iklan

√ Cara Menyimpan Daging Yang Sudah Direbus Dengan Benar

Ada beraneka cara untuk menyimpan daging, salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu, gres disimpan di dalam kulkas. Teknik ini dianggap sanggup menjaga cita rasa dari daging itu sendiri. Selain itu, merebus daging terlebih dahulu juga sanggup menciptakan daging supaya tahan lama.


Apakah Anda sering menyimpan daging mentah di dalam kulkas? Jika ya, cobalah untuk merebus daging terlebih dahulu biar lebih awet. Berikut ini Bacaterus akan menunjukkan panduan seputar cara menyimpan daging yang sudah direbus dengan atau tanpa kulkas.


Cara Merebus Daging yang Akan Disimpan


 salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu √ Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar


Sebelum membahas seputar cara menyimpan daging yang sudah direbus, Anda perlu mengetahui cara merebus dagingnya terlebih dahulu. Ada beberapa teknik yang harus Anda lakukan untuk menjaga daging biar lebih empuk dan infinit sesudah direbus. Berikut ini yaitu tips dan trik merebus daging sapi atau daging kambing yang akan disimpan:



  1. Potong daging menjadi beberapa kepingan (jangan terlalu kecil)

  2. Rebus daging di dalam air mendidih bersama bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Untuk merebus daging Anda sanggup menambahkan garam sebab daging sapi mempunyai kadar air yang lebih banyak dibanding daging ayam, sehingga daging sapi tidak gampang kering ketika dibumbui dengan garam

  3. Pastikan Anda merebus daging selama 30 menit biar teksturnya lebih empuk

  4. Setelah itu, angkat daging dan diamkan sejenak hingga panasnya hilang


Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus


 salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu √ Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar


Setelah Anda merebus daging hingga 30 menit, sekarang saatnya Anda menyimpan daging tersebut di dalam kulkas atau di luar kulkas. Berikut yaitu panduan cara menyimpan daging yang sudah direbus ke dalam kulkas:



  • Masukkan daging ke dalam wadah tertutup (jika perlu gunakan tupperware untuk menyimpan daging ini)

  • Letakkan wadah berisi daging ke dalam rak lantai 2 atau 3 di dalam kulkas

  • Daging yang sudah matang sanggup disimpan hingga 2-3 hari, usahakan jangan terlalu usang menyimpan daging yang sudah dimasak biar teksturnya tidak menjadi keras


Sekedar informasi, daging yang sudah direbus tidak sanggup dimasukkan ke dalam freezer, terlebih bila daging itu sudah dibumbui. Masukkan saja daging ke rak lantai 2 atau 3 di dalam kulkas. Dijamin, daging tersebut sanggup bertahan dalam waktu 2-3 hari. Ketika lewat dari 3 hari, daging itu tidak akan rusak tetapi teksturnya jadi lebih keras.


Cara Mengawetkan Daging Tanpa Kulkas


 salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu √ Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar


Jika sebelumnya kami membahas cara menyimpan daging rebus di dalam kulkas, sekarang kami akan banyak sekali cara mengawetkan daging tanpa kulkas. Anda sanggup memakai cara berikut ini untuk mengawetkan daging mentah atau yang sudah direbus, tapi untuk menjaga cita rasa sebaiknya biarkan saja daging dalam keadaan mentah.


Berikut yaitu langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengawetkan daging tanpa perlu menyimpannya di dalam kulkas:



  1. Cucilah tangan dengan sabun anti basil sebelum memulai proses pengawetan daging ini.

  2. Potong daging sapi menjadi beberapa bagian. Setelah itu, Anda sanggup melaksanakan langkah selanjutnya atau merebus daging dulu hingga setengah matang.

  3. Buang darah dari daging, kemudian oleskan seluruh kepingan daging dengan garam dapur dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, balik daging dan kembali oleskan dengan garam dapur pada sisi sebelahnya kemudian biarkan hingga 30 menit.

  4. Lanjutkan dengan kembali mengoleskan garam ke seluruh kepingan daging, kemudian tutup dengan plastic wrap yang kedap udara selama 24 jam.

  5. Setelah 24 jam, buka daging dan bilas daging dengan memakai air mineral. Jangan memakai air kran sebab di dalam air kran mengandung sejumlah basil yang sanggup mempercepat proses pembusukan daging.

  6. Taburkan kembali garam dapur ke seluruh kepingan daging. Usahakan untuk menutup daging dengan garam setebal 2cm di seluruh sisi daging.

  7. Masukkan daging ke dalam wadah kedap udara (boleh memakai tupperware atau sejenisnya).

  8. Tutup wadah rapat-rapat dan letakkan di daerah yang sejuk tanpa perlu memasukkannya ke dalam lemari es.


Metode pengawetan daging sederhana ini sanggup menciptakan daging bertahan hingga 1 tahun. Meskipun daya tahan daging kembali lagi pada kualitas daging yang Anda beli, tetapi cara ini sanggup mengawetkan daging yang kualitasnya tidak terlalu baik hingga berbulan-bulan.


Aneka Cara Mengawetkan Daging


Bila sebelumnya Bacaterus membahas cara menyimpan daging yang sudah direbus sebagai metode pengawetan daging yang paling sederhana, ternyata ada beberapa metode pengawetan daging lainnya yang sanggup Anda pakai. Berikut yaitu macam-macam cara mengawetkan daging secara sederhana tanpa perlu menyimpan daging di dalam kulkas:



  • Pengeringan


 salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu √ Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar


Bukan hanya ikan saja yang sanggup diawetkan dengan metode pengeringan, ternyata daging juga sanggup diawetkan dengan metode ini, lho. Metode ini bekerja dengan menghilangkan kelembaban di dalam daging. Jenis daging yang dikeringkan juga sebaiknya yang tidak berlemak.


Anda harus mengiris daging setipis mungkin sebelum dikeringkan. Setelah itu, rendam daging di dalam larutan garam. Anda juga sanggup menambahkan oregano untuk menciptakan aroma daging jadi semakin sedap. Sebelumnya Anda harus merebus daging terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Daging rebus yang diawetkan dengan metode pengeringan ini sanggup pribadi dimakan.



  • Pengalengan


 salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu √ Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar


Anda niscaya pernah mengonsumsi acar mentimun, bukan? Acar mentimun terbiat dari mentimun yang diawetkan dengan larutan air garam. Bukan hanya mentimun yang sanggup diawetkan dengan cara tersebut, tetapi daging sapi juga bisa, lho.


Sebelumya, tumis daging yang sudah dipotong dadu dengan sedikit minyak hingga warnanya jadi kecoklatan. Masukkan daging ke dalam toples dan lapisi dengan kain yang sudah direndam di dalam cuka, gres tutup toples dengan penutupnya.


Masukkan toples ke dalam panci presto yang sudah dipanaskan selama 10-15 menit sebelumnya, kukus toples berisi daging itu selama 60-90 menit. Cara mengawetkan daging dengan metode pengalengan secara alami ini sanggup menciptakan daging bertahan hingga bertahun-tahun.



  • Pengasapan


 salah satunya yaitu dengan merebus daging itu terlebih dahulu √ Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar


Siapa yang tak kenal bacon? Irisan daging tipis-tipis ini memang sangat nikmat. Anda sanggup menciptakan bacon dari daging sapi atau babi. Gunakan daging dari kepingan perut untuk menciptakan bacon. Bumbu yang digunakan untuk menciptakan bacon ini sanggup dikreasikan sesuai selera, tapi resep standarnya yaitu garam kosher, garam merah muda, gula merah, madu, lada merah, paprika, dan biji jintan.


Daging akan dimasukkan ke dalam plastik kedap udara bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian, daging tersebut disimpan di kulkas selama 7-10 hari. Setelah 7-10 hari, daging akan dicuci dan segera diasapi hingga matang. Bacon sanggup bertahan hingga berbulan-bulan, lho.


Serba-serbi cara menyimpan daging yang sudah direbus ini akan membantu Anda menciptakan daging rebus jadi lebih awet. Bahkan, bila Anda memakai metode pengawetan daging lainnya, daging tersebut sanggup bertahan usang tanpa perlu dimasukkan ke dalam kulkas, lho.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Menyimpan Daging Yang Sudah Direbus Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel