iklan

✔ Sejarah Peringatan Hari Armada Republik Indonesia

 Hari Armada diperingati setiap tanggal  ✔ Sejarah Peringatan Hari Armada Republik Indonesia

Tanggal berapa Hari Armada di peringati? Hari Armada diperingati setiap tanggal 5 Desember, dan pada tahun 2018 peringatan Hari Armada RI yang ke-73 tahun, tapi apakah Anda tahu terdapat sejarah panjang diperingatinya Hari Armada.

Sejarah Hari Armada pertama kali dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Pada waktu itu, kekuatan yang dimiliki Armada RI hanya berupda kapal yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan persenjataan yang sederhana. 

Dalam misi penugasan untuk mempertahankan kemerdekaan RI, Armada RI telah sukses mengerjakan beberapa operasi di lautan, salah satunya yaitu keberhasilan Armada RI dalam kiprah menerobos blokade bahari Belanda. Selain itu Armada RI juga berhasil dalam misi mengirimkan p0juang kemerdekan yang ditugaskan di banyak sekali pulau jawa.

Sejarah Peringatan Hari Armada Republik Indonesia


Sejak ratifikasi kemerdekaan NKRI, Armada RI menambah kekuatannya secara sedikit demi sedikit dengan mengambil kapal dari Belanda dan pengadaan persenjataan dari negara lainnya. Dengan perlengkapan persenjataan dikala ini, Armada RI berperan penting dalam pembasmian pemberontakan di Tanah air Indonesia. Salah satu penumpasan pemberontakan yang dilakukan Armda RI ialah pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta.

Baca juga : Sejarah Hari Artileri 

Berlandaskan Surat Keputusan Panglima ABRI Nomor : Kep.171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada Republik Indonesia di bagi menjadi dua daerah wilayah operasi, Yang pertama Armada Republik Indonesia Kawasan Barat dan Armada Republik Indonesia Kawasan Timur. Selanjutnya pada tanggal 5 Desember di memutuskan sebagai hari lahirnya Armada RI berdasarkan  Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987 yang lalu disebut sebagai Hari Armada.
Sumber http://www.masigun.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sejarah Peringatan Hari Armada Republik Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel