iklan

Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Enak Dan Tahan Lama

 Ingin suasana gres dengan hidangan gres biar nafsu makan kembali menggelora Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Lezat dan Tahan Lama
gambar abon ikan tuna

Bosen dengan lauk itu-itu saja? Ingin suasana gres dengan hidangan gres biar nafsu makan kembali menggelora? Cobalah Abon Ikan Tuna. Eh tapi kalo sekali nyoba abon ikan tuna ini, Kami tidak menanggung resiko kalo Anda mengidap dampak ketagihan akut lho ya hahaha…


Abon ialah jenis kuliner yang berbentuk serat daging, umumnya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Jika anda sudah pernah nyoba Abon Sapi di pasaran, cobalah sekali-kali untuk merasakan Abon yang terbuat dari Ikan.


Disamping rasanya yang lezat, Ikan merupakan sumber protein yang sangat tinggi dan bebas dari kolesterol, tidak menyerupai Sapi sebagai materi baku Abon lainnya.


Ikan yang biasa dijadikan materi baku untuk abon ikan umumnya ialah jenis ikan lele, Gabus, Tongkol, Cakalang, Tengiri, Bandeng, juga Ikan Tuna. Nah jenis ikan yang terakhir ini belakangan menjadi favorit para pecinta wisata kuliner. Kali ini kami akan menngajak Anda bagaimana cara menciptakan resep abon ikan tuna.


Rasanya yang gurih dan khas, menciptakan abon ikan tuna mendapat daerah tersendiri bagi kalangan pecinta makanan. Disamping rasa, kandungan gizi Abon Ikan tuna juga sangat berkhasiat bagi badan Anda.


A. Kandungan Dan Manfaat Abon Ikan Tuna Bagi Kesehatan


Banyak sekali kandungan protein yang terdapat dalam Ikan, terutama ikan Tuna. Beberapa Mineral yang terkandung pun sangat berkhasiat bagi perkembangan putra putri Anda. Dari Kalsium, Kalium, Fosfor, Omega 3 , Omega 6, hingga Omega 12 lengkap diborong semua oleh abon ikan tuna.


Mineral menyerupai Kalsium , Kalium, juga Fosfor yang terkandung dalam Ikan Tuna sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi putra putri Anda


Sedangkan Omega 3, Omega 6, hingga Omega 12 yang ada dalam Abon Ikan sangat berkhasiat bagi kecerdasan Otak anak Anda. Itulah beberapa keutamaan kandungan protein yang terdapat dalam Abon Ikan Tuna.


Penasaran dengan abon ikan tuna? Anda sanggup membelinya di warung-warung terdekat. Atau biar lebih bersih dan rasanya sesuai harapan Anda, bikin sendiri saja abon ikan tuna ini dirumah. Caranya mudah koq, tinggal beli Ikan Tuna dipasar, dan ikuti step by step Cara Membuat Abon Ikan Tuna yang akan Kami bahas kali ini untuk Anda.


B. Resep Abon Ikan Tuna


Inilah belakang layar Resep Abon Ikan Tuna yang akan Kami bahas, simak baik-baik dan jangan lupa dipraktekkan dirumah Anda ya.


Bahan Utama Membuat Abon Ikan Tuna



  1. Karena Anda hendak menciptakan Abon Ikan Tuna, tentunya materi utamanya ialah Ikan Tuna segar. Belilah 1kg Ikan Tuna yang sudah berbentuk fillet, hal ini jauh lebih simpel daripada Anda membeli Ikan Tuna utuh dan harus repot-repot untuk meraciknya menjadi bentuk fillet bukan?

  2. Berikutnya memarkan jahe secukupnya, kurang lebih 1cm Jahe

  3. Juga siapkan 2 batang serai, jangan lupa untuk dimemarkan juga biar citarasa serai lebih keluar.

  4. Persiapkan juga setengah butir kelapa segar untuk menciptakan santan, kurang lebih dari setengah butir kelapa tersebut akan dihasilkan kra-kira 150 ml santan segar.

  5. Siapkan juga 300 ml minyak goring untuk menumis.


Bumbu Halus untuk Abon Ikan Tuna



  1. 6 siung bawang merah

  2. 3 siung bawang putih

  3. 2 cm kunyit

  4. 1 sendok the ketumbar

  5. 2 lembar daun jeruk

  6. Garam secukupnya


Cara Membuat Abon Ikan Tuna



  1. Pertama, kukus fillet Ikan Tuna yang sudah kita dapatkan di pasar tadi hingga lunak. Hati-hati dalam tahap ini jangan hingga Ikan Tuna terlalu matang dan hancur.

  2. Setelah dikukus dan daging Ikan Tuna sudah lunak, angkat dan tiriskan serta tunggulah hingga dingin.

  3. Setelah dingin, parutlah Ikan Tuna tersebut, atau sanggup juga dengan cara disuwir-suwir sesuai selera.

  4. Tahap berikutnya panaskan 2 sendok makan minyak goring, kemudian tumislah bahan-bahan bumbu halus diatas yang sebelumnya sudah dihaluskan.

  5. Tambahkan juga serai dan jahe dalam tumisan bumbu tadi, oseng-oseng hingga beraroma harum.

  6. Kemudian segera masukkan 150 mg santan dan suwiran atau parutan ikan tuna tadi, aduk rata dan masak diatas api yang kecil biar jangan hingga gosong, terus diaduk aduk hingga kering.

  7. Setelah itu, tahap berikutnya ialah panaskan sisa minyak goring yang ada untuk menggoreng gabungan Ikan Tuna tadi, gorenglah dalam api kecil hingga kering

  8. Setelah mengering, segera angkat dan tiriskan

  9. Peras atau pres hingga minyaknya tiris, Abon Ikan Tuna siap untuk disajikan.


Nah mudah bukan untuk menciptakan abon ikan tuna Anda sendiri dirumah, nikmati dengan nasi panas atau lauk lainnya tergantung selera Anda.


Jangan lupa untuk menyebarkan dengan tetangga sekitar biar ikut merasakan hasil racikan Abon Ikan Tuna buatan Anda, siapa tau para tetangga nantinya justru minta dibikinkan abon ikan tuna oleh Anda, dan tentunya hal itu ialah peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda.


Jika ada pertanyakan atau saran, silahkan berikan komentar Anda.


Baca Selengkapnya: Ampuh!!! Khasiat Lidah Buaya Untuk Rambut




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Enak Dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel