iklan

Berita Bisnis Hari Ini, Isu Menjelang Tahun 2016

 menjelang tamat tahun menyerupai ini saatnya kita mulai menelisik apa yang akan menjadi isu  Berita Bisnis Hari Ini, Isu Menjelang Tahun 2016Sahabat PoBis, menjelang tamat tahun menyerupai ini saatnya kita mulai menelisik apa yang akan menjadi isu terpanas untuk pembukaan awal tahun depan di tahun 2016. Apa info bisnis hari ini yang akan menjadi titik besar bagi perkembangan bisnis 2016? Berikut beberapa ulasannya untuk Anda.



  • Prediksi mengenai perkembangan bisnis digital

    Salah satu isu yang belakangan ini muncul di permukaan yaitu prediksi banyak pakar mengenai perkembangan dunia digital yang akan semakin marak berikut dengan kesertaan dunia bisnis di dalamnya. Bahkan dalam beberapa prediksi pakar bisnis diperkirakan di ahun 2016, perputaran uang akan berpusar lebih berpengaruh dari dunia digital ketimbang dunia konvensional, terutama untuk pasar kalangan menengah.

    Ini dikaitkan dengan perkembangan penggunaan sarana internet dan digital yang semakin berpengaruh dan semakin tinggi. Tingkat kepemilikan jaringan internet yang sangat tinggi juga fasilitas jalan masuk yang sudah semakin luas. Juga dikaitkan dengan tingkat perkembangan kelompok eknomi menengah yang semakin tinggi dan dianggap tetap akan menandakan angka peningakatn signifikan di tahun 2016.

    Dengan ini diperkirakan semakin banyak saja bisnis konvensional yang melirik dunia digital sebagai media pemasaran baru, juga semakin banyak pelaku bisnis dengan start up terbaru dan kaya inovasi. Dan ini merupakan salah satu berita bisnis hari ini yang akan selalu hot di tahun 2016.

  • Semakin berpengaruh dorongan terhadap permodalan UMKM

    Pemerintah sendiri sudah menandakan janji untuk mendorong UMKM dari sisi sarana dan permodalan. Dan sekarang beberapa bank nasional dan forum non bank serta beberapa instansi dan korporasi sudah bersinergi menyediakan sejumlah dana untuk membantu duduk perkara permodalan UMKM.

    Diperkirakan akan turun dana setidaknya di atas 10 trilyun untuk menyokong aneka macam ragam perjuangan kecil menengah diberbagai tempat dan dalam aneka macam bidang usaha. Ini mencakup seluruh dana dari pemerintah dan dana swasta serta instansi BUMN yang menjadi bentuk dedikasi masyarakat.

  • Tenaga kerja terbatas

    Dunia IT berkembang dan di dalamnya diperlukan tenaga jago yang mumpuni dalam bidang IT. Karena sekarang segala bidang membutuhkan pemahaman yang baik dalam bidang IT, apapun itu latar belakang pendidikannya, baik itu akuntansi, teknologi mesin, hingga kesehatan dan hubungan manusia.

    Sayangnya, beberapa pakar memandang SDM di Indonesia belum sepenuhnya siap menghadapi perkembangan teknologi IT ini terutama dari masyarakat daerah. Keterbatasan kemampuan bahasa Inggris yang terang menjadi bahasa standar pergaulan internasional hingga kemampuan dalam pengoperasian internet dan computer yang masih serba pas-pasan dianggap mengakibatkan persaingan kerja menjadi cukup sengit.

    Beberapa orang akan kesulitan menerima pekerjaan dan kesudahannya hanya menerima pilihan yang sempit dengan persaingan ketat. Sedang beberapa yang lain harus kebanjiran undangan dari aneka macam pihak sebab dianggap sangat layak.

  • Isu Smart city

    Berita bisnis hari ini mengenai isu smart city akan selalu mewarnai info bisnis 2016. Meski mungkin untuk direalisasikan secara harfiah isu ini belum bisa sepenuhnya berjalan. Tetapi pada beberapa lokasi di kota besar, terang sudah ada persiapan yang cukup memadai menuju arah tersebut.

    Dengan konsep smart city maka referensi pelayanan dan operasional kota akan dikendalikan dan berjalan dalam naungan dunia digital. Dan ini bisa menjadi sebuah potensi gres bagi Anda yang tertarik pada dunia bisnis, untuk berperan dalam pembentukan dan persiapan menuju konsep kota akil ini.

  • Bisnis jasa semakin berkembang

    Potensi bisnis jasa memang diperkirakan semakin menggeliat seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan kepraktisan dan kemudahan. Sehingga pasar tidak lagi melihat nilai ekonomi yang harus mereka keluarkan tetapi nilai kepraktisan yang bisa mereka dapatkan.

    Akan semakin berkembang aneka macam jasa asistensi online, jasa pengantaran online, jasa perencanaan online bahkan beberapa jasa-jasa online lain yang mungkin sifatnya sebagai start up. Tidak hanya dalam dunia online, bisnis jasa bertajuk offline dan konvensional juga diperkirakan terus berkembang.

  • Harga dollar masih fluktuatif depresiasi

    Fluktuasi harga dolar masih akan mendominasi info bisnis hari ini sepanjang tahun 2016. Harga rupiah terhadap dollar diperkirakan masih relatif rendah namun berfluktuasi mengingat pemerintah sendiri masih berupaya mengembalikan harga dollar atau setidaknya membantu memberi penahan harga.

    Dengan harga rupiah terhadap dollar yang rendah, maka sektor swasta eksportir akan diuntungkan dengan harga jual yang ketika dikonversi ke dalam rupiah menjadi 1,5 kali lebih menuntungkan. Sementara di sisi lain kondisi ekonomi mikro secara umum masih stabil sehingga kondisi dollar ini malah menjadi laba bagi para eksportir, pebisnis online skala global dan penyedia jasa skala internasional.


Itu tadi beberapa info bisnis hari ini yang diperkirakan akan memberi efek terhadap kondisi perkembangan bisnis Indonesia di tahun 2016, baik dalam skala makro maupun mikro. Bagaimana dengan estimasi bisnis Anda sendiri di tahu 2016?


sumber gambar: dailymail.co.uk



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berita Bisnis Hari Ini, Isu Menjelang Tahun 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel