iklan

Pengertian Produksi Dan Tujuan Produksi

Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi - Adalah mari kita pelajari lewat materi dibawah ini:



Pengertian Produksi
Pernahkan kau memerhatikan proses pembuatan sepatu yang ada di suatu daerah. Bagaimana seorang pengrajin (produsen) menciptakan sepatu, mulai dari membentuk pola, menjahit, hingga dengan proses pengepakan. Semua acara yang dilakukan produsen hingga menghasilkan sepatu disebut acara produksi. Istilah produksi dalam bahasa Inggris, yaitu production yang berarti menghasilkan atau membuat. Produksi dalam istilah ilmu ekonomi diartikan sebagai acara yang ditujukan untuk menghasilkan atau mempertinggi nilai kegunaan suatu barang atau jasa.

Dari definisi tersebut, ada dua hal pokok yang perlu dipahami dari produksi, yaitu sebagai berikut.
a. Produksi merupakan acara menghasilkan barang atau jasa.

Tuan Haryono seorang pengrajin mebel dari materi kayu jati. Dalam satu bulan, Tuan Haryono bisa menghasilkan 2 set dingklik dan 3 buah lemari pakaian.

 Adalah mari kita pelajari lewat materi dibawah ini Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi


Kegiatan Tuan Haryono menghasilkan dingklik dan lemari sanggup dikatakan produksi, sebab ia telah mengubah kayu jati menjadi bentuk dingklik dan lemari.
b. Produksi merupakan acara mempertinggi nilai guna suatu barang atau jasa. Berdasarkan pola Tuan Haryono, acara mengubah kayu jati menjadi dingklik dan lemari sanggup dikatakan produksi, sebab sebelum diproses, kayu jati mempunyai nilai guna yang rendah, tetapi sehabis diproses menjadi banyak sekali bentuk (kursi, mainan, dan lemari), nilai guna dari kayu jati tersebut menjadi tinggi.



Tujuan Produksi
Produksi barang atau jasa yang dilakukan produsen mempunyai empat tujuan, yaitu sebagai berikut.
a. Menghasilkan Barang atau Jasa
Menghasilkan barang atau jasa merupakan tujuan yang paling banyak ditemui dari acara produksi. Hal ini didasarkan pada kebutuhan insan yang semakin meningkat. Kebutuhan insan yang meningkat memotivasi produsen menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan.
b. Mendapatkan Keuntungan
Secara ekonomi, mendapat laba merupakan tujuan yang diharapkan dan rasional dari setiap acara produksi. Seorang produsen akan memproduksi kalau berkeyakinan mendapat keuntungan. Namun, kalau ia berasumsi tidak mendapat keuntungan, ia tidak akan melaksanakan acara produksi.


Sebelumnya mengenai Pengertian Konsumsi ini sanggup menambah pengetahuan anda


c. Mengganti Barang yang Rusak
Daya tahan suatu barang hasil produksi terbatas. Artinya, dalam jangka waktu tertentu nilai dari barang tersebut akan berkurang atau rusak. Untuk itu, perlu adanya penggantian terhadap barang-barang tersebut. Proses mengganti barang yang rusak merupakan salah satu tujuan dilakukannya produksi.
d. Mencapai Kemakmuran
Tujuan final dari produksi ialah mencapai kemakmuran, tidak hanya dari sisi produsen, tetapi dari pihak konsumen juga. Pihak produsen ingin mendapat laba yang maksimum. Namun, dari sisi lain, konsumen ingin memperoleh kepuasan yang maksimum.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Produksi Dan Tujuan Produksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel