iklan

Hukum Newton 1, 2, 3, Dan Contohnya

Pernahkan kalian mengalami dikala naik bis atau angkot ketika  sopir mengerem mendadak kau akan mencicipi ibarat terhentak ke belakang? Atau pernahkan terfikirkan oleh kalian bagaimana kita sanggup berjalan di atas tanah atau lantai tanpa tergelincir? Atau mengapa kendaraan beroda empat di arena balap sanggup tergelincir sesaat ketika hujan deras melanda? Kenapa sanggup begitu? Kalian akan sanggup menjawab jikalau kalian memahami apa itu Hukum Newton perihal gerak. 

Dalam Ilmu Fisika materi gerak termasuk Hukum Newton itu sendiri terdiri atas Hukum Newton 1, 2 dan 3. Baiklah berikut uraianya, perhatikan baik-baik J

1.      Hukum Newton I
Hukum Newton 1 (pertama) berkaitan dengan Gaya dan perubahan Kecepatan. Untuk sesaat, mari kita bayangkan kalian menerapkan hanya satu Gaya pada objek. Kalian  bisa memilih mendorong benda ke kanan atau Anda bisa memilih untuk mendorong ke kiri, tapi tidak ke kiri dan kanan pada dikala yang sama, dan juga tidak ke atas dan ke kanan pada dikala yang bersamaan. Dalam kondisi ibarat ini hukum pertama mengatakan bahwa jika sebuah objek tidak didorong atau ditarik ke atas, kecepatan secara alami akan tetap konstan. Ini berarti bahwa jika sebuah benda bergerak, tak terpengaruhi oleh Gaya apapun, itu akan terus bergerak sepanjang garis lurus sempurna dengan kecepatan konstan.

Hukum newton pertama juga berarti jikalau benda dalam keadaan membisu dan tidak dikenai gaya apapun, maka benda tersebut akan tetap diam. Sebenarnya, benda membisu yaitu kasus khusus benda yang bergerak dengan kecepatan konstan 0 m/s.
Hukum Newton satu dirumuskan sebagai berikut:
F = 0

Menurut Hukum pertama Newton, setiap benda mempunyai sifat inert (lembam), artinya bila tidak ada ganguan dari luar benda cenderung mempertahankan keadaan geraknya (diam atau bergerak). Dapat kita simpulkan bahwa jikalau tidak ada Gaya luar yang dikerjakan, maka kecepatan objek (kelajuan dan arah) akan tetap konstan. Sebuah objek yang bergerak dalam lintasan lurus dengan kecepatan konstan akan tetap memiliki kecepatan yang konstan. Sebuah benda yang membisu akan tetap mempunyai kecepatan yang konstan juga yakni kecepatan bernilai nol.

2.      Hukum Newton II.
Hukum Newton 2 (Kedua) yang kedua menjelaskan bagaimana objek akan merubah akan jikalau didorong atau ditarik. Pertama, aturan ini menyatakan jikalau benda dienkai Gaya, benda tersebut akan mengalami percepatan, merubah kecepatan semulanya, Gaya ini akan merubah arah  kecepatan sesuai dengan arah Gaya nya. Kedua, percepatan ini sebanding dengan besarnya Gaya. Untuk contohnya, jikalau kalian mendorong benda mengakibatkan benda tersebut dipercepat, dan ketika kalian mendorong katakanlah tiga kali lebih besar lengan berkuasa maka percepatan akan membesar tiga kali lipatnya. Ketiga, percepatan ini bernbanding terbalik dengan massa benda. Contohnya, jikalau kalian mendorong dua benda yang sama persis, dan salah satu bendamemiliki massa lima kali lipat dari benda yang staunya, maka percepatan benda tersebut akan menjadi seperlima terhadap yang lain.
Hukum kedua Newton dirumuskan sebagai berikut:
F = m.a
F = Gaya (Newton atau N)
m = massa (kg)
a = percepatan (m/s2)

3.      Hukum Newton III
Hukum Newton 3 (ketiga) menyatakan bahwa setiap Gaya selalu ada Gaya yang sama dan berlawanan arah. Contohnya, jikalau kalian mendorong dinding, dinding akan mendorong balik sama kerasnya ketika kau mendorong dinding. Atau lebih dikenal sebagai Gaya agresi reaksi.


Demikianlah uraian mengenai Hukum Newton 1, 2 dan 3. Setelah mempelajari uraian di atas kita akan tahu bahwa kasus di awal terjadi alasannya aplikasi Hukum Newton 1 dan 3, yakni kita bergerak mundur dikala kendaraan beroda empat direm alasannya sifat kelembaman, kita cenderung mempertahankan keadaan sebelumnya yakni diam. Sedangkan kasus kenapa sanggup berjalan tanpa gelincir alasannya dikala gaya berat kita menekan lantai, maka lantai akan berekasi mendorong kita balik. Nah, biar sanggup menambah pengetahuan kalian J. Fisika itu asyik ya J

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hukum Newton 1, 2, 3, Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel