iklan

Pengertian, Fungsi, Unsur Dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi


AkuntansiLengkap.com – Secara sederhana persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara harta, hutang dan modal yang dimiliki perusahaan. persamaan dasar akuntansi dipakai sebagai dasar pencatatan pada sistem akuntansi, artinya setiap terjadi transaksi harus dicatat seimbang dalam dua aspek yaitu sisi kiri (Aktiva) dan (Pasiva).

Transaksi yang merubah aktiva harus diimbangi pada kewajiban. Kaprikornus persamaan dasar akuntansi ialah keseimbangan antara sisi kiri (aktiva) dengan sisi kanan (pasiva), perubahan yang timbul akhir insiden transaksi keuangan maka ke-seimbangannya akan selalu dipertahankan.

 Secara sederhana persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara  Pengertian, Fungsi, Unsur dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan dasar akuntansi berfungsi untuk mengetahui perubahan kekayaan setiap terjadi transaksi dalam perusahaan. Dan untuk mengetahui berapa yang telah dipakai dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi


Unsur-unsur yang merupakan dasar sistem akuntansi diantaranya adalah:

1. Aktiva / Aset (Assets)

Aset atau aktiva ialah sumber daya yang dimiliki / dikuasai perusahaan akhir suatu insiden transaksi masa kemudian dan harapannya dimasa depan perusahaan akan memperoleh manfaat ekonomi dari sumber tersebut.

2. Kewajiban / Hutang / Liabilitas (Liabilities)

Kewajiban  merupakan tanggung jawab perusahaan akhir insiden transaksi dimasa lalu  yang harus diselesaikan dengan pengorbanan sumber daya perusahaan.

3. Modal / Ekuitas (Equity)

Modal merupakan sisa kepentingan dalam aktiva perusahaan sehabis dikurangi dengan kewajiban.

4. Pendapatan (Revenue)

Pendapatan ialah arus masuk atau peningkatan atas aktiva atau penurunan kewajiban yang timbul akhir acara penjualan/penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau acara lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

5. Beban (Expenses)

Beban merupakan arus keluar atau penggunaan atas aktiva atau peningkatan kewajiban yang timbul akhir acara penjualan/penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau acara lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

6. Prive (Drawing)

Prive sanggup diartikan sebagai pengambilan aset (kas) perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadi.

Prinsip / Rumus Persamaan Dasar Akuntansi


1. Keseimbangan Harta dengan Modal

Yang pertama kali perlu diketahui ialah kekayaan perusahaan yang dipakai untuk sumber pembelanjaan kegiatan perjuangan biasa disebut dengan Harta. Sumber pembelanjaan itu berasal dari pemilik yang biasa disebut dengan Modal / Ekuitas. Kaprikornus diperoleh persamaan

HARTA (ASSETS) = MODAL (EQUITY)

2. Keseimbangan Harta dengan Utang ditambah Modal

Sumber Modal sendiri terbagi menjadi dua yaitu Modal yang berasal dari kreditur Sumber Modal sendiri terbagi menjadi dua yaitu Modal yang berasal dari kreditur kemudian disebut Utang dan Modal dari pemilik sendiri yang disebut dengan Modal itu sendiri, jadi diperoleh persamaan :

HARTA (ASSETS) = UTANG + MODAL (EQUITY)

Dalam operasi perjuangan dimungkinkan adanya transaksi pendapatan dan beban. Pendapatan memiliki arti kenaikan harta yang diperoleh melalui hasil penjualan barang atau jasa. Sedangkan beban ialah penurunan sejumlah harta akhir pengorbanan untuk memperoleh pendapatan. Pendapatan sifatnya menambah modal sedangkan beban sifatnya mengurangi modal. Sehingga diperoleh persamaan dasar akuntansi sebagai berikut:

HARTA = UTANG +MODAL+ PENDAPATAN + BEBAN

Demikian ulasan megenai Pengertian Fungsi dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi biar bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga Artikel Lainnya :

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Unsur Dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel