Soal Seleksi Duta Rumah Mencar Ilmu Level 1
Salam pendidkan,
Selamat bertemu kembali dengan saya admin blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas berkaitan dengan latihan soal yang saya kutip dari modul 1, 2, 3, dan 4. pada materi seleksi simpatik seleksi duta rumah berguru level 1. Bagaimana persiapan anda dalam menghadapi seleksi ini.
Bagi anda penerima seleksi simpatik duta rumah berguru sanggup memanfaatkan soal ini untuk mengasah sejauh mana penguasaan materi yang telah anda pelajari. Berikut ini pola soalnya, selamat membaca.
Selamat bertemu kembali dengan saya admin blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas berkaitan dengan latihan soal yang saya kutip dari modul 1, 2, 3, dan 4. pada materi seleksi simpatik seleksi duta rumah berguru level 1. Bagaimana persiapan anda dalam menghadapi seleksi ini.
seleksi Duta rumah berguru level 1 |
1. Alamat portal Rumah Belajar yakni ….
A. belajar.kemdikbud.go.id
B. belajar.kemendikbud.go.id
C. rumah.belajar.kemdikbud.go.id
D. rumahbelajar.kemendikbud.go.id
E. rumahbelajar.go.id
2. Moto Rumah Belajar yakni ….
A. berguru dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja
B. berguru dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja
C. berguru dimana saja, dengan siapa saja, dan kapan saja
D. berguru dimana saja, dengan siapa saja, kapan saja
E. berguru dengan siapa saja, dimana saja, kapan saja
3.Apa yang harus dilakukan pertama kali biar sanggup masuk ke fitur Bank Soal? ….
A. Mendaftar di portal Rumah Belajar
B. Login di portal Rumah Belajar
C. Login di fitur Bank Soal
D. Menyiapkan soal-soal
E. Mendaarkan akun email
4.Yang bukan termasuk fitur utama di portal Rumah Belajar yakni ….
A. Karya Guru
B. Karya Bahasa dan Sastra
C. Peta Budaya
D. TV Edukasi
E. Pelestarian Cagar Budaya
5. Yang termasuk fitur pendukung di portal Rumah Belajar yakni ….
A. Sumber Belajar
B. Karya Bahasa dan Sastra
C. Peta Budaya
D. Kelas Maya
E. Pelestarian Cagar Budaya
6.Fitur yang sanggup dipakai untuk melaksanakan prakkum secara online yakni ….
A. Sumber Belajar
B. Bank Soal
C. Lab Maya
D. Wahana Jelajah Angkasa
E. Kelas Maya
7.Fitur yang menyediakan konten mulmedia interakf dan sanggup diunduh yakni ….
A. Sumber Belajar
B. Bank Soal
C. Lab Maya
D. Wahana Jelajah Angkasa
E. Kelas Maya
8. Siswa sanggup mengerjakan soal-soal lahan secara online melalui fitur ….
A. Sumber Belajar
B. Bank Soal
C. Lab Maya
D. Wahana Jelajah Angkasa
E. Kelas Maya
9.Guna mendukung akvitas literasi siswa, guru sanggup mengarahkan siswa untuk memanfaatkan fitur ….
A. Sumber Belajar
B. BSE
C. Wahana Jelajah Angkasa
D. Karya Guru
E. Karya Bahasa dan Sastra
10.Guru sanggup mengunggah konten hasil karyanya sendiri melalui fitur ….
A. Sumber Belajar
B. BSE
C. Wahana Jelajah Angkasa
D. Karya Guru
E. Karya Bahasa dan Sastra
11.Kemampuan mengidenfikasi, mengakses, memanfaatkan dan memgopmalkan perangkat dan teknik komunikasi untuk mendapatkan dan memberikan informasi kepada pihak lain merupakan salah satu kecakapan periode 21 …
A. Berpikir kris
B. Pemecahan masalah
C. Komunikasi
D. Kolaborasi
E. Percaya diri
12.Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan.........
A. literasi, kecakapan pengetahuan , keterampilan dan sikap, serta penguasaan
terhadap teknologi
B. literasi, kolaborasi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
C. literasi, kecakapan pengetahuan, interaksi, serta penguasaan terhadap teknologi
D. literasi, kompesi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
E. kolaborasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
F. literasi, kompetensi, keterampilan dan sikap, serta teknologi informasi dan komunikasi
13. Kualitas karakter yang dak sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 yaitu ….
A. Iman dan taqwa
B. Cinta tanah air dan rasa ingin tahu
C. Kreaf dan kompesi
D. Kemampuan mengikuti keadaan dan kepemimpinan
E. Kesadaran sosial dan budaya
14. Berikut ini salah satu kecakapan terkait dengan kerja sama dalam pembelajaran…
A. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspekf gres dan berbeda.
B. Mampu mengemukakan ide-ide kreaf secara konseptual dan prakkal.
C. Beradaptasi dalam banyak sekali tugas dan tanggungjawab, bekerja secara produkf dengan yang lain
D. Mampu mengikuti keadaan dalam situasi gres dan memperlihatkan bantuan posif terhadap lingkungan
E. Menggunakan kegagalan sebagai wahana pembelajaran.
15. Salah satu tugas guru dalam membangun keterampilan periode 21 melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran adalah...........
A. Pengajar dan pendidik
B. Pengajar dan fasilitator
C. Pendidik dan kolaborator
D. Pendidik dan mentor
E. Fasilitator dan kolaborator
16. Pengembangan pembelajaran periode 21, guru dituntut untuk memulai satu langkah perubahan diantaranya yaitu.........
A. Pola pembelajaran ceramah menjadi memakai TIK
B. Pola pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran memakai peralatan moderen
C. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa
D. Pola pembelajaran ceramah menjadi pola pembelajaran mularah
E. Pola pembelajaran penugasan individu menjadi pola pembelajaran kelompok
17. Pengembangan pembelajaran periode 21 harus memperhakan hal berikut, kecuali…
A. Mengembangkan RPP yang mengkombinasikan sasaran kurikulum nasional,kecakapan periode 21 dan pemanfaatan teknologi
B. Membangun kemmpuan berfikir kris
C. Memasukan unsur berfikir ngkat nggi
D. Menerapkan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
E. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran di sekolah
18. Prinsip pembelajaran periode 21 dalam upaya mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab yakni …
A. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
B. Memfasilitasi siswa untuk terlibat dalam lingkungan sosialnya.
C. Mengembangkan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa terhubung dengan dunia nyata
D. Memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya
E. Mengajak siswa berkolaborasi dengan orang lain.
19. Tugas pendidik untuk bisa membuatkan pembelajaran periode 21 diantaranya yaitu
A. Menyusun RPP yang mengkombinasikan antara sasaran yang diminta dalam kurikulum nasional,pengembangan kecakapan periode 21 atau karakter nasional serta pemanfaatan teknologi dalam kelas
B. Menyiapkan materi berguru dan media pembelajaran yang lengkap
C. Memasukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking).
D. Menerapan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
E. Mengintegrasikan Teknologi dalam pembelajaran
20. Fitur Rumah Belajar yang mendukung kecakapan pembelajaran periode 21 dalam berkolaborasi yaitu …, kecuali
A. Sumber Belajar
B. Kelas Maya
C. Laboratorium Maya
D. Peta Budaya
E. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
21. Fitur Rumah Belajar yang berupa konten dalam bentuk simulasi untuk aktivitas prakkum sanggup dipakai untuk pembelajaran secara individu, berkelompok, dan sarana lahan sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta sanggup membuatkan kecakapan pemecahan dilema dan berkolaborasi yakni …
A. Sumber Belajar
B. Buku Sekolah Elektronik
C. Bank soal
D. Laboratorium maya
E. Peta Budaya
22. Fitur Rumah Belajar yang sanggup dipakai untuk kemampuan literasi membaca penerima didik yaitu …
A. Sumber Belajar dan PKB
B. BSE dan Kelas Maya
C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya
D. Laboratorium Maya dan Bank Soal
E. Bank Soal
23. Salah satu tahapan gerakan literasi sekolah yakni “Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: memakai buku pengayaan dan taktik membaca di semua mata pelajaran”. Akvitas tersebut sanggup difasilitasi di Rumah Belajar dengan memakai fitur…
A. Sumber Belajar dan Karya Guru
B. BSE dan Sumber Belajar
C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya
D. Laboratorium Maya dan Bank Soal
E. Bank Soal dan Kelas Maya
24. Kemampuan untuk mengetahui banyak sekali bentuk media yang berbeda, ibarat media cetak, media elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet), dan memahami tujuan penggunaannya disebut …
A. Literasi dasar
B. Literasi perpustakaan
C. Literasi media
D. Literasi sains
E. Literasi teknologi
25. Bagi seorang pendidik langkah awal untuk membuatkan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 dan karakterisk KD dan materi yang akan dibahas yaitu …
A. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
B. Pelaksanaan Pembelajaran
C. Penyiapan materi berguru dan media pembelajaran
D. Penilaian Hasil Belajar
E. Penyediaan peralatan TI
26. Apa saja yang termasuk hardware (Perangkat Keras) Komputer ?......
A. Keyboard, mouse, CPU, word processing
B. Keyboard, mouse, CPU, monitor
C. Monitor, mouse, CPU, word processing
D. Printer, Keyboard, mouse, CPU, word presentation
27. Bagaimana cara mematikan komputer?......
A. Pilih Tombol start pada taskbar dan tekan tombol turn off
B. Pilih Tombol start pada taskbar dan tekan tombol stand by
C. Cari tombol power dan tekan tombol sleep
D. Cari tombol power dan tekan tombol restart
28. Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai daerah menyimpan data permanen adalah......
A. CPU
B. RAM
C. Hardisk
D. Monitor
29. Perangkat keras yang akana dipakai apabila ingin mencetak hasil kerja ke dalam kertas ?......
A. Monitor
B. Printer
C. Speaker
D. Scanner
30.Perangkat keras apa yang sanggup dipakai biar komputer tetap hidup sementara apa bila terjadi mati listrik secara tiba-tiba......
A. Power Supply
B. CPU
C. UPS
D. Modem
31. Data yang diformat dan disimpan secara digital dinamakan......
A. Software
B. Hardware
C. Brainware
D. Malware
32.Yang termasuk application software yaitu ….
a. Pengolah kata, pengolah angka, windows
b. Pengolah kata, pengolah angka, pemutar media
c. Pengolah kata, pengolah angka, linux
d. Pengolah media, presentasi, windows
33. Perangkat lunak yang termasuk jenis perusak adalah......
A. Freeware
B. Trialware
C. Malware
D. shareware
34. Aplikasi yang biasa dipakai untuk menyusun atau menulis RPP yaitu ….
a. Microsoft Acces
b. Microsoft word
c. Microsoft excel
d. Microsoft powerpoint
35. Aplikasi yang biasa dipakai untuk mengolah hasil evaluasi penerima didik yaitu ….
a. Microsoft Acces
b. Microsoft word
c. Microsoft excel
d. Microsoft powerpoint
36.Kemampuan seseorang dalam memanfatkan informasi yang diperoleh untuk digunakan
atau tidak semua informasi yang ada termasuk kemampuan….
A.mengidenfikasi informasi
B.memilih informasi
C.mengolah informasi
D.mempresentasikan informasi
E. mengakses informasi
37. Alat dimana search engine berjalan disebut......
A. website
B. beranda
C. browser
D. blog
E. wikipedia
38. Berikut ini merupakan macam-macam web browser, kecuali........
A. netcape
B. bing
C. avant
D. baidu
E. android
39. Kumpulan dari banyak sekali macam halaman situs, yang terangkum di dalam sebuah domain atau juga subdomain disebut........
A. Website
B. beranda
C. browser
D. blog
40. Pencarian data atau informasi di dunia maya sanggup dilakukan dengan cara..........
A. membuka windows baru
B. memakai browser lain
C. memakai cloud strorage
D. memakai search engine
E. memanfaatkan fitur bookmark
41. Pada ketika kita browsing sering kita temui artikel, gambar, tutorial, blog atau situs yang menarik. Tapi sayang kita terkadang lupa mencatat atau mengingat alamat artikel atau blog yang kita maksud. Supaya sanggup menenukan kembali laman itu kembali, kita memakai fitur..........
A. bookmark
B. searcch engine
C. shortcut
D. add-on
E. plugin
42. Berikut merupakan Generik TOP Level Domain, kecuali..........
A. .com
B. .tv
C. .org
D. .net
E. .id
40. Pencarian data atau informasi di dunia maya sanggup dilakukan dengan cara..........
A. membuka windows baru
B. memakai browser lain
C. memakai cloud strorage
D. memakai search engine
E. memanfaatkan fitur bookmark
41. Pada ketika kita browsing sering kita temui artikel, gambar, tutorial, blog atau situs yang menarik. Tapi sayang kita terkadang lupa mencatat atau mengingat alamat artikel atau blog yang kita maksud. Supaya sanggup menenukan kembali laman itu kembali, kita memakai fitur..........
A. bookmark
B. searcch engine
C. shortcut
D. add-on
E. plugin
42. Berikut merupakan Generik TOP Level Domain, kecuali..........
A. .com
B. .tv
C. .org
D. .net
E. .id
43.Berikut ini yang merupakan ekstensi domain untuk kepenngan pendidikan
adalah ….
A. .co.id
B. .edu.id
C. .org.id
D. .net.id
E. .ac.id
adalah ….
A. .co.id
B. .edu.id
C. .org.id
D. .net.id
E. .ac.id
44.Berikut ini data personal yang sering menjadi sasaran phising
A alamat lengkap
B. golongan darah
C. nama lengkap
D. kata sandi
E. nomor telepon
45. Berikut ini hal yang menciptakan phising sulit ditangkal adalah..........
A. tidak mempan ditangkal oleh firewall
B. selalu lolos proses filtering
C. biasanya dilakukan oleh pihak eksternal
D. memakai search engine
E. kesadaran pengguna menjaga informasi
46. Berikut ini merupakan jenis virus yang tersebar pada komputer, kecuali..........
A. worm
B. trojan
C. backdoor
D. hoax
E. spyware
47. Berikut ini merupakan upaya pencegahan malware, kecuali..........
A. antivirus
B. internet security
C. adblock
D. browser protection
E. bookmark
48. Saat ini anda sanggup memanfaatkan media penyimpanan data yang tidak lagi berbentuk fisik tetapi memerlukan koneksi internet, yaitu dengan..........
A. memakai safety browser
B. memasang plugin adblock atau browser protection
C. memanfaatkan cloud storage
D. memakai search engine
E. memanfaatkan fitur bookmark
49.Berikut ini yang merupakan format kompresi file yakni ….
A. rar
B. exe
C. avi
D. com
E. rtf
50.Berikut ini yang merupakan perangkat lunak untuk melaksanakan kompresi file adalah ….
A. photoshop
B. winrar
C. corel
D. premiere
E. arculate
51. situs web yang memungkinkan terjadinya interaksi antar pengguna dengan pengguna lainnya, ibarat forum, blog dan komersil, merupakan situs web..........
A. statis
B. dinamis
C. interaktif
D. doamin
E. bersama
52. Tindakan memperoleh informasi langsung ibarat user name, email, password dan data penting lainnya dengan cara menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email/halaman web disebut dengan..........
A. phising
B. cracking
C. h4ck1ng
D. spamm1ng
E. defacing
A. statis
B. dinamis
C. interaktif
D. doamin
E. bersama
52. Tindakan memperoleh informasi langsung ibarat user name, email, password dan data penting lainnya dengan cara menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email/halaman web disebut dengan..........
A. phising
B. cracking
C. h4ck1ng
D. spamm1ng
E. defacing
53. Malware (malicious software) biasanya tersebar dari iklan-iklan yang disisipkan pada suatu halaman web. Guna mencegah anda untuk mengklik iklan-iklan tersebut, yang harus dilakukan adalah......
A. Menggunakan safety browser
B. Memasang plugin adblock atau browser protection
C. Memanfaatkan cloud storage
D. Menggunakan search engine
E. Memasang fitur bookmark
54.Sebagai pengguna internet, Anda perlu mengetahui susila dalam berkomunikasi menggunakan internet. Salah satu susila yang harus dilakukan yakni ....
A. menuliskan sumber goresan pena kalau berasal dari hasil salinan goresan pena orang lain
B. memakai abjad kapital untuk menjelaskan maksud yang penting
C. memberikan hal-hal yang bersifat langsung pada ruang umum
D. menginformasikan gosip yang sudah terang ketidakbenarannya untuk mencari pendapat
E. mengirimkan konten-konten yang berisi sara guna mendapatkan dukungan negatif
55.Berikut ini merupakan jenis virus yang tersebar pada komputer, kecuali ….
A. worm
B. trojan
C. backdoor
D. hoax
E. spyware
Demikian artikel saya berkaitan dengan latihan soal seleksi duta rumah berguru level 1. semoga memperlihatkan manfaat bagi kita semua, selamat berguru ya. semoga anda terpilih menjadi duta rumah berguru tahun 2019. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.
0 Response to "Soal Seleksi Duta Rumah Mencar Ilmu Level 1"
Posting Komentar