iklan

Pengertian Cloud Computing Atau Komputer Awan

Pengertian atau Definisi Cloud Computing - Komputasi awan beberapa tahun terakhir telah menjadi " buzzword " terpanas didunia IT - Teknologi informasi. Seluruh nama besar menyerupai IMB, Microsoft, Google, dan Apple, dikala ini sedang terlibat dalam peperangan untuk menjadi penguasa terbesar cloud computing ini, dan tentu saja masing-masing di antara mereka mengeluarkan jurus yang paling ampuh untuk menguasainya.

IBM di paruh tahun 2009 meluncurkan LutosLive, layanan kerja sama berbasis cloud, Micrososft mengeluarkan Windows Azure, sistem operasi yang berbasis cloud yang akan menjadi masa depan OS Windows, Apple mengambil sisi lain dan telah menyediakan Mobile Me yang memungkinkan pengguna Mac untuk melaksanakan sincronisasi data kedalam cloud.

Pengertian atau Definisi Cloud Computing  Pengertian Cloud Computing atau Komputer Awan


Sementara itu Google satu-satu nya raksasa yang lahir diera Internet, sudah usang mengeluarkan Google Docs yang memungkin para pengguna menciptakan dokumen atau bekerja dengan spreadsheet secara online tanpa perlu menginstall software di PC atau notebook. Bahkan Google sudah mengeluarkan sistem operasi cloud nya Chome OS yang akan menjadi bahaya serius bagi para penyedia sistem operasi lain.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Cloud Computing

Jika kita mencari di search engine dengan kata kunci "Cloud Computing", maka dalam sekejap ratusan artikel dan makalah perihal cloud computing akan muncul, dari mulai yang lengkap hingga yang singkat, namun semua setuju bahwa inti dari definisi cloud computing adalah layanan teknologi warta yang dapat diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet, secara harfiah cloud yaitu awan. 

Sedangkan berdasarkan istilah dunia IT cloud yaitu jaringan internet - Internet Cloud, Simple nya cloud computing yaitu sebuah prosedur yang memungkinkan kita menyewa sumber daya teknologi warta menyerupai software, processing, power, Storage, dan lain-lain melalui internet dan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan kita.


Manfaat cloud computing dengan konsep menyerupai ini yaitu makin banyak orang yang dapat mempunyai terusan dan memanfaatkan sember daya tersebut dengan tanpa harus melaksanakan investasi besar-besaran. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang menyerupai sekarang, setiap organisasi akan berfikir ulang untuk berinvestasi pemanis dasi sisi IT. Terlebih hanya untuk mendapat layanan yang mungkin akan di perlukan sewaktu-waktu saja.


Sejarah Singkat Cloud Computing

Ide awal dari cloud computing dimulai semenjak tahun 1960-an, dikala john McCarthy, yang merupakan pakar komputasi MIT yang dikenal juga sebagai salah satu pionir intelejensia buatan, memberikan visi bahwa suatu hari nanti cloud computing atau komputasi akan menjadi infrastuktur publik menyerupai halnya telepon dan listrik, namun pada tahun 1995 seorang Oracle yang berjulukan Larry Ellison, memunculkan inspirasi "Network Computing" sebagai kampanye untuk menggugat dominasi micrososft yang dikala itu sudah merajai dekstop computing dengan windows 95 nya.

Larry Ellipson memperlihatkan inspirasi bahwa bersama-sama pengguna tidak membutuhkan aneka macam software mulai dari sistem operasi hingga sofware lainnya yang di instal kedalam PC dekstop mereka, PC dekstop dapat digantikan oleh sebuah terminal yang pribadi tersambung dengan sebuah server yang menyediakan environment yang berisi aneka macam kebutuhan software yang siap di terusan oleh pengguna.
Ide Network Computing ini sempat memanas dengan muncuknya beberapa pabrikan menyerupai Sun Microsystem  dan Novel Netware yang memperlihatkan network computing client sebagai pengganti dekstop. Namun Gerungan network computing lenyap dengan sendirinya alasannya yaitu persoalan jaringan pada dikala itu belum memadai sehingga terusan network komputing sangat lambat.

Baca juga: Sejarah Internet
Selanjutnya komputasi awan bergulir menyerupai bola salju yang menyapu dunia teknologi, dumulai tahun 2005 mulai muncul inisiatif yang didorong oleh nama-nama besar menyerupai amazon.com yang meluncurkan Amazon EC2, Google dengan App Angine nya.

Tak ketinggalan raksasa biru IBM meluncurkan Blue Cloud Initiative, dan lain-lain. Semua inisiatif ini masih terus bergerak dan mencari bentuk terbaiknya, baik dari sisi praktik atau dari sisi akademis, alhasil menyerupai yang kita saksikan kini seluruh nama-nama besar terlibat dalam peperangan cloud computing ini.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Cloud Computing Atau Komputer Awan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel