iklan

✔ Apa Itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Binatang Berdarah Hijau Menyala

 Di beberapa tempat binatang ini juga disebut sebagai Reno ✔ Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala
Apa itu Lenyai? - Pernahkah Anda melihat binatang lenyai? Di beberapa tempat binatang ini juga disebut sebagai Reno, Rena, atau Lena, sedangkan Lenyai atau Leunyai ialah sebutan dari tempat Sunda. Hewan ini menyerupai dengan lipan atau kelabang tetapi dengan ukuran yang sangat kecil dan panjang menyerupai cacing. Hewan ini sering muncul dan ditemukan di dalam rumah menyerupai melekat di dinding kamar. Lalu, apakah Lenyai itu?

Lenyai binatang panjang tipis terlihat menyerupai cacing juga mempunyai tanduk pada. Hewan ini sering saya temukan di kamar tidur, melekat di dinding, di lantai sampai di kasur. Saya tidak mengerti bagaimana mereka dapat berada disana. Jika kita pencet atau bunuh lenyai mengeluarkan darah dengan warna hijau menyala.

Apa itu Lenyai

Lenyai ialah salah satu jenis spesies yang banyak ditemukan di banyak sekali negara sub-tropis. Lenyai mempunyai nama ilmiah yaitu Geophilus dari keluarga Centipedes (kelabang) atau lipan tanah.

 Di beberapa tempat binatang ini juga disebut sebagai Reno ✔ Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala
lenyai/leunyai/reno/rena/lena

Lenyai akan mengeluarkan darah berwarna hijau menyala ketika mereka dalam kondisi terancam. Ini ialah cara Geophilus mempertahankan diri dari serangan predator. Hewan ini daya lekatnya berpengaruh sekali, walau terlihat menyerupai rapuh, namun ketika mencoba di bunuh binatang ini sangat lentur dan kuat.

Habitat

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana binatang Lenyai dapat berkembang biak di rumah Anda? Habitat Lenyai ialah menyukai pada tempat yang lembab. Selain di pegunungan, binatang ini juga muncul di tempat pesisir. Lenyai berkembang biak dengan bertelur di kayu yang lapuk, pohon, tanah lembab, bahkan di pakaian yang sedikit basah.

Apakah Lenyai Bahaya?

Belum ada isu bahwa Lenyai berbahaya bagi manusia. Pernah beberapa kali saya memegang lenyai yang merayapi di cuilan tangan dan tidak terjadi apapun menyerupai gigitan atau lainnya. Bahwa lenyai dapat masuk ke dalam indera pendengaran ialah hal yang mungkin terjadi dan harus kita waspadai.

Misterius

Hewan ini benar-benar misteri, sering saya temukan binatang lenyai dengan situasi misteri. Sebelumnya saya lihat sekeliling dinding kamar terlihat bersih, tetapi ketika mengalihkan pandangan ke yang lain dan melihat kembali dinding binatang tersebut muncul secara tiba-tiba tanpa tahu dimana asalnya. Apakah anda pernah mengalaminya? Hihi

Mitos

Waktu saya kecil pernah mendengar sebuah dongeng seram perihal Lenyai, bahwa pernah ada kisah lenyai yang berjalan merayap masuk ke indera pendengaran dan berkembang biak sampai menggerogoti dan merusak otak. Apakah benar lenyai dapat masuk ke dalam indera pendengaran atau tempat vital? Cerita yang saya dengar tersebut sampai ketika ini menjadi mitos yang berkembang di masyarakat.


Mengusir Lenyai

Untuk mengusir dan mengatasi lenyai yang hidup di dalam rumah, beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah:
  • Jaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkan lantai, tempat tidur sampai kamar mandi
  • Jangan menumpuk pakaian kotor sembarangan
  • Jika ada handuk yang basah, segera keringkan atau jauhkan dari tempat tidur
  • Usahakan cahaya matahari masuk ke dalam rumah untuk mengurangi kelembaban
  • Tambal dengan dempul kayu-kayu yang mulai berlubang semoga tidak menjadi sarang untuk bertelur Lenyai

Mungkin itu saja isu dan pengalaman perihal Lenyai yang dapat saya bagikan.
Sumber http://www.randi.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Apa Itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Binatang Berdarah Hijau Menyala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel