iklan

Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli

Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli - Adalah mari kita pelajari dengan rangkuman dibawah ini:



1) Sumber Daya Alam (Natural Resources)
Sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang telah tersedia di alam dan sanggup dipakai untuk proses produksi dalam perjuangan mencapai kemakmuran. Ketersedian sumber daya alam jumlahnya terbatas. Misalnya minyak bumi, dalam jumlah dan jangka waktu tertentu bila dipakai secara terus menerus akan habis dan mengalami kelangkaan. Selain ketersediaannya terbatas, sumber daya alam penyebarannya tidak merata. Artinya, sumber daya alam tidak terdapat di setiap daerah. Misalnya, pohon rotan tidak tersedia di Pulau Jawa, tetapi sanggup ditemui di Pulau Kalimantan.
Sumber daya alam sanggup dibagi menjadi sumber daya alam yang sanggup diperbarui dan sumber daya tidak sanggup diperbarui. Sumber daya sanggup diperbarui merupakan sumber daya yang dalam jumlah tertentu sanggup diperbaiki bila telah habis. Misalnya, pengolahan kayu sebagai hasil hutan. Adapun sumber daya alam yang tidak sanggup dipebarui yaitu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaiki, kalaupun bisa memerlukan waktu yang lama. Contohnya, minyak bumi, sumber mineral, dan barang tambang lainnya.


 Adalah mari kita pelajari dengan rangkuman dibawah ini Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli



2) Faktor Produksi Tenaga Kerja (Labour)
Tenaga kerja yaitu segala kemampuan manusia, baik fisik (jasmani) maupun rohani yang dipakai untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa. Sumber daya insan yang melimpah merupakan asset pembangunan bila dikelola dengan baik.
Tenaga kerja sanggup berupa tenaga kerja jasmani maupun rohani. Tenaga kerja jasmani yaitu segala kemampuan fisik yang dibutuhkan dalam proses produksi. Adapun tenaga kerja rohani yaitu segala kemampuan psikis yang dibutuhkan dalam proses produksi, biasanya berupa pandangan gres dan gagasan.


sebelumnya mengenai Nilai Guna Suatu Barang Atau Jasa ini sanggup menambah pengetahuan anda


Tenaga kerja berdasarkan kualitasnya sanggup dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.
a) Tenaga kerja terdidik, yaitu tenaga kerja yang diperoleh melalui pendidikan formal. Misalnya, dokter, dosen, arsitek, dan pengacara.
b) Tenaga kerja terlatih, yaitu tenaga kerja yang diperoleh melalui pengalaman atau melalui latihan yang cukup panjang. Misalnya, mekanik, sopir, dan teknisi.
c) Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, yaitu tenaga kerja yang tidak memerlukan jenjang pendidikan formal maupun pengalaman. Misalnya, pembantu rumah tangga, pekerja perkebunan, dan kuli angkut. 


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel