iklan

Hukum Newton (1,2, 3) Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hukum Newton (1,2, 3) Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hukum newton yaitu aturan fisika yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda serta dengan gerak yang di hasilkan. Hukum Newton ini ternyata telah di tuliskan dengan pembahasan yang berbeda-beda dalam kurun waktu tertentu. Sampai ketika ini, Hukum Newton di bagi menjadi tiga macam yang antara lain :

  1. Hukum Newton 1

Menyatakan bahwa setiap benda akan memilki kecepatan yang konstan, kecuali pada benda tersebut terdapat gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda itu sendiri. Sebagai contoh, bola menggelinding alasannya yaitu bola di beri gaya dorong. Namun, bola tersebut akan tetap menggelinding walaupun tangan tidak lagi menyentuh bola. Hal tersebut merupakan rujukan penerapan Hukum Newton 1 dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila anda sedang berada di dalam bus yang sedang berhenti namun tiba-tiba bus tersebut digas secara mendadak maka, tubuh anda akan terdorong ke belakang atau berlawanan dengan arah gerak bus itu sendiri.

Rumus Hukum Newton 1 :

Keterangan :

F = resultan gaya (N)

  1. Hukum Newton 2

Misalnya, ketika ada 2 orang anak mendorong lemari, resultan gaya yang bekerja pada lemari tersebut merupakan penjumlahan dari gaya yang di berikan oleh masing-masing orang. Resultan gaya yang terjadi pada lemari tersebut menjadi lebih besar daripada gaya yang di berikan oleh masing-masing orang sehingga lemari tersebut akan gampang di geser.

Dan apabila lemari hanya didorong oleh satu orang dengan gaya yang lebih kecil dari pada resultan gaya kedua orang tersebut, maka lemari tersebut akan sulit untuk di geser. Jadi, semakin besar gaya yang bekerja pada benda, maka benda akan bergerak semakin cepat.

Rumus Hukum Newton 2

Keterangan :

a : percepatan benda (m/s2)

m : massa benda (kg)

Contoh Penerapan Hukum Newton 2 :

Contoh sederhana yakni pada gerakan di dalam lift. Saat berada di dalam lift yang sedang bergerak, maka gaya berat tubuh kita akan berubah sesuai dengan pergerakan lift. Ketika lift bergerak ke atas, maka anda sanggup mencicipi gaya berat yang besar di bandingkan ketika lift dalam keadaan diam. Begitu pula dengan lift ketika bergerak ke bawah.

  1. Hukum Newton 3

Cobalah anda menekan meja semakin kuat. Apakah terasa sakit? Sebenarnya, ketika anda menekan meja tersebut itu berarti kita sedang memperlihatkan gaya pada meja tersebut. Tangan akan merasa sakit alasannya yaitu meja memperlihatkan gaya yang besarnya sama dengan gaya tekan tangan, namun arahnya berlawanan.

Rumus Hukun Newton 3 :

Penerapan Hukum Newton 3 :

Bisa di jumpai pada ketika merapatnya bahtera ke dermaga. Saat tali bahtera telah di ikatkan ke dermaga, namun bahtera belum merapat ke dermaga maka nelayan akan menarik tali perahu. Sehingga, nelayan tersebut akan memperlihatkan gaya Tarik yang arahnya menjauhi dermaga, sehingga menciptakan bahtera mendekat ke dermaga. Perahu sanggup mendekat ke dermaga alasannya yaitu mendapat gaya yang arahnya berlawanan dengan gaya Tarik yang diberikan nelayan.

sekian ulasan perihal Hukum Newton (1,2, 3) Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari biar artikel dari  ayoksinau.com sanggup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hukum Newton (1,2, 3) Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel