iklan

Sharp Gambar Pudar

Kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan pengalaman saya ihwal service TV. TV nya yakni Sharp 25" dengan kerusakan gelap tapi gambar juga kelihatan luntur. Mau tahu Cara Service TV Sharp 25" Gelap Gambar Luntur ?

Pertama sekali yang saya lakukan yakni membongkar casing TV Sharp 25" ini. Dan kemudian saya eksklusif coba putar screen di bab flyback. Screen ini fungsinya yakni untuk mangatur jelas gelapnya monitor dari flyback. tapi sesudah saya coba putar, gambar TV Sharp" 25 inch ini tetep saja tidak berubah masih gelap dan luntur.Ganti socket RGB pun sama tak ada perubahan sama sekali

Akhirnya dugaan saya mengarah pada flybacknya dimana flyback mengalami kerusakan di bab screennya ini. Saya lepas kabel screen orisinil dari flyback kemudian saya coba menciptakan jalur screen sendiri dari pin Colektor Flyback (pin ini nyambung dengan bab Colector Transistor Horisontal. Rangkaian ini biasa saya pasang dimonitor dan bekerja dengan baik. Gambar Rangkaian tambahannya menyerupai dibawah ini:


Sengaja saya kasih VR 2MOhm untuk mendapat jelas yang pas. Setelah saya pasang rangkaian dan saya coba ternyata gambar masih saja gelap. Akhirnya saya coba memutar VR 2MOhm nya untuk mendapat screen dengan tegangan yang lebih tinggi, saya putar pelan-pelan dan ternyata TV Sharp 25" ini gambar tiba-tiba jelas dan ada garis-garis miring yang memperlihatkan bahwa settingan screen terlalu terang. Akhirnya saya coba kembalikan screen orisinil dari flyback ke tabungnya dan TV Sharp 25" ini saya nyalakan. dan ternyata berhasil nyala dengan normal.

Mengapa dapat demikian? Ternyata Tabung TV ini mengalami short yaitu antara bab screen G2 dengan bab Brightness G1, dan sewaktu saya memutar VR 2MOhm ini, berarti saya memperlihatkan tegangan yang tinggi ke G2 Screen tabung dan tegangan tinggi inilah yang melepaskan / membebaskan short(konslet) antara G2 dan G1 ini.

NB: Bagi yang ingin mencoba harap berhati2 jangan hingga kesetrum 
        Jangan hingga tabung terkena dampaknya /ganti saja debgan Flyback yang baru
Sumber http://www.arjunservice.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sharp Gambar Pudar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel