iklan

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan Dan 3 Forum Resmi

Apa itu standar akuntansi ? Siapakah bahwasanya yang menciptakan standar ini? Lalu apa tujuannya ? Bagi yang ingin tahu tanggapan dari pertanyaan tadi AkuntansiLengkap.com akan menjelaskan pada artikel dibawah ini.

 Siapakah bahwasanya yang menciptakan standar ini Pengertian Standar Akuntansi Keuangan dan 3 Lembaga Resmi

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan


Jenis laporan keuangan yang bermacam-macam menjadikan keharusan akan adanya standar atau hukum yang berbeda-beda pula. Contoh sederhana contohnya menyerupai laporan keuangan perjuangan otomatis akan berbeda dengan laporan pemerintahan.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dianggap sebagai  suatu metode dan format baku dalam penyajian informasi laporan keuangan suatu acara perjuangan cara atau hukum untuk menyajikan informasi keuangan dari sebuah acara perjuangan pada entitas ekonomi atau perusahaan.

Tujuan Standar Akuntansi Keuangan


Tujuan dari hukum ini yaitu untuk keseragaman dan fasilitas mendapat informasi dari laporan tersebut.

Standar Akuntansi Keuangan dibentuk melalui akad bersama. Yaitu akad dari forum resmi atau Standard Setting Body. Lembaga ini secara resmi tetapkan regulasi atau hukum mengenai segala hal ihwal akuntansi menyerupai menjelaskan transaksi apa saja yang harus dicatat; bagaimana cara mencatatnya dan bagaimana penyajiannya.

Ada kurang lebih 4 forum resmi yang sanggup menciptakan standar ini. Tugas dari forum ini yaitu menentuukan banyak sekali standar dari banyak sekali jenis laporan yang ada.

Beberapa forum resmi dibawah ini yaitu yang umum dikenal di Indonesia.

1. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)


IAI merupakan kumpulan dari semua akuntan yang ada di Indonesia. Ketentuan dan hukum akuntansi yang ada di Indonesia diatur oleh forum ini mencakup standar akuntansi keuangan tersebut.

Ada bagian-bagian yang sanggup menghasilkan hukum SAK diantaranya ada bab Dewan Standar Akuntansi yang bertugas menyusun standar tersebut.

Bagian kedua yaitu Komite Pengesahan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia untuk mengecek kembali sebelum disahkan pada kongres IAI.

2. Financial Accounting Standard Board (FASB)


Lembaga ini berada di USA. Tugasnya sama dengan forum IAI yaitu mengesahkan standar yang telah disusun. FASB pada pertama kali telah menghasilkan Statement of Accounting Standard and interpretation yang dimuat dalam Accounting Research Bulletin yang di keluarkan oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

3. International Financial Report Standard (IFRS)


Lembaga ini berada di London, forum ini pada awalnya dikenal dengan nama International Accounting Standard Commite (IASC).

Demikianlah klarifikasi mengenai Pengertian Standar Akuntansi Di Indonesia. silahkan kunjungi artikel selanjutnya 4 (Empat) Pilar Standar Akuntansi Keuangan Di Indonesia. Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga:


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Standar Akuntansi Keuangan Dan 3 Forum Resmi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel