iklan

Pengertian Magnet, Sifat-Sifat Magnet, Dan Jenis-Jenis Magnet

Pengertian magnet adalah suatu benda yang sanggup menarik logam (seperti baja dan besi) dan mempunyai kawasan disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet (medan magnet). Bagaimana dengan sifat-sifat magnet dan jenis-jenis magnet? Simak terus artikel ini hingga tamat yah.
Magnet mempunyai dua kutub (polar) yaitu kutub utara (north) dan kutub selatan (south). Keunikan suatu magnet yaitu kalau magnet dipotong-potong atau dipecah, tetap akan mempunyai dua kutub. Kutub-kutub tersebut tidak sanggup hilang dari magnet.
 dan mempunyai kawasan disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet  Pengertian magnet, sifat-sifat magnet, dan jenis-jenis magnet
magnet batang
Sifat-sifat magnet.
1. sifat magnet sanggup menarik logam (seperti baja ataupun besi) atau benda sesama magnet.
2. sifat magnet mempunyai dua kutub yang sudah aku jelaskan di atas. Yaitu kutub utara dan kutub selatan. Magnet selalu berpasangan kutubnya. Jika dipecah-pecah hingga kecil, magnet tetap mempunyai dua kutub.
3. kutub magnet yang senama atau satu jenis akan tolak menolak. Sedangkan kutub yang tidak sejenis senantiasa akan tarik-menarik. Contohnya yaitu kalau ujung kutub utara magnet A didekatkan dengan kutub utara magnet B maka kedua magnet tersebut akan tolak-menolak. Akan tetapi kalau kutub utara magnet A di dekatkan kutub utara magnet B maka akan tarik-menarik. Hal ini ibarat perjaka suka sama cewek. Artinya normal bukan?
4. magnet mempunyai kawasan di sekitarnya yang masih dipengaruhi magnet itu sendiri yang disebut dengan medan magnet. Misalnya kalau kau meletakkan sebuah jarum pentul pada erat magnet, maka jarum pentul tersebut akan ketarik oleh magnet dan menempel.
Cara menciptakan magnet ada tiga macam cara yaitu secara eletromagnet, induksi, dan gosokkan yang sanggup kau lihat disini.
Jenis-jenis magnet
1. magnet jarum
2. magnet lingkaran
3. magnet batang
4. magnet ladam
5. magnet U
 Cara menghilangkan sifat kemagnetan yaitu sebagai berikut:
1. dipukul-pukul
2. dibanting-banting
3. dipanaskan/ dibakar
4. dialiri oleh listrik AC (bolak-balik)
Magnet sangat berbagai manfaatnya. Terutama pada komponen elektronika. Misalnya pada pembuatan speaker memakai magnet sebagai materi utamanya. Baik itu speaker di sound sistem, televisi, radio, dan hp.
Bahan pembuat magnet ada 3 jenis yaitu:
1. Feromagnetik adalah materi yang sangat manis untuk dibentuk magnet. Contohnya yaitu baja, besi, kobalt, dan nikel.
2. Paramagnetik adalah materi atau benda yang sedikit sanggup dibentuk magnet. Benda paramagnetik gampang hilang sifat kemagnetannya. Contohnya yaitu alumunium dan platina.
3. Diamagnetik adalah benda yang sukar dibentuk magnet atau tidak sanggup dibentuk magnet. Bisa dibentuk tapi sangat susah sekali. Contoh diamagnetik yaitu emas, bismut, dan tembaga.

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Magnet, Sifat-Sifat Magnet, Dan Jenis-Jenis Magnet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel