iklan

√ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Belajar Sendiri Dengan Mudah

Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no. 2 di dunia. Yang nomor satunya ditempati oleh bahasa Cina. Akan tetapi, pada praktiknya, lebih banyak orang-orang yang mempelajari bahasa Inggris daripada bahasa Cina, kan? Alasan bahasa Cina sanggup menempati posisi pertama yaitu sebab penduduk Cina merupakan populasi paling tinggi di dunia.


Sedangkan untuk bahasa Inggris, setidaknya ada 60 negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Negara-negara ibarat Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Irlandia, Selandia Baru, bahkan Afrika hingga Asia Selatan pun aktif berbahasa Inggris. Termasuk di negara kita sendiri, Indonesia, di mana bahasa Inggris wajib diajarkan dari dingklik sekolah dasar hingga dingklik kuliah.


Selain di sekolah, Anda sanggup mempelajari bahasa Inggris dengan mengikuti kursus offline maupun online. Akan tetapi, semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ingin tahu cara fasih berbahasa Inggris tanpa mengeluarkan uang? Bisa, kok, Anda tinggal berguru saja sendiri di rumah. Bacaterus telah merangkum 10 cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak. Yuk, dipraktikkan!


10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak


1. Bertekad


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

* sumber: cym.com.au


Sebelum memulai belajar, Anda harus punya tekad terlebih dahulu supaya Anda tidak berhenti di tengah jalan. So, cara fasih berbahasa Inggris secara belajar sendiri yang pertama yaitu kumpulkan niat. Bukan niat untuk sanggup fasih berbahasa Inggris layaknya orang Amerika atau Inggris, ya. Tapi, lebih kepada manfaat berbahasa Inggris untuk kehidupan Anda.


Pikirkan masa depan Anda, contohnya ingin kuliah di luar negeri, ingin mendapat beasiswa, ingin bekerja di daerah bonafiditas, dan lain-lain yang membutuhkan skill berbahasa Inggris. Untuk urusan logat yang fasih itu urusan nanti, yang penting Anda sanggup mengerti dan bercakap-cakap memakai bahasa Inggris terlebih dahulu.


2. Siapkan Materi


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

* sumber: id.pinterest.com


Setelah membulatkan tekad, langkah kedua dalam cara fasih berbahasa Inggris secara belajar sendiri yaitu dengan mengumpulkan materi. Karena Anda akan berguru sendiri, maka Anda sanggup mengumpulkan bahan dari hal-hal yang Anda sukai. Materinya boleh berupa teks, audio, dan visual.


Anda sanggup membeli buku berguru bahasa Inggris di toko buku, pasar buku, festival buku, atau pun secara online. Selain buku, Anda sanggup membeli audio book maupun CD untuk berguru bahasa Inggris. Oh, iya, ada satu benda lagi yang penting Anda miliki, yaitu kamus.


Mau gres berguru atau pun tinggal melancarkan bahasa Inggris, tetap akan membutuhkan kamus supaya lebih cepat memahami kata-kata baru. Anda sanggup memakai kamus berupa buku atau kamus elektrik dan kamus yang ada di ponsel Anda.


3. Baca Buku


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

* sumber: id.pinterest.com


Nah, kini waktunya Anda membaca buku. Jika Anda tidak suka text book pelajaran, carilah buku bacaan bahasa Inggris lainnya ibarat novel, komik, majalah, atau artikel di internet. Belajar dari buku teks mungkin akan menciptakan Anda bosan. Tapi, kalau temanya menarik minat Anda, dijamin deh Anda bakal semangat terus belajarnya!


4. Listening


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

* sumber: id.pinterest.com


Di sekolah atau di kampus, mungkin Anda sudah diajarkan listening. Biasanya, pelajaran ini berkaitan dengan TOEFL. Jadinya, bunyi dan percakapan yang Anda pelajari cenderung monoton begitu-begitu saja. Untuk mendapat kosa kata yang lebih luas dengan intonasi beragam, coba dengarkan percakapan radio berbahasa Inggris. Biasanya, percakapan ibarat ini lebih hidup dan kosa katanya lebih banyak.


Ada cara lainnya yang lebih gampang dan menyenangkan! Anda niscaya punya lagu favorit yang berbahasa Inggris, kan? Sesukanya Anda dengan lagu lokal atau lagu dalam bahasa lainnya, tetap saja Anda niscaya tahu satu atau dua lagu berbahasa Inggris. Nah, Anda sanggup mempelajari lagu favorit Anda mulai dari mencari tahu artinya kemudian maknanya. Nanti Anda akan semakin banyak tahu wacana bahasa Inggris, deh.


5. Nonton Film


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

* sumber: www.digitaltrends.com


Cara fasih berbahasa Inggris secara belajar sendiri yang menyenangkan lainnya yaitu dengan menonton film atau program televisi berbahasa Inggris. Untuk latihan pertama, cobalah menonton dengan memakai teks terjemahan bahasa Indonesia.


Tonton beberapa kali hingga Anda mengerti maknanya. Setelah itu, cobalah Anda menonton film yang sama dengan teks bahasa Inggris semoga Anda jadi tahu bagaimana cara penulisannya.


Latihan yang terakhir, nonton lagi film tersebut tanpa memakai teks terjemahan sama sekali. Hal ini untuk melatih listening Anda. Mungkin terdengar tidak mungkin, tapi dengan latihan, semuanya sanggup terjadi. Anda justru sanggup mendapat banyak kosa kata gres dan berguru logat dari film dan program televisi.


6. Nonton Video Native Speaker



Di kala internet ibarat kini ini, rasanya tidak ada yang sulit. Anda sanggup menemukan banyak video gratis yang mengajarkan Anda berbahasa Inggris. Anda tinggal mencari video di YouTube dengan keyword “belajar bahasa Inggris”, “how to speak like native“, “studying English slang“, dan lain-lain, kemudian video yang Anda inginkan akan muncul.


7. Bicara Pada Diri Sendiri


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah


Anda suka berbicara pada diri sendiri? Tenang saja, berdasarkan studi, berbicara pada diri sendiri merupakan tanda kalau kita itu cerdas. Tapi, dalam konteks wajar, sih, bukan ibarat yang kita tonton di sinetron ngomong sama diri sendiri begitu detil dan keras hingga terdengar orang-orang.


Misalnya, ibarat saat Anda lapar, boleh tuh Anda bergumam pada diri sendiri “Duh, lapar” tapi pakai bahasa Inggris. Jadi, sambil berjalan ke dapur untuk mengambil makanan, Anda sanggup bersenandung menyampaikan “I’m hungry ”.


Mulai dari kata-kata yang mudah dan singkat, naikkan level ngomong sama diri sendiri Anda jadi tingkat kalimat. Misalnya, sehabis seharian beraktivitas, Anda mengingat insiden apa saja yang terjadi pada hari itu. Lalu, Anda menceritakannya pada diri sendiri dalam bahasa Inggris. Misalnya begini, “I woke up at 6 o’clock and I took a bath after that. I went to campus at 7. I have Economics for the morning class. Blablabla…“.


8. Praktikkan Bersama Teman


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah


Partner sangat penting bila Anda ingin lancar berbahasa Inggris. Jika ingin lancar dan fasih dalam bahasa Inggris Anda harus sering mempraktikkannya, kan? Tapi, kalau cuma ngomong sama diri sendiri tentu kosa kata Anda tidak akan bertambah. Begitu pula dengan rasa percaya diri Anda yang sanggup turun saat tiba-tiba diajak berdialog pakai bahasa Inggris oleh orang lain.


Untuk itu, ajak sahabat Anda untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Tidak perlu seharian, contohnya pada jam-jam tertentu Anda menciptakan perjanjian untuk berbicara memakai bahasa Inggris. Anda tidak perlu jadi sok cerdik dan memakai kosa kata yang ribet. Bercakap-cakap saja ibarat biasa saat Anda memakai bahasa Indonesia.


9. Praktikkan Setiap Hari


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

* sumber: www.vesela-chaloupka.cz


Practice! Everyday! Latihan berbahasa Inggris setiap hari yaitu metode yang paling sempurna bila Anda ingin lancar berbahasa Inggris dengan cepat. Sama ibarat saat Anda berguru memasak, mungkin Anda sudah sering melihat orang renta Anda memasak. Anda juga tahu bagaimana cara memasak. Tapi, kalau Anda tidak pernah terjun eksklusif di dapur, memangnya Anda bakal sanggup memasak? Tentu tidak.


10. Pakai Bahasa Inggris Kapanpun Dimanapun


Bahasa Inggris yaitu bahasa universal no √ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah


Cara fasih berbahasa Inggris secara belajar sendiri yang terakhir yaitu dengan memakai bahasa Inggris kapan pun di mana pun. Ketika di rumah, di sekolah, sedang hangout, usahakan untuk selalu mempraktikkan bahasa Inggris Anda supaya jadi lebih lancar. Tapi, jangan mengucapkannya keras-keras, ya. Nanti Anda disangka show off dan ditatap sinis oleh orang sekitar sebab disangka sok bule, hihi.


Satu hal yang perlu diingat adalah, untuk jangan pernah mengalah dan jangan takut salah. Tak sedikit orang yang merasa tidak PD berbahasa Inggris sebab kosa kata yang terbatas dan logat yang masih Indonesia banget.


Padahal, Anda tidak perlu merasa kebanting sebab native (orang yang aktif berbahasa Inggris) saja tidak pernah mengolok-olok orang lain saat logatnya tidak sama ibarat mereka atau saat salah dalam menyampaikan suatu kata. Yang menciptakan Anda merasa tertekan bahwasanya yaitu diri Anda sendiri. Jadi, teruslah berguru dan berlatih. Gunakan kesalahan menjadi kekuatan Anda.


Sekian informasi 10 cara fasih berbahasa Inggris secara belajar sendiri dari Bacaterus, semoga berkenan di hati Anda. Jika Anda tahu cara lainnya untuk lancar berbahasa Inggris secara otodidak, share di bawah, ya.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Belajar Sendiri Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel