iklan

Pengertian Hub Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian Hub dan Fungsinya - Apa itu Hub? Hub yaitu salah satu dari banyak sekali jenis perangkat keras komputer yang memainkan tugas yang sangat penting dalam jaringan komputer. Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga bila Hub rusak maka semua jaringan komputer sanggup terganggu atau terganggu.

Secara umum, hub mengacu pada perangkat keras yang memungkinkan beberapa perangkat atau koneksi untuk dihubungkan ke komputer. Contoh lain yaitu hub USB, yang memungkinkan beberapa perangkat USB dihubungkan ke satu komputer, meskipun komputer mungkin hanya mempunyai beberapa koneksi USB.

Jenis Hub Dan Fungsinya

Hub berfungsi sebagai perangkat keras komputer yang mendapatkan sinyal dari komputer dan berfungsi sebagai titik pusat yang menghubungkan semua komputer dalam jaringan. Hub juga bertindak sebagai penguat sinyal, konsentrator, dan konektor kabel UTP.

Hub umumnya dipakai untuk menghubungkan segmen dari LAN. Sebuah hub berisi beberapa port. Ketika sebuah paket datang di satu port, itu akan disalin ke port lain sehingga semua segmen LAN sanggup melihat semua paket.

 Hub yaitu salah satu dari banyak sekali jenis perangkat keras komputer yang memainkan tugas y Pengertian Hub Dan Fungsinya Serta Jenisnya
Gambar HUB


Dilihat dari fungsinya, Hub dibagi menjadi dua jenis:

a. Hub Pasif
Pasif Hub yaitu hub yang berfungsi sebagai pembagi jaringan atau pembagi tetapi tidak memperkuat sinyal sehingga hub ini tidak memerlukan daya listrik tambahan.

Hub pasif disebut termasuk fitur pemanis yang memungkinkan direktur untuk memantau kemudian lintas yang melewati hub dan mengkonfigurasi setiap port di hub

b. Hub Aktif
Fungsi Hub aktif sebagai jalur fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, tetapi hub aktif akan berfungsi bila ada listrik

Hub intinya yaitu pembagi sinyal. Ketika ada satu paket yang memasuki satu port di hub, itu sanggup disalin ke port lain di hub yang sama dan semua komputer yang terhubung pada hub yang sama sanggup membaca paket.

Setiap host yang terhubung ke hub sanggup melihat paket ini tetapi hanya host yang dimaksudkan yang sanggup memprosesnya. Ini akan mengakibatkan duduk masalah kemudian lintas jaringan, sebab paket yang ditujukan pada satu host bekerjsama dikirim ke semua host.

Baca juga
Pengertian Repeater dan Fungsinya
Pengertian Router dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan Hub

Keuntungan dari Hub yaitu memungkinkan pengguna untuk sanggup membagi pada jalur yang sama, mempunyai banyak port (4 sampai 24 port ditambah 1 untuk server atau hub lain.)

Kekurangan Hub yaitu sanggup membuatkan jalur yang sama sehingga kecepatan komunikasi juga harus dibagi dengan hub lain.

Karakteristik Hub
Perangkat Hub mempunyai beberapa port yang sanggup mendapatkan kabel jaringan, menyerupai kabel UTP atau koaksial. Hub mempunyai banyak variasi ukuran, Hub dalam ukuran kecil mempunyai 4 port. Tetapi Hub yang besar akan berisi 8, 12, 16, dan bahkan 24 port.

Hub sanggup terhubung dan berfungsi sehingga semua komputer di segmen tersebut akan mengakses dan berkomunikasi satu sama lain memakai konsep topologi jaringan.

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Kesimpulan: Hub yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk penguat sinyal dan sebagai titik sentral untuk menghubungkan jaringan komputer.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Hub Dan Fungsinya Serta Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel