iklan

Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berguru   Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya
gambar budidaya lebah madu

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berguru  budidaya lebah madu, dan mengenal lebih dekat tetang hewan penghasil madu ini. Semua orang mengkonsumsinya, dari balita hingga para manula, dari ibu hamil hingga atlet olahraga, Ialah Madu. Cairan yang berasal dari Lebah ini memang sudah menjadi konsumsi utama masyarakat masa kini.Jadi sangatlah menggiurkan jikalau Anda memutuskan untuk Budidaya Lebah Madu.


Pangsa pasar yang gampang dan sangat menjanjikan menciptakan perjuangan budidaya lebah madu tidak kesulitan menjual madu yang dihasilkannya.Khasiatnya yang banyak baik untuk pengobatan penyakit maupun adonan aneka minuman menyegarkan menciptakan madu banyak dicari orang.


Sejak zaman purba, Lebah sudah dikenal oleh insan prasejarah sebagai penghasil madu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mereka biasanya berburu sarang lebah di goa goa , lubang pohon besar, dan tempat – tempat sarang lebah laiinnya untuk diambil madunya.


Selain Madu, Lebah juga menghasilkan royal jelly juga pollen yang sangat diperlukan dalam dunia kesehatan masa kini.Maka tidaklah salah jiak Anda hendak Budidaya Lebah Madu, lantaran sekali beternak Lebah, tidak hanya satu jenis hasil Budidaya yang layak Anda jual.


Lebah termasuk dalam Kelas Insekta yaitu sejenis serangga. Spesies Lebah sangatlah beragam, beberapa yang banyak terdapat di wilayah Indonesia ialah spesies jenis Cerana, Dorsata, Florea, juga Mellifera. Spesies yang terakhir inilah kategori Lebah Unggulan yang biasa di budidayakan di Indonesia.


Spesies Lebah Berdasarkan Wilayah Penyebarannya



  • Lebah Cerana


Lebah jenis ini berasal dari wilayah dataran Asia kemudian menyebar hingga Cina, Jepang, Korea, Vietnam, Thailand, dan Myanmar.



  • Lebah Melifera


Lebah jenis ini menyebar ke kawasan dataran Eropa , diantaranya Perancis, Britania Raya, Italia, Yunani dan beberapa Negara sekitar Mediterania.



  •  Lebah Florea


Spesies Lebah ini merupakan yang terkecil yang menyebar di kawasan daerah Jasirah Arab, India, Pakistan, Bangladesh, hingga Indonesia. Di Indonesia sendiri Lebah jenis ini bersahabat dengan sebutan tawon klanceng.



  •  Lebah Dorsata


Spesies ini ialah jenis Lebah terbesar dari spesies lainnya. Wilayah habitatnya tersebar hamper merata di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura hingga Filiphina.


Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berguru   Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya
gambar madu yang dihasilkan dari lebah

Berbagai Macam Produk Hasil Budidaya Lebah Madu dan Khasiatnya


1.Madu


Inilah produk utama dalam budidaya lebah madu yang paling bersahabat dikalangan masyarakat. Madu berguna dalam bidang kesehatan sebagai obat herbal, pencegahan penyakit, imunitas tubuh, materi baku produk kecantikan dan juga adonan aneka masakan dan minuman.


2. Royal Jelly


Manfaat royal jelly hamper sama dengan Madu yaitu diantaranya sebagai materi kosmetik, dan materi adonan obat dalam dunia farmasi.


3. Propolis


Produk lainnya dari Budidaya Lebah Madu yang sedang naik daun ini sangat bagus untuk terapi penyembuhan luka, penyakit kulit menular, hingga membunuh virus influenza.


Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berguru   Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya
gambar salah satu jenis lebah madu

Cara Budidaya Lebah Madu


            Untuk memulai Budidaya Lebah Madu, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan, diantaranya :



  1. Syarat Lokasi Budidaya Lebah Madu



  • Suhu ideal bagi Budidaya Lebah Madu kurang lebih 25 derajat celcius

  • Diutamakan mencari lokasi Budidaya dalam tempat terbuka

  • Lokasi Budidaya jauh dari keramaian dan kemudian lalang manusia

  • Banyak terdapat bunga di sekitar lokasi budidaya biar Lebah Madu gampang mencari masakan favoritnya yaitu nektar bunga



  1. Pelaratan Budidaya Lebah Madu



  • Buatlah sangkar Lebah atau stup dari kayu empuk setebal 3cm

  • Bisa juga menggunakan gelodok dari bambu untuk sangkar secara tradisional

  • Pakaian kerja yang agak tebal biar tidak tembus terhadap sengatan lebah.

  • Siapkan juga masker, sarung tangan, pengasap, penyekat ratu, sangkar ratu, sapu, sikat, tempat makan, dan peralatan kecil lainnya.



  1. Proses Pemilihan Bibit dalam Budidaya Lebah Madu



  • Pilihlah bibit unggulan dari spesies cerana atau mellifera

  • Masukkan bibit Lebah Madu bersama dengan Ratu Lebah kedalam stup yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

  • Biarkan Lebah madu tersebut selama 1 ahad dalam stup untuk menunjukkan waktu kepada Lebah menyesuaikan diri dengan habitatnya yang baru



  1. Perawatan Lebah Madu



  • Bersihkan bab – bab stup dari kotoran, semut, maupun serngga pengganggu lainnya dengan cara member tatakan air di kaki stup.

  • Periksa Lebah – Lebah tersebut, jikalau ada tanda-tanda terjangkit penyakit, pisahkan Lebah yang sakit tersebut dari koloni

  • Gembalakan lebah lebah tersebut sesuai dengan lokasi dimana banyak bunga sedang berbunga.

  • Jika hendak memindahkan Lebah ke lokasi banyak bunga yang sedang mekar, disarankan dilakukan pada malam hari dikala Lebah tidak aktif.

  • Berikan juga masakan komplemen dari gula yang dicampur air dengan kadar 1 : 1, hal ini dilakukan jikalau pada musm kemarau dimana bunga di sekitar lokasi Budidaya Lebah Madu tidak banyak berbunga.



  1. Tahapan Panen Budidaya Lebah Madu



  • Umumnya masa panen dalam Budidaya Lebah Madu ialah 2 ahad sehabis demam isu bunga

  • Adapun ciri – ciri Madu yang siap panen sanggup dilihat dari sisiran yang telah tertutup rapid an lapisan lilin telah menipis.

  • Bersihkan sisiran dari Lebah yang masih menempel.

  • Kupas lapisan epilog sisiran

  • Setelah dikupas, sisiran diekstraksi dan kemudian diambil madunya

  • Setelah Madu terkumpul, masukkan kedalam botol dan simpan dalam suhu kamar biar gelembung udara yang terdapat dalam Madu menjadi hilang. Begitulah cara pemanenan dalam budidaya lebah madu.


Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berguru   Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya
gambar sangkar lebah madu siap panen

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berguru   Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya
gambar panen madu

Setelah Madu didapat, tentunya kami tidak perlu lagi memberitahukan langkah apa yang harus Anda lakukan selanjutnya bukan? Anda tinggal menjualnya kepada tetangga ataupun dibawa ke pasar dan menghitung pundi – pundi uang yang di dapat.


Itu gres Madunya, padahal masih ada Royal Jelly dan juga Propolis yang dihasilkan dari Budidaya Lebah Madu yang tidak kalah bernilai ekonomi tinggi. Kalo sudah begitu, tentu Anda lupa semua rasa sakit sengatan Lebah disaat proses pemeliharaannya bukan? Hehehe…


Baca juga Artikel kami mengenai :  Sukses Ternak Jangkrik, Inilah Kunci Utama Menetaskan Telur Jangkrik




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Budidaya Lebah Madu : Baca Panduan Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel