baik pada jenis buah-buahan sangat mudah, berikut yaitu panduannya:



  • Bentuknya utuh, tidak penyok, tidak keriput, dan tidak bolong atau cuil

  • Jika dipegang sayuran buah terasa padat dan tidak lembek

  • Pada kulit buah tidak terdapat goresan, bercak hitam, dan tidak berlendir

  • Warnanya segar sesuai dengan warna orisinil buahnya, menyerupai tomat warnanya merah segar tidak kekuningan atau kehijauan

  • Jika dibau tidak akan berbau busuk dan justru baunya masih terasa segar


Sayuran buah ini sanggup dimasak, dijadikan lalapan, atau dijus menjadi minuman sehat. Jadi, Anda harus benar-benar cermat dalam menentukan sayuran buah yang baik supaya Anda sanggup memperoleh nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran buah tersebut.


Cara menentukan sayur umbi-umbian


sayuran di pasar tradisional atau supermarket √ Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar


Ada sayuran buah, daun, dan kacang-kacangan, namun jangan lupa bahwa masih ada satu jenis sayuran lagi yaitu sayur umbi-umbian. Jenis sayur umbi-umbian ini juga cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari dan memang sering dimanfaatkan sebagai materi makanan. Beberapa teladan sayur jenis umbi-umbian yaitu kentang, wortel, dan singkong.


Ketika berbelanja sayur umbi-umbian di pasar maupun supermarket, perhatikan beberapa tips berikut ini yaitu Anda memperoleh sayuran umbi-umbian yang segar:



  • Sayur umbi tidak berlubang, tidak berlendir, tidak keriput, dan tidak terdapat gesekan di kulitnya

  • Bentuknya utuh tidak penyok atau cuil

  • Warna cerah sesuai dengan warna sayuran dan di bab kulit tidak ada bercak hitam


Cara mencuci sayuran yang benar


sayuran di pasar tradisional atau supermarket √ Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar


Selain menyebarkan panduan cara menentukan sayuran yang baik, Bacaterus juga akan memperlihatkan petunjuk mengenai cara mencuci sayuran yang benar. Sayuran yang gres saja dibeli harus dicuci hingga benar-benar bersih sebelum dimasak. Tujuan dari mencuci sayuran ini untuk menghilangkan kotoran, tanah, dan pestisida pada sayuran sehingga ketika dimasak sayuran jadi lebih nikmat dan higienis.


Nah, berikut ini yaitu cara mencuci sayuran yang benar supaya menjadi lebih bersih ketika dimasak:



  • Cuci sayuran di bawah air yang mengalir supaya kotoran sanggup pribadi jatuh ketika terkena air

  • Ketika mencuci sayuran daun, buka setiap lembaran daunnya dan gosok-gosok dengan tangan untuk menghilangkan tanah, pestisida, atau ulat yang masih menempel di bab dalam daun

  • Batang sayuran juga harus digosok di bawah pancuran air untuk menghilangkan sisa tanahnya

  • Sediakan bejana berisi air bersih dan tuangkan sedikit sabun cair pencuci piring ke dalamnya

  • Masukkan sayuran ke dalam bejana tersebut sambil digosok-gosok kulit atau bab daunnya

  • Angkat sayuran dan bilas hingga bersih di bawah keran air yang mengalir


Amankah memakai sabun cair pencuci piring ketika mencuci sayuran? Jawabannya yaitu aman. Sabun cair pencuci piring sanggup menghilangkan sisa pestisida yang menempel pada sayuran. Pastikan Anda membilas sayuran hingga sisa sabunnya hilang sebelum Anda memasak sayuran tersebut.


Tips menyiapkan sayuran sebelum dimasak


sayuran di pasar tradisional atau supermarket √ Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar


Setelah sayuran segar dicuci hingga bersih, sekarang saatnya untuk menyiapkan sayuran tersebut sebelum dimasak. Anda harus mengupas kulitnya atau memotong sayuran tersebut. Berikut yaitu tips penting yang harus Anda perhatikan dalam menyiapkan sayuran:



  • Gunakan pisau dan talenan khusus sayuran. Hindari penggunaan pisau maupun talenan yang sama dengan yang untuk memotong daging. Hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan kuman dari materi masakan lain ke sayuran yang akan dimasak

  • Tempatkan sayuran yang akan dimasak ke dalam wadah plastik yang bebas BPA dan memang dirancang khusus untuk menyimpan makanan

  • Sayuran yang sudah dicuci harus segera dimasak, jangan disimpan di dalam kulkas alasannya sanggup cepat busuk. Jika Anda sudah membeli sayuran dan berencana memasaknya besok, simpan sayur di kulkas dalam keadaan kotor dan cucilah sayuran keesokan harinya beberapa ketika sebelum dimasak


Tips dan cara menentukan sayuran yang baik ini sanggup mulai Anda lakukan ketika berbelanja sayuran. Di mana pun Anda berbelanja, selalu gunakan panduan berikut ini supaya Anda selalu memperoleh sayuran yang segar. Jangan lupa untuk turut mencuci sayuran dengan panduan yang sudah kami berikan supaya sayuran menjadi lebih higienis.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Ini Beliau Cara Menentukan Sayuran Yang Baik Dan Masih Segar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel