iklan

Pengantar Mikro

Pengantar Mikro - Ilmu ekonomi yaitu suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam menciptakan pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan memakai sumber-sumber daya yang terbatas tetapi sanggup dipakai dalam banyak sekali cara untuk menghasilkan banyak sekali jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, kini dan di masa datang, kepada banyak sekali individu dan golongan masyarakat.

Secara umum, subyek dalam ekonomi sanggup dibagi dengan beberapa cara, yang paling populer yaitu mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi kasatmata (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam administrasi keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga sanggup dipakai dalam bidang-bidang selain bidang moneter, ibarat contohnya penelitian sikap kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dan lainnya


 Ilmu ekonomi yaitu suatu studi mengenai individu Pengantar  Mikro




Subyek Ilmu terbagi dua, yaitu : ekonomi mikro dan makro. 
1. mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil ekonomi ibarat sikap individu-individu, sikap konsumen, sikap produsen, harga, dll. 
2. makro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan perekonomian baik suatu negara/daerah ibarat inflasi, pengangguran, kemiskinan, neraca dan pertumbuhan ekonomi. 


Karena individu, perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya tidak menerima semua yang mereka inginkan, sehingga harus menciptakan pilihan. Pada setiap acara ekonomi mereka harus menciptakan pilihan terbaik dari beberapa alternatif pilihan yang telah mereka buat. Dalam setiap kegiatan ekonomi, yaitu dalam kegiatan memproduksi maupun mengkonsumsi barang dan jasa, setiap pelak kegiatan ekonomi harus menciptakan pilihan-pilihan. Tujuannya yaitu biar sumber daya yang tersedia sanggup dipakai secara efisien dan sanggup mewujudkan kesejahteraan yang maksimum kepada pelaku ekonomi. 

Ilmu ekonomi mempunyai banyak aspek, setiap aspek sanggup dikenali sebagai elemen ilmu ekonomi sebab banyak sekali aspek disatukan beberapa wangsit atau prinsip dasar.



10 wangsit atau prisip dasar ekonomi (Gregory Mankiw, 1998) tersebut yaitu : 
Bagaimana Kita Membuat Keputusan 
Prinsip 1 : Kita Harus Selalu Melakukan “Trade Off” 
Prinsip 2 : Biaya yaitu Apa yang anda korbankan untuk memperoleh sesuatu 
Prinsip 3 : Orang Rasional Berpikir Secara Bertahap
Prinsip 4 : Kita Bereaksi Terhadap Insentif 
Bagaimana Orang-Orang Berinteraksi 
Prinsip 5 : Perdagangan Dapat Menguntungkan Semua Pihak 
Prinsip 6 : Pasar Secara Umum yaitu Wahana yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi
Prinsip 7 : Pemerintah adakalanya sanggup memperbaiki hasil-hasil prosedur pasar
Bagaimana Suatu Perekonomian Secara Keseluruhan Bekerja 
Prinsip 8 : Standar Hidup di Suatu Negara Tergantung pada kemampuan memproduksi barang dan jasa
Prinsip 9 : Harga-harga meningkat jikalau pemerintah mencetak uang terlalu banyak
Prinsip 10 : Masyarakat menghadapi “trade off” jangka pendek antara inflasi dan pengangguran



Upaya meredam lonjakan inflasi seringkali menjadikan kenaikan sementara tingkat pengangguran. Dilema atau trade off antara inflasi dan pengangguran ini disebut sebagai Kurva Phillip.

Dari klarifikasi diatas kini kita telah mempunyai citra umum perihal ilmu ekonomi. Dalam bab-bab berikut kita akan menyebarkan analisis kita lebih jauh. Buku ini dibagi menjadi dua pecahan yaitu Pengantar Mikro dan Pengantar Makro. Bagian Pengantar Mikro terdiri dari sub bahasan sikap konsumen; teori permintaan; penawaran dan keseimbangan pasar; elastisitas; teori biaya; teori produksi dan bentuk-bentuk pasar.

Sedangkan pecahan Pengantar Makro terdiri dari sub bahasan pandangan ekonomi klasik dan Keynes perihal penentuan kegiatan ekonomi; pendapatan nasional; pengantar IS-LM; inflasi; pengangguran; uang dan peranannya dalam perekonomian; pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi dan perdagangan internasional.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengantar Mikro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel