iklan

Rumus Energi Listrik

Rumus energi listrik- Hallo semua berjumpa lagi dalam blog penuh dengan edukasi ini. Masih membahas bahan fisika yang semakin menarik saja yakni ihwal pembahasan kelistirkan. Pertemuan sebelumnya telah membahas ihwal daya listrik, maka kali ini Pak Guru akan membahas ihwal energi listrik. Apa itu energi listrik? Apa kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak pembahasan berikut ini!

Energi listrik merupakan bentuk energi utama yang mendukung kehidupan jaman sekarang, sebab alat-alat kini kebanyakan memakai energi listrik dalam pengoperasiannya.  Energi listrik sanggup ditulis dalam bentuk berikut bila ada dua muatan q1 dan q2terpisah oleh jarak sejauh r, maka energi elektrostatik (untuk muatan diam) jawaban interaksi dua muatan sanggup ditulis: 

W=kq1q2/r atau sanggup ditulis W=(kq1/r)q2 (berdasarkan Hukum Coulomb)
W=V q2
Dengan k= konstanta (9x109 N/C2m2)
q1= muatan satu (C)
q2= muatan dua (C)
r= jarak antara dua muatan
V= beda potensial (volt)
sehingga rumus di atas sanggup ditulis:
W=V q2, untuk total muatan sebesar Q, maka energi listrik sanggup ditulis:
W=VQ
Untuk konsep komponen listrik kapasitor (penyimpan muatan), ingat V=Q/C, dengan C merupakan kapasitas kapasitor dengan satuan fahrad (F), Jika ada dua pelat konduktor maka beda potensial rata-rata pada masing-masing keping besarnya ialah Vr = 1/2 Q/C
Pada ketika kedua keping dialiri muatan listrik terjadi perpindahan muatan dari keping yang satu ke keping yang lain. Untuk memindahkan muatan listrik tersebut diharapkan sejumlah energi yang besarnya sanggup dihitung memakai rumus:
W = Vr.Q
W = 1/2 Q/C. Q
W = ½ Q2/C
Karena C = Q/V maka W = ½ QV atau W = ½ CV2
Bagaimana? Praktis dipahami bukan? Itulah bentuk-bentuk rumus energi listrik. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan bahan Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Energi Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel