iklan

Cara Mengukur Massa Jenis Benda Teratur Dan Tidak Teratur

Sebelumnya pak guru sudah menjelaskan apa itu massa jenis dan rujukan soalnya. Sekarang aku akan membahas cara mengukur massa jenis benda yang bentuknya teratur dan benda yang tidak teratur.
 Sekarang aku akan membahas cara mengukur massa jenis benda yang bentuknya teratur dan be Cara mengukur massa jenis benda teratur dan tidak teratur
1. Menentukan massa jenis benda yang teratur
Cara mengukur benda yang bentuknya teratur sangatlah mudah. Alat yang diharapkan yaitu neraca dan penggaris. Contohnya kita mengukur benda yang bentuknya kubus:
a. Menimbang benda yang berbentuk kubus pada neraca
b. Menghitung volume benda berbentuk kubus dengan cara mengukur sisi kubus tersebut lalu hitung dengan rumus volume kubus, sisi x sisi x sisi.
c. Setelah massa dan volume benda sudah kita ketahui, kini kita tinggal membagi massa benda dengan volumenya. Atau massa dibagi volume.
Bagaimana dengan benda yang bentuknya balok maupun tabung? Caranya menyerupai yang di atas. Kita hanya memasukan hasil pengukuran memakai penggaris lalu memilih volume benda dengan menghitung rumus volume balok dan menghitung rumus volume tabung.
2. Menentukan massa jenis benda yang teratur
Untuk mengukur massa jenis benda yang tidak teratur menyerupai watu kerikit yang tidak teratur memerlukan alat suplemen selain neraca yaitu 1 gelas ukur. Caranya sebagai berikut:
1. Menimbang massa watu dengan neraca.
2. Menyediakan gelas ukur lalu tuangkan air hingga pada volume tertentu. Misalnya 100 mL. Kita catat volume awal air pada kertas yang kita sediakan yakni 100 mL (V1).
3. Memasukan watu kerikil pada gelas ukur. Kalian amati kenaikan volume air. Lihat kenaikan volume air menunjukkan angka berapa? Misalnya angka 130 mL. Kita catat dahulu volume selesai air sehabis air tersebut kita masuki dengan watu kerikil (V2).
4. Kita akan mengetahui volume watu dengan cara volume selesai air dikurangi dengan volume awal air. V2 – V1.
5. Setelah massa benda dan volume kerikil kita sudah tahu. Kita masukan pada persamaan massa jenis yakni massa benda dibagi dengan volume benda. Dan kesannya massa jenis watu kerikil sudah kita ketahui.
Itulah cara mengukur massa jenis benda beraturan dan massa jenis benda yang tidak beraturan. Sangat gampang bukan?

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengukur Massa Jenis Benda Teratur Dan Tidak Teratur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel