iklan

Cara Menciptakan Grade Dan Deskripsi Nilai Di Microsoft Excel

Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel–Kali ini admin akan menampilkan cara menciptakan grade nilai memakai aplikasi Microsoft Excel. Grade merupakan siymbol yang diwakili oleh abjad sesuai rentangan nilai yang fungsinya untuk mempresentasikan hasil belajar. Grade juga merupakan symbol yang merefleksikan komunikasi penilaian sumatif yang diberikan guru sebagai media laporan kepada orang bau tanah siswa, kepala sekolah dan para stakeholders yang berkepentingan. Sedangkan deskripsi merupakan keterangan dari pencapaian nilai tersebut.


Bagi anda yang belum tau cara menciptakan grade nilai di Microsoft Excel silahkan ikuti panduan dibawah ini.


Membuat Grade Nilai di Microsoft Excel


Definisi Grade:


Sebagai symbol yang mungkin berupa huruf, angka atau kata-kata yang menggambarkan pertimbangan nilai relative pencapaian hasil berguru selama waktu tertentu (bisa 1 tahun, 1semester, atau 1 kwartal, tergantung system yang berlaku disuatu forum sekolah.


Jenis-jenis grade terbagi 3, yaitu; grade tunggal, grade ganda (multi grade) dan grade kategori. Pembahasan grade sanggup anda dapatkan pada goresan pena di blog ini. Yang akan kita bahas disini ialah cara menciptakan grade nya. Yaitu cara menciptakan grade dengan memakai beberapa cara pada aplikasi Microsoft Excel.


Membuat Grade Nilai Menggunakan rumus IF berulang


Cara yang pertama sanggup kita gunakan untuk menciptakan grade, yaitu dengan memakai fungsi logic IF.


Contoh penggunaan rumus IF untuk menciptakan grade:


Misalnya kita akan menciptakan grade dari datasheet dibawah ini;


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Berdasarkan tabel data diatas, kita akan buatkan grade nilai test nya sesuai rentangan angka dibawah ini.


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Berdasarkan rentang nilai diatas, kita sanggup gunakan rumus If sebagai berikut;


=IF(C2>=90,”A”,IF(C2>=80,”B”,IF(C2>=70,”C”,IF(C2>=60,”D”,IF(C2<59,”E”)))))


Silahkan masukan rumus diatas pada kolom D2 hingga dengan D11, dengan mengubah cell C2 menjadi C3 hingga dengan C11.


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Haslnya menyerupai tampilan dibawah ini


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Cara menciptakan Grade Nilai di Microsoft Excel dengan Vlookup


Selain dengan memakai rumus IF, untuk menciptakan Grade Nilai di Microsoft Excel juga sanggup dengan memakai fungsi Vlookup.


Untuk contoh, kita masih memakai datasheet yang sama menyerupai pada referensi menciptakan grade memakai fungsi logic IF diatas. Yang membedakan, kita juga menciptakan tabel referensi rentangan nilai pada bab bawah tabel nilai.


Baca Contoh Materi Vlookup dan Hlookup di Microsoft Excel


Membuat Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Deskripsi menjelaskan ketercapaian nilai, contohnya apakah siswa tersebut Lulus atau Tidak. Atau sanggup juga berisi klarifikasi lain, contohnya “Kompeten atau tidak kompeten”.


Lihat referensi dibawah ini!


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Lihat tabel nilai diatas! Pada tabel diatas, terdapat keterangan; “siswa dinyatakan lulus apabila memperoleh nilai minimal 80″. Dengan keterangan tersebut, kita sanggup buat pernyataan sebagai berikut:


(1). Apabila nilai test = 80, maka lulus

(2). Apabila nilai test > 80, maka lulus

(3). Apabila nilai test < 80, maka tidak lulus


Dengan pernyataan diatas, kita sanggup menciptakan kriteria sebagai berikut:


=Jika(Nilai Test >=80,”LULUS”,Jika(Nilai Test < 80,”TIDAK LULUS”))


atau


=Jika(Nilai Test >=80,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)


Kedua kriteria diatas, sanggup kita gunakan untuk memberi deskripsi nilai apakah siswa dinyatakan “LULUS” atau “TIDAK LULUS”.


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Hasilnya menyerupai dibawah ini;


Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel


Rumus deksripsi memakai fungsi logic If diatas, sanggup dipakai untuk banyak sekali kebutuhan pembuatan rancangan otmasi sheet, contohnya untuk pembuatan rapot sekolah, untuk pembuatan rapot k13 rumus-rumus tadi sanggup juga dimanfaatkan untuk menciptakan deskripsi ketercapaian nilai.  Kita sanggup memakai fungsi logic If, If berulang, dan penggabungan beberapa fungsi, contohnya Vlookup dan If, atau fungsi text dengan If dan seterusnya.


Kalau anda ingin jago memakai banyak sekali rumus fungsi dan kriteria lainnya di Microsoft Excel, cukup mudah, kami sudah sediakan Modul Komputer Microsoft Excel Pro untuk anda!


Demikian panduan berguru Cara Membuat Grade dan Deskripsi Nilai di Microsoft Excel kali ini, mudah-mudahan sanggup membantu dan sanggup dipraktikan dengan mudah. Untuk pertanyaan dan lain sebagainya, silahkan eksklusif saja menyampaikannya pada kolom komentar atau email admin.



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Grade Dan Deskripsi Nilai Di Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel