iklan

Kenapa 𝛑 2 ≃ G ≃ 9,8 M/S 2 (Percepatan Gravitasi)

Ketika anda mencar ilmu fisika, anda diberitahu sebenarnya percepatan Gravitasi di permukaan bumi sekitar 9,8 m/s2. Lalu dengan percepatan gravitasi senilai itu anda sanggup menghitung berat sebuah benda, gaya normal sampai gaya gesek sebuah benda.
Tapi mungkin anda tidak menyadari sebenarnya ternyata percepatan gravitasi tersebut g=9,8 m/s2 senilai dengan 𝛑 2. Apakah ini benar? Jawaban singkat yang sanggup aku berikan yaitu benar. Ini merujuk kepada sejarah masa lalu, berikut uraiannya.

Pada tahun 1668, seorang berkebangsaan Inggris Cleric John Wilkins menemukan suatu satuan panjang pada sebuah pendulum dengan periode 2 detik. Pendulum yang mempunyai sudut sangat kecil pada permukaan bumi tersebut mempunyai persamaan perioda,
$T= 2 \pi \sqrt { \frac {L}{g}  }$

Dimana
L =panjang tali,
g=percepatan gravitasi dan;
T= periode


Jika di atur Periode pendulum tersebut menjadi 2 detik dan dipakai panjang tali 1 m, maka sanggup diturunkan,
$2=2 \pi \sqrt { \frac {1}{g}  } \\ 1 = \frac { \pi }{ \sqrt {g}} \\ \sqrt g = \pi \\ g = \pi ^2$

Lah kenapa datang tiba dipakai waktu 2 detik dan panjang tali 1 meter. Nah itu tadi di atas telah dijelaskan, Cleric John Wilkins telah menemukan dari hasil penelitian sebenarnya sebuah tali satu -satuan panjang (1 m) pada pendulum di dapatkan periode (T)-nya 2 detik.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa 𝛑 2 ≃ G ≃ 9,8 M/S 2 (Percepatan Gravitasi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel