iklan

Pengertian Epidemiologi Berdasarkan Para Andal | Tujuan, Sejarah, Manfaat Dan Perananan Epidemiologi

Pengertian Epidemiologi – Kalian pernah mendengar kata “Epidemiologi”? Nah kali ini Ayoksinau.com akan membahas Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli, Tujuan Epidemiologi, Sejarah, Manfaat, Epidemiologi Perananan Bidang Kesehatan Mengapa Petugas Kesehatan Harus Mengetahui Epidemiologi? Mari kita pelajari bersama.

Epidemiologi ialah  model cornerstone penelitian kesehatan masyarakat, serta membantu mengembangkan dan menginformasikan kedokteran berbasis eveidence based medicine sebagai pengidentifikasian faktor-faktor risiko penyakit dan memilih pendekatan penanganan secara khusus yang optimal.

 akan membahas Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli | Tujuan, Sejarah, Manfaat dan Perananan Epidemiologi
Epidemiologi

Epidemiologi Menurut Center Of Disease Control (Cdc) 2002, ialah suatu studi yang mempelajari penyebaran dan Determinan penyakit masyarakat keadaan kesehatan pada masyarakat dan penerapannya sebagai pengendalian penanganan persoalan kesehatan.  Epidemiologi sanggup juga di sebut Riset.

Epidemiologi berdasarkan Leedy (1974), Pencarian sistematis terhadap kebenaran yang belum terungkap.

Tujuan Epidemiologi Dalam Masyarakat

Tujuan epidemiologi dalam kehidupan masyarakat, contohnya :

1) Pada ketika masyarakat keracunan masal, dengan menerapkan ilmu epidemiologi sanggup di selidiki penyebab keracunan tersebut.

2) Untuk mencari tahu relasi antara karsinoma paru-paru dan asbes, Merokok dan penyakit jantung dan relasi penyakit dan masalah-masalah kesehatan lainnya.

3) Menentukan apakah hipotesis awal percobaan binatang tetap konsisten dengan data-data epidemiologis.

4) Memperoleh informasi dan pengetahuan dipakai sebagai materi pertimbangan dalam menyusun perencanaan, penanggualangan persoalan kesehatan, dan memilih prioritas keseahatan masyarakat.

Menurut Risser (2000), tujuan epidemiologi adalah:

  • Untuk menjelasakan penyebaran, riwayat rekam medis alamiah suatu penyakit ataupun keadaan kesehatan masyarakat.
  • Menjelaskan dan mensimulasikan etiologi penyakit.
  • Meramalkan prediksi kejadian penyakit.
  • Mengendalikan penyebaran penyakit dan persoalan kesehatan populasi.

Manfaat Epidemiologi Dalam  Masyarakat

Apabila Epidemiologi sanggup diterapkan dengan baik, maka sangat bermanfaat bagi masyarakat:

1) Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan.

Dapat membantu pekerjaan Perencanaan Planning pelayanan kesehatan, pengawasan Monitoring dan Penilaian Evaluation dalam upaya kesehatan. Data yang diperoleh sanggup dimanfaatkan untuk melihat apakah upaya dilakukan telah sesuai dengan rencana.

2) Dapat meneliti Penyebab Suatu Masalah Kesehatan.

Dengan epidemiologi di dalam kesehatan sanggup diketahui penyebab persoalan kesehatan, sehingga sanggup disusun langkah-langkah untuk menanggulangi persoalan tersebut.

3) Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Suatu Penyakit.

Penyekit merupakan persoalan kesehatan yang paling sering. Adanya ini sanggup dijelaskan Riwayat Alamiah Perkembangan Penyakit Natural History of Disease

4) Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan.

Mempelajari mengenai frekwensi dan penyebaran permasalah kesehatan, sehingga akan memperoleh klarifikasi perihal keadaan persoalan kesehatan.

Peranan Epidemiologi Dalam Masyarakat

Epidemiologi memiliki perananan dalam bidang kesehatan yang cukup besar sanggup dipergunakan untuk:

  • Sangat mengadakan anlisis penelitian jalannya penyakit masyarakat dan perubahan yang mungkin
  • Mendeskripsikan dan menjelaskan pola penyakit pada masyarakat.
  • Mendeskripsikan dan menjelaskan relasi dinamika penududuk dan penyebaran penyakit.

Mengapa Petugas Kesehatan Membutuhkan Pengetahuan Epidemiologi ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, sanggup mengunakan tanggapan dibawah ini:

  • Dalam teknologi ilmu kedokteran telah banyak menngalami kemajuan, tetapi masih banyak penyebab penyakit yang belum diketahui peyebab riwayat kronis, penyakit yang belum pernah terjadi dan penyakit baru-baru ini. Pendekatan epidemiologi ialah cara yang paling efektif dan efisien mengungkapkan penyebab tersebut.
  • Keberhasilan percobaan yang sudah dilakukan pengobatan penyakit atau pencegahan penyakit di klinik atau di laboratorium.
  • Distribusi penyakit yang didapat di rumah sakit harus sesuai dengan kondisi masyarakat.
  • Untuk peningkatan di bidang kesahatan masyarakat melalui pelayanan kesahatan sangat di butuhkan informasi perihal jumlah penyakit, penyakit pada umumnya,
  • Menghadapi persoalan kesehatan pencegahan penyakit atau pengobatan menyerupai sanggup diadakannya imunisasi disetiap desa, yang gunanya untuk mencegak vaksin, campak dan lain-lain.

Semoga ilmunya bermanfaat mengenai Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli, Tujuan Epidemiologi, Sejarah, Manfaat, Epidemiologi Perananan Bidang Kesehatan Mengapa Petugas Kesehatan Harus Mengetahui Epidemiologi, kunjungi terus Ayok.sinau.com disana aneka macam artikel-artikel menarik.

Baca juga:

Wawancara: Pengertian, Tujuan, Jenis, Petunjuk Melakukan Wawancara, serta Keuntungan dan Kelebihan Wawancara | Ayoksinau.com

Pengertian Strategi Menurut Ahli, Perumusan Strategi, Tingkat-Tingkat Strategi, Jenis-jenis Strategi dan Contoh Strategi | Ayoksinau.com

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Epidemiologi Berdasarkan Para Andal | Tujuan, Sejarah, Manfaat Dan Perananan Epidemiologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel