iklan

Apa Itu Investasi? | Ayoksinau.Com

Pengertian Investasi – Pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan menjelaskan secara gamblang apa itu investasi. Pasti kalian sering mendengar kata Investasi bukan?? Baiklah mari kita pribadi bahas saja apa itu investasi.

Apakah Itu Investasi?

Yang dimaksud dengan investasi ialah suatu tindakan baik menanamkan sumber daya ataupun modal pada dikala ini atau sekarang, dengan cita-cita sanggup mendapat manfaat atau laba yang lebih di masa yang akan datang. Investasi juga sanggup didefinisikan sebagai suatu tindakan menanamkan dana dikala ini atau sekarang, dengan cita-cita sanggup menghasilkan dana yang lebih besar dari dana yang di tanamkan pada dikala awal melaksanakan investasi.

 akan menjelaskan secara gamblang apa itu investasi Apa Itu Investasi? | Ayoksinau.com
Apa Itu Investasi? | Ayoksinau.com

Investasi Jika Dilihat Dari Ruang Lingkup Usahanya

Berdasarkan dari ruang lingkup dalam melaksanakan usaha, investasi dibagi menjadi dua jenis diantaranya sebagai berikut:

1) Investasi Aktiva Nyata

Investasi Aktiva Nyata yaitu segala tindakan investasi dalam bentuk fisik yang sanggup dilihat bentuknya. Contohnya ibarat membangun rumah, membangun pabrik, ataupun dengan membeli emas, permata, berlian dan lain sebagainya.

2) Investasi Pada Aktiva Finansial

Investasi Pada Aktiva Finansial yaitu segala tindakan investasi dalam bentuk surat-surat berharga. Contohnya ibarat saham, obligasi, obligasi dan lain sebagainya. Dalam berinvestasi pada aktiva finansial, terdapat du program diantaranya sebagai berikut:

Investasi Langsung, yaitu dengan cara mempunyai surat berharga pemilik surat tersebut. Contohnya yaitu Saham.

Investasi tidak langsung, yaitu investasi yang berupa pengelolaan surat berharga yang diwakilkan oleh forum perjuangan yang sanggup mengelola investasi tersebut, serta berusaha untuk sanggup menghasilkan laba yang sanggup memperlihatkan kepuasan terhadap pemegang surat-surat berharga tersebut.

Investasi Jika Dilihat Dari Segi Kepastian Dalam Pendapatan Keuntungan

Berdasarkan dari segi kepastian dalam mendapat keuntungannya, investasi dibagi menjadi dua jenis diantaranya sebagai berikut:

1) Investasi Bebas Resiko

Investasi bebas resiko yaitu ketika seseorang berinvestasi tetapi tidak akan menanggung resiko yang terjadi. Contoh investasi bebas resiko yaitu tabungan, deposito dan obligasi.

2) Investasi Beresiko

Investasi Beresiko yaitu ketika seseorang berinvestasi ia akan menanggung resiko yang mungkin saja terjadi. Contoh investasi beresiko yaitu ibarat menanam saham, modal perjuangan dan lain sebagainya.

Tujuan Investasi

Dari pemaparan ihwal investasi di atas, maka sanggup kita simpulkan bahwa pada umumnya tujuan investasi yaitu:

  • Mendapatkan penghasilan yang tetap dalam setiap kurun waktu tertentu. Misalnya ibarat royalti, bunga, uang sewa, dan lain sebagainya, yang mana dari penghasilannya tersebut sanggup dipakai untuk kebutuhan hidup investor.
  • Mendapatkan dana khusus, contonya dana tersebut dipakai untuk memperluas usaha, keperluan sosial, dan sebagainya.
  • Memperoleh jaminan pasar untuk menjual produk yang telah di produksi dan menjamin ketersedianya materi baku.
  • Mengontrol perusahaan, melalui kepemilikan aset-aset perusahaan tersebut.
  • Mengurangi persaingan antara perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.
  • Menjaga kekerabatan baik antara perusahaan maupun cabang perusahaan.

Beberapa Manfaat Investasi

Adapun beberapa manfaat yang sanggup dipeoleh dari berinvestasi yaitu sebagai berikut:

1) Dapat Meningkatkan Aset

Contohnya ketika kita menabung untuk masa depan kita itu merupakan salah satu cara yang sempurna untuk berinvestasi.

2) Dapat Memenuhi Kebutuhan Hidup di Masa Yang Akan Datang

Tentunya kita tidak tahu kebutuhan apa saja yang dibutuhkan di masa depan. Untuk mencapai hal yang telah di rencanakan tersebut tentunya akan lebih cepat tercapai kalau mulai melaksanakan mengumpulkan uang atau berinvestasi terlebih dahulu mulai dari dikala ini.Contohnya ibarat kita ingin membeli kendaraan, rumah dan kebutuhan lainnya.

3) Hidup Kaprikornus Lebih Hemat

Investasi sanggup membuat seseorang menjadi lebih hemat. Misalnya dengan cara menabung, orang akan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menabung dan hasil uang yang terkumpul dari menabung tersebut sanggup dinikmati di masa yang akan tiba atau kalau di butuhkan.

4) Mencegah Dari Jeratan Hutang

Misalnya alasannya kita ingin memenuhi gaya hidupnya alasannya gengsi kita memaksakan diri dan tetapkan untuk meminjam uang guna memenuhi gaya hidup tersebut dan tentunya kita akan terjerat hutang. Maka dengan investasi kita sanggup mencegah dan menghindari dengan yang namanya hutang, alasannya kita selalu mempunyai akad untuk menghindari jeratan hutang yaitu dengan cara mempunyai gaya hidup yang hemat.

5) Menciptakan Kebahagiaan Bagi Keluarga

Dengan berinvestasi kita sanggup membuat kebahagiaan dalam keluarga, ibarat kesehatan hidup keluarga kita lebih terjamin dengan adanya asuransi.

Jenis-Jenis Investasi

Adapun Beberapa Investasi finansial misalnya yaitu sebagai berikut:

1) Deposito

Investor akan menanamkan dana dengan jangka waktu tertentu, namun umumnya berjangka pendek dan memperoleh laba berupa bunga. Besarnya bunga pada setiap deposito tergantung sesuai dengan resikonya.

2) Saham

Saham yaitu aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya ketika kita mempunyai 70% saham suatu perusahaan, maka sama halnya kita mempunyai 70% aset perusahaan tersebut. Saham sanggup berupa surat-surat berharga yang di miliki suatu perusahaan yang menandakan kepemilikan dari perusahaan tersebut. Saham ini sanggup di perjual belikan dengan syarat-syaratdan ketentuan tertentu.

3) Obligasi

Obligasi yaitu surat tanda bukti pernyataan hutang. Yaitu bukti bahwa seseorang telah memperlihatkan hutang kepada suatu perusahaan atau forum tersebut. sehingga pihak yang berhutang akan membayar bunga dalam jangka waktu yang telah ditentukan, biasanya lebih dari 12 bulan. Keuntungan obligasi yaitu sanggup memperlihatkan pendapatan yang tetap dan bunga yang besar kalau dibandingkan dengan deposito. Kerugiannya yaitu ketika pihak yang berhutang gulung tikar sehingga ia tidak sanggup membayar hutangnya dan tentunya akan mempunyai jangka waktu yang cukup panjang untuk sanggup melunasinya.

4) Reksa dana

Reksa dana yaitu daerah menghimpun dana secara kolektif atau bersama-sama. Dana yang terkumpul tersebut akan dikelola oleh manager investasi, yang nantinya dana yang terkumpul akan di investasikan. Keuntungan ataupun kerugian akan ditanggung bersama oleh anggota kolektif tersebut.

5) Menabung

Menabung yaitu aktivitas menyimpan uang di bank sehingga ketika uang tersebut telah terkumpul sanggup dipakai oleh penabung di kemudian hari pada dikala dibutuhkan.

Adapun Investasi pada sektor rill atau barang, yaitu ibarat berikut ini:

1) Sektor Manufaktur

Contohnya yaitu investasi dalam menangani pengelolaan barang-barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi untuk di olah kembali sehingga sanggup mempunyai nilai jual yang tinggi.

2) Properti

Adalah jenis Investasi yang ada hubungannya dengan bangunan, mulai dari perumahan, apartemen ataupun gedung-gedung yang nantinya bangunan tersebut sanggup disewakan atau dijual.

3) Teknologi

Adalah jenis investasi yang aberhubunga dengan bisnis-bisnis pada sektor teknologi, misalnya ibarat pada dunia perfilman, pertelevisian, telekomunikasi dan sejenisnya.

4) Emas

Harga emas cenderung selalu stabil bahkan selalu naik setiap tahunnya. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai materi investasi.

Jadi sanggup kita simpulkan bahwa investasi yaitu menanamkan dana atau modal pada dikala ini, dan dari investasi tersebut sanggup dinikmati di masa yang akan datang.

Sekian klarifikasi yang sanggup Ayoksinau.com ihwal Investasi. Nah kini kalian sudah pahamkan apa itu investasi? Jika ada kesalahan atau kritik dan saran dari teman-teman sekalian silahkan komentar dibawah ya. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel di bawah ini:

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin

Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial | Ayoksinau.com

Pengertian Strategi Menurut Ahli, Perumusan Strategi, Tingkat-Tingkat Strategi, Jenis-jenis Strategi dan Contoh Strategi | Ayoksinau.com


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Investasi? | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel