iklan

Pengertian Dan Manfaat Pasar Modal

Apa itu pasar modal dan manfaatnya - Pada dasarnya, pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk banyak sekali instrumen keuangan jangka panjang yang sanggup diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang ataupun modal sendiri. Meliputi apakah instrumen-instrumen di pasar modal itu? Instrumen-instrumen keuangan yang diperjualbelikan di pasar modal menyerupai saham, obligasi, waran, right, obligasi konvertibel, dan banyak sekali produk turunan (derivatif) menyerupai opsi (put atau call).


 merupakan pasar untuk banyak sekali instrumen keuangan jangka panjang yang sanggup diperjualbelik Pengertian dan Manfaat Pasar modal


Di dalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995; Pengertian pasar modal dijelaskan lebih spesifik sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan imbas yang diterbitkannya, serta forum dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal mengatakan tugas besar bagi perekonomian suatu Negara alasannya pasar modal mengatakan dua fungsi sekaligus, yakni fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.

Pasar modal dikatakan mempunyai fungsi ekonomi alasannya pasar modal menyediakan akomodasi atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan, yakni pihak yang mempunyai kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer). Keberadaan pasar modal mempermudah perusahaan untuk memperoleh dana segar dari masyarakat, antara lain, penjualan imbas saham melalui mekanisme Initial Public Offering (IPO) atau imbas utang (obligasi).

Pasar modal dikatakan mempunyai fungsi keuangan alasannya pasar modal mengatakan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Jadi, diperlukan dengan adanya pasar modal kegiatan perekonomian menjadi meningkat alasannya pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan untuk sanggup meningkatkan pendapatan perusahaan dan pada kesudahannya mengatakan kemakmuran bagi masyarakat luas.

Apakah manfaat pasar modal? Pasar modal mempunyai peranan dan manfaat menyerupai berikut ini.
1. Pasar Modal Merupakan Wahana Pengalokasian Dana Secara Efisien
Jika Anda sebagai investor, maka Anda sanggup melaksanakan investasi pada beberapa perusahaan melalui pembelian efek-efek yang gres ditawarkan atau pun yang diperdagangkan di pasar modal. Sebaliknya, pihak perusahaan sanggup memperoleh dana yang dibutuhkan dengan memperlihatkan instrumen keuangan jangka panjang melalui pasar modal tersebut.
2. Pasar Modal sebagai Alternatif Investasi
Anda akan menemukan alternatif berinvestasi di pasar modal dengan memperoleh laba dan sejumlah risiko tertentu.
3. Pasar modal pun memungkinkan Anda (para investor) untuk mempunyai perusahaan yang sehat dan berprospek baik.
Perusahaan menyerupai ini sebaiknya tidak hanya dimiliki oleh sejumlah orangorang tertentu saja alasannya penyebaran kepemilikan secara luas akan mendorong perkembangan perusahaan menjadi lebih transparan.
4. Pelaksanaan Manajemen Perusahaan Secara Profesional dan Transparan
Keikutsertaan masyarakat dalam kepemilikan perusahaan mendorong perusahaan untuk menerapkan administrasi secara lebih profesional, efisien dan berorientasi pada keuntungan, sehingga tercipta suatu kondisi “Good Corporate Governance” serta laba yang lebih baik bagi para investor.
5. Peningkatan Aktivitas Nasional
Pasar modal memudahkan perusahaan-perusahaan dalam memperoleh dana, sehingga akan mendorong perekonomian nasional menjadi lebih maju, yang selanjutnya akan membuat kesempatan kerja yang luas, serta meningkatkan pendapatan pajak bagi pemerintah. Sehubungan dengan pelaksanaan “Good Corporate Governance”, Bapepam menganjurkan setiap perusahaan publik untuk mempunyai suatu komite audit.

Jadi, pasar modal mempunyai peranan yang sangat besar bagi masyarakat, perusahaan maupun pemerintah. Setelah Anda mempelajari bahan mengenai peranan dan manfaat pasar modal maka pelajarilah juga risiko penanaman modal di pasar modal pada bahan selanjutnya.

Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Manfaat Pasar Modal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel