iklan

Pengertian Besaran Vektor Dan Besaran Skalar


Pengertian besaran vektor dan besaran skalar-Halo semua, berjumpa lagi dalam blog penuh dengan ilmu pengetahuan ini :). Kali ini pak guru akan menguraikan bahan fisika yang biasanya menajdi awal pembahasan bila ingin memahami fisika lebih mendalam. Bahkan belahan ini merupakan dasar yang perlu dikusai bila ingin gampang memahami FISIKA. Apa itu? Yepp,,, belahan Besaran. Besaran merupakan suatu kuantitas yang dinyatakan dengan nilai dan satuan. Kaprikornus dalam Fisika perlu menyatakan sesuatu secara eksak (pasti) dan ada nilainya berapa yang biasanya disebut dengan BESARAN.

Besaran dalam fisika ada dua macam yakni besaran pokok dan besaran turunan. Nah dari besaran turunan tersebut nanti akan terdapat besaran yang berupa besaran vekor dan besaran skalar. Besaran pokok biasanya termasuk besaran skalar. Terus apa itu besaran vektor dan besaran skalar?

Besaran vektor yakni besaran dalam fisika yang mempunyai besar (magnitude) dan arah (direction). Kaprikornus dalam mengungkapkan besaran ini tidak cukup hanya besarnya saja, tetapi perlu menyebutkan arahnya kemana. Karena arah berbeda dengan besar yang sama akan berbeda alhasil bila sudah masuk dalam perhitungan. Contoh besaran ini yakni Gaya (Force), kecepatan (velocity), torsi (torque), perpindahan (displacement), momentum, percepatan, luasan, berpengaruh medan magnet (H), berpengaruh medan listrik (E), dll.

Besaran skalar yakni besaran yang cukup dinyatakan dengan besarnya saja (magnitude) tanpa mempedulikan arahnya. Contoh besaran ini yakni jarak, kelajuan, energi, usaha, tekanan, massa, waktu, berpengaruh arus listrik (I) dll.
Nah itulah perbedaan dan pengertian besaran vector dan besaran scalar, biar tidak keliru ya dalam memahami fenomena dan kasus-kasus dalam fisika J. Fisika itu asyik ya :)

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Besaran Vektor Dan Besaran Skalar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel