iklan

Pola Permukiman Penduduk Di Muka Bumi

Pola Permukiman Penduduk di Muka Bumi - Pola permukiman merupakan salah satu bentuk penggunaan lahan di muka bumi. Pernahkah kau secara tidak sengaja mengamati bentuk rumah, rujukan wilayah hunian (permukiman), baik di daerah perdesaan maupun perkotaan? Pemukiman mempunyai fungsi sebagai lingkungan tempat hunian dan tempat acara yang mendukung kehidupan masyarakat.

Kondisi fisik dan bentukan muka bumi akan kuat terhadap penggunaan lahan dan permukiman. Pola permukiman penduduk yang sering dijumpai di lingkungan sekitar, antara lain sebagai berikut.

1. Pola Permukiman Memanjang (Linear)
Penggunaan lahan sangat dipengaruhi oleh ragam bentukan muka bumi. Pola permukiman memanjang (linear) terkait bersahabat dengan jaringan sarana transportasi wilayah. Areal permukiman penduduk umumnya menempati daerah sepanjang jalan raya, pedoman sungai, atau tepi pesisir pantai.
2. Pola Permukiman Terpusat (Nucleated)
Pola permukiman lain yang sanggup ditemukan di lingkungan sekitar, ialah rujukan permukiman terpusat yang banyak ditemukan di daerah sekitar perbukitan atau pegunungan. Kondisi dan keadaan wilayah menyebabkan terbentuknya rujukan permukiman yang mengelompok. Pada umumnya lahan pertanian terletak jauh dari daerah pemukiman. Pemekaran areal permukiman terjadi dan mengarah ke segala jurusan sesuai dengan komposisi dan pertambahan jumlah penduduk.


Sebelumnya mengenai Kegiatan Pertanaian dan Non Pertanian ini sanggup menmabha pengetahuan anda.


3. Pola Permukiman Tersebar (Dispersed)
Pola permukiman tersebar dicirikan dengan letak dan kondisi permukiman yang terpencar-pencar antara satu wilayah permukiman dan permukiman lainnya. Pola permukiman tersebar sering dijumpai pada daerah permukiman dengan kondisi iklim yang tidak stabil, serta topografinya yang terjal dan curam.

 Pola permukiman merupakan salah satu bentuk penggunaan lahan di muka bumi Pola Permukiman Penduduk di Muka Bumi



Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pola Permukiman Penduduk Di Muka Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel