iklan

Kisi-Kisi Soal Uji Teori Kejuruan Smk Semua Jurusan

Kisi-kisi Soal Uji Teori Kejuruan Sekolah Menengah kejuruan Semua Jurusan-Uji kompetensi atau uji kompetensi keahlian merupakan ujian praktik di satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK). Ujikom / UKK ini dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi keahlian siswa yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN), adapun penguji biasanya merupakan assessor yang diambil dari dunia industri. Adapun usang pelaksanaan ujikom sesuai lamanya durasi ujian yang diatur dalam soal uji kompetensi keahlian.


kisi Soal Uji Teori Kejuruan Sekolah Menengah kejuruan Semua Jurusan Kisi-kisi Soal Uji Teori Kejuruan Sekolah Menengah kejuruan Semua Jurusan


Hal-hal penting yang perlu diketahui wacana pelaksanaan uji kompetensi keahlian sebagai berikut;



  • Ujikom dapat dilaksanakan memakai standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi.

  • Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai daerah uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi.

  • Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan penerima uji sanggup berlatih memakai perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.


Perangkat umum uji kompetensi keahlian SMK


Secara umum perangkat uji kompetensi keahlian terdiri dari;



  • Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST). Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan merupakan konsep, prinsip-prinsip, prosedur, materi,bahan, dan lain-lain yang harus dikuasai penerima uji dalam melakukan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan terbuka untuk umum.

  • Soal Teori Kejuruan (STK) ialah berupa soalpilihan ganda dengan 5 opsi jawaban. Soal Teori Kejuruan terdiri dari model Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper-based Test) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer-based Test).

  • Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP). Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan merupakan kompetensi utama Standar Kompetensi danKompetensi Dasar yang harus dikuasai penerima uji dalam melakukan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Praktik kejuruan dipakai sebagai contoh dalam pembuatan perangkat ujian praktik kejuruan (Soal Praktik Kejuruan, LembarPedoman Penilaian, dan Instrumen Verifikasi)

    Soal Praktik Kejuruan (SPK) ialah berupa penugasanbagi penerima uji untuk menciptakan atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa

  • Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) ialah rubrik yang dipakai untuk proteksi skor setiap komponen penilaian. Lembar evaluasi memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria penilaian.

  • Dan terakhir; Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) ialah instrumen yang dipakai untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai daerah penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal


Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Keahlian SMK


Berikut dokumen kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian Sekolah Menengah kejuruan terbaru;


> Kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK


Silahkan diunduh kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian tersebut. Kisi-kisi penting untuk diketahui oleh pengelola SMK, terutama oleh panitian ujian nasional, dan guru produktif yang tentunya mempunyai tanggungjawab watak terhadap kompeten tidaknya siswa siswinya pada dikala dilakukan evaluasi oleh assessor uji kompetensi keahlian dari dunia indusri.


Selain kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian tersebut, beberapa dokumen berikut juga penting untuk pelaksanaan uji kompetensi keahlian di masing-masing satuan pendidikan;



  • Instrumen Ujian Praktik Kejuruan

  • POS Ujian Nasional

  • Panduan Uji Kompetensi Keahlian


Soal Uji Kompetensi Keahlian SMK


Setelah melihat kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK, dan beberapa berkas pendukung lainnya untuk dipakai sebagai contoh pada pelaksanaan ujikom tahun ini. Berikutnya dokumen yang paling penting lainnya ialah soal uji kompetensi keahlian.


Soal uji kompetensi keahlian ini biasanya terdiri dari beberapa paket soal. Biasanya terdiri dari 3 paket soal, yaitu soal ukk/ujikom Sekolah Menengah kejuruan paket 1, soal ukk/ujikom Sekolah Menengah kejuruan paket 2, soal ukk/ujikom Sekolah Menengah kejuruan paket 3. Tiap paket soal mempunyai tingkat / bobot soal berbeda.


Soal uji kompetensi keahlian Sekolah Menengah kejuruan semua jurusan


Karenanya tiap satuan pendidikan Sekolah Menengah kejuruan bebas menentukan salah satu dari paket – paket soal UKK/ujikom tersebut, dan dihentikan menentukan dua paket atau ketiga-tiganya.


Demikian isu mengenai kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK, soal uji kompetensi keahlian SMK dan berkas-berkas lainnya pendukung pelaksanaan uji kompetensi keahlian Sekolah Menengah kejuruan tahun ini. Semoga bermanfaat.


 



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisi-Kisi Soal Uji Teori Kejuruan Smk Semua Jurusan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel