iklan

√ Bumil, Inilah 10 Masakan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah. Ketika karenanya hamil, tentunya Anda harus menjaga kehamilan dengan sebaik mungkin. Trimester awal yakni masa paling rentan untuk ibu hamil. Waktu trimester yakni ahad ke 1 – 12 alias tiga bulan pertama kehamilan.


Asupan masakan merupakan hal yang sangat penting dan harus dijaga benar-benar kalau Anda menginginkan janin sanggup berkembang dan tumbuh sehat. Pemilihan masakan yang tepat untuk trimester akan menunjang perkembangan janin, kesehatan Anda, serta sanggup mengurangi mual, muntah, dan hilang nafsu makan.


Pada kesempatan kali ini, Bacaterus mau menyebarkan tips kiranya apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Tidak hanya baik untuk perkembangan janin, tapi untuk kesehatan Anda juga. Ingin tahu? Baca selengkapnya di bawah ini.


10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda


1. Ikan


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: chriskresser.com


Makanan yang baik untuk ibu hamil muda yakni ikan. Mungkin Anda pernah mendengar warta simpang siur wacana ancaman ikan untuk janin. Memang, ada ikan tertentu yang berbahaya, tapi bukan berarti semua jenis ikan berbahaya, ya.


Sayangnya, ada saja orang yang ragu makan ikan ketika sedang hamil alasannya yakni takut akan ancaman merkuri. Padahal, ibu hamil membutuhkan paling sedikit 12 ons ikan setiap harinya untuk kesehatan. Ikan mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang sanggup membantu pembentukan otak janin. Jadi, aman-aman saja makan ikan selama hamil, dan justru Anda membutuhkannya.


Akan tetapi, perhatikanlah kandungan ikan tersebut. Hindari ikan yang mengandung merkuri ibarat ikan hiu, ikan makarel raja, ikan todak (ikan pedang), ikan tuna bigeye, dan ikan tuna sirip kuning. Kenapa harus dihindari? Karena merkuri sanggup mengganggu perkembangan jabang bayi.


Sebaliknya, carilah ikan yang mengandung banyak selenium (salah satu zat mineral). Selenium bekerja untuk melindungi kelenjar tiroid dan metabolisme tubuh. Selenium akan mencegah timbulnya dan menyebarnya kerusakan di dalam badan tanggapan radikal bebas. Ikan yang mengandung selenium yakni salmon, gurita, cumi-cumi, dan tiram.


Tapi, jangan pernah berpikir untuk memakan ikan-ikan ini secara mentah, ya! Pasalnya, ikan mentah sanggup menjadi sumber benalu jahat dan bakteri. Ikan mentah juga sanggup meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh, sehingga kurang baik untuk janin.


Badan Pengawas Obat dan Makanan di seluruh dunia merekomendasikan para perempuan hamil untuk makan ikan yang sudah dimasak sampai matang saja.


2. Kacang-kacangan


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: theblueroom.bupa.com.au


Daftar makanan yang baik untuk ibu hamil muda yang ke-2 yakni legumes alias kacang-kacangan. Kelompok masakan ini termasuk kacang polong, lentil, kacang tanah, almond, kacang kedelai, kacang arab, walnut, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya.


Kacang-kacangan merupakan sumber protein, serat, folat (B9), besi, dan kalsium. Semua zat ini sangat diperlukan dalam masa kehamilan. Apalagi kandungan salah satu vitamin B9, yaitu folat, yang sangat diperlukan janin pada trimester pertama.


Untuk mencukupi kebutuhan folat harian janin, tambahkan kacang-kacangan pada masakan Anda. Misalnya dengan memasukkan kacang polong pada nasi goreng, menciptakan kacang jadi bubur (seperti bubur kacang hijau), atau Anda sanggup juga menimbulkan kacang-kacangan sebagai camilan.


3. Produk Susu


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda


Makanan yang baik untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah dairy products alias produk susu. Belum tahu apa saja produk susu? Yaitu semua masakan dan minuman yang dibentuk dari susu mamalia (biasanya sapi dan kambing) maupun susu dari nabati (seperti susu kedelai dan susu almond). Produk-produk tersebut di antaranya yakni susu, yogurt, keju, dan mentega.


Selama kehamilan, Anda membutuhkan protein dan kalsium lebih banyak daripada ketika sebelum hamil. Karena, banyak dari protein dan kalsium akan diserap oleh janin Anda.


Dengan terpenuhinya kebutuhan protein serta kalsium, pertumbuhan janin akan jadi lebih baik lagi. Produk susu penting juga untuk memperbaiki jaringan yang rusak, membantu pembentukan otot, dan melancarkan transportasi oksigen pada janin.


Beberapa masakan dan minuman produk susu yang dianjurkan untuk ibu hamil yakni susu kedelai, alasannya yakni susu ini mengandung vitamin D yang tinggi dan dibentuk dari nabati, sehingga sanggup menjadi alternatif buat Anda yang merasa eneg minum susu sapi.


Selain susu kedelai, yogurt (terutama Greek Yogurt) merupakan masakan yang sangat baik untuk ibu hamil alasannya yakni mengandung kalsium yang sangat tinggi melebihi produk susu lainya.


Dianjurkan pula untuk Anda meminum susu khusus ibu hamil alasannya yakni produk tersebut telah mengandung zat-zat yang diperlukan ibu dan janin. Susu ibu hamil sanggup melengkapi kebutuhan harian Anda kalau Anda susah makan. Hindarilah mengonsumsi susu murni (susu yang belum dipasteurisasi) alasannya yakni sanggup saja mengandung basil dan zat yang berbahaya untuk janin.


4. Buah


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: www.allaboutwomenmd.com


Selain ikan, kacang-kacangan, dan susu, makanan yang baik untuk ibu hamil muda yakni buah-buahan. Hayo, siapa yang malas makan buah? Pada ketika trimester pertama, janin sangat membutuhkan vitamin dari buah-buahan ibarat vitamin A, vitamin C, sampai zat besi.


Setidaknya, Anda harus makan buah dua kali dalam sehari, yaitu sebagai masakan ringan pagi menuju siang dan sehabis makan siang. Buah juga sanggup menjadi pengganti masakan ringan ketika Anda merasa eneg dan malas makan. Jika bosan, Anda sanggup membuat smoothies atau jus sendiri di rumah.


Tapi, ketika Anda makan di luar rumah, hindarilah mengonsumsi jus segar (jus yang belum dipasteurisasi) alasannya yakni sanggup saja mengandung basil jahat. Jika Anda ingin mengonsumsi jus, lebih baik beli yang kemasan botol atau karton di supermarket yang sudah dilabeli “telah dipasteurisasi.”


5. Sayur


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: www.webmd.com


Sahabatnya buah tentu yakni sayur. Anda harus makan sayur setiap harinya. Bahkan, akan lebih baik lagi jika jumlah sayur yang Anda konsumsi lebih banyak daripada karbohidrat. Sayuran yang paling manis untuk perempuan yang sedang hamil yakni sayuran hijau renta ibarat brokoli, seledri, sawi, dan lain-lain.


Akan tetapi, jangan hanya makan yang hijau-hijau saja, ya! Pasalnya, Anda harus makan majemuk sayur lainnya juga semoga janin mendapat nutrisi seimbang. Oh, iya, hindarilah memakan sayuran dan buah-buahan yang belum dicuci alasannya yakni sanggup saja mengandung benalu toksoplasma.


Untuk itu, selalu basuh higienis buah dan sayur yang Anda konsumsi memakai air mengalir. Dan, jangan pakai sabun walaupun produk tersebut dibilang ‘aman’ untuk buah dan sayur, tapi tetap saja jangan digunakan. Jika Anda kesulitan mencuci buah dan sayur, gunakan sikat khusus untuk mencuci buah dan sayur saja.


6. Sereal


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: www.fitpregnancy.com


Makanan yang baik untuk ibu hamil muda yang ke-6 yakni sereal. Ketika hamil, perempuan lebih rentan terjangkit gangguan pencernaan ibarat mulas, sembelit, sampai diare.


Semua ini diakibatkan oleh progesteron, yaitu hormon yang diproduksi indung telur untuk melemaskan otot perut dan memperlambat pencernaan. Tapi, hening saja, ada cara untuk mengatasi dilema ini, yaitu dengan mengonsumsi serat.


Serat sanggup Anda dapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Serat yakni zat yang tidak akan dicerna tubuh, justu serat akan mengikat kotoran serta racun sekaligus membersihkan kanal pencernaan.


Anda sanggup juga mendapat kebutuhan serat dari sereal. Carilah sereal yang mengandung tinggi serat dan kalau sanggup mengandung zat lainnya ibarat vitamin, mineral, karbohidrat, dan kalsium juga.


7. Ubi Jalar


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda


Suka umbi-umbian? Kabar baik, alasannya yakni ada satu umbi yang manis banget buat ibu hamil, yaitu ubi jalar. Ubi ini sering disebut juga sebagai ubi manis alasannya yakni kalau sudah dimasak rasanya memang enak, pulen, dan manis. Ubi jalar kaya akan beta-karoten, senyawa tumbuhan yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.


Setiap perempuan hamil membutuhkan vitamin A sebanyak 10 – 40%. Kenapa? Karena vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan janin. Akan tetapi, vitamin A yang bersumber dari hewani sangat kurang baik untuk badan Anda dan janin. Maka dari itu, beta-karoten yang dimiliki ubi jalar merupakan yang paling kondusif untuk Anda.


8. Daging Tanpa Lemak


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: www.youngparents.com.sg


Di urutan ke-8 masakan yang baik untuk ibu hamil muda ada lean meat alias daging tanpa lemak. Daging ini tidak hanya mencakup sapi saja, tapi sanggup juga babi, ayam, dan ikan. Walaupun yang terbaik untuk ibu hamil memang daging sapi dan babi alasannya yakni kaya akan zat besi, kolin, vitamin B, dan masih banyak lagi yang memang diperlukan dalam jumlah tinggi dalam masa kehamilan.


Akan tetapi, hindarilah memakan daging yang belum matang tepat apalagi makan daging mentah. Kenapa? Karena daging mentah mengandung banyak basil yang sanggup membahayakan janin. Jadi, kalau Anda suka steak yang masih belum matang dalamnya, sebaiknya dihindari dulu, ya.


9. Buah Kering


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

* sumber: www.healthline.com


Tidak hanya buah-buahan segar, buah-buahan kering juga manis untuk ibu hamil. Buah-buahan kering yakni buah yang diproses dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari atau pun alat buatan dengan tujuan untuk mengawetkan secara alami, menjaga rasa, serta menjaga aroma dari buah tersebut.


Buah kering mengandung kalori, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi. Satu potong buah kering mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan buah segar. Buah-buahan kering di antaranya yakni kurma, kismis, apel, anggur, stroberi, dan kiwi.


Buah kering telah mengandung kalori yang tinggi alasannya yakni kandungan gula di dalamnya meningkat secara alami. Untuk itu, hindarilah candied dried fruit alias buah kering yang dikaramelkan, alasannya yakni nanti kandungan gulanya malah jadi berlebihan. Walaupun buah kering sangat manis untuk Anda dan janin, tidak disarankan untuk mengonsumsi buah kering lebih dari 1 porsi setiap harinya.


10. Vitamin


Kehamilan yakni hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang telah menikah √ Bumil, Inilah 10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda


Makanan yang baik untuk ibu hamil muda yang terakhir yakni vitamin. Walaupun sanggup didapatkan dari masakan dan minuman, pada kenyataannya banyak ibu hamil yang kekurangan vitamin alasannya yakni jarang makan. Alasannya yakni alasannya yakni rasanya eneg kalau harus makan, sehingga badan pun kekurangan asupan vitamin.


Sangatlah penting untuk menambah vitamin di dalam list embel-embel makan Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, kiranya vitamin apa yang kurang Anda konsumsi, maka Anda pun sanggup memenuhi kebutuhan yang paling tepat.


Daftar masakan yang baik untuk ibu hamil muda telah selesai Bacaterus bahas. Bagaimana, tidak sulit, kan, memperlihatkan nutrisi sehat dan seimbang untuk jabang bayi Anda? Jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi air putih sebanyak 10 – 12 gelas sehari dan olahraga ringan juga. Salam elus untuk baby-nya, ya!



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Bumil, Inilah 10 Masakan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel