iklan

Bunyi Aturan Archimedes Dan Misalnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bunyi aturan archimedes ialah sebuah kalau sebuah benda tercelup seluruh atau sebagain di dalam zat cair (fluida) akan mengalami gaya ke atas yang besarnya ialah sama dengan berat zat cair yang dipindahkan. Contoh penerapan aturan archimedes dalam kehidupan sehari-hari ialah kapal laut, hidromter, galangan kapal, dan balon udara.
Bunyi aturan archimedes ialah sebuah kalau sebuah benda tercelup seluruh atau sebagain di d Bunyi aturan archimedes dan misalnya dalam kehidupan sehari-hari
Contoh aturan archimedes dalam kehidupan sehari-hari yang paling gampang adalah:
Pada ketika kau menggendong teman kau di dalam air, rasanya lebih ringan dari pada menggontong di daratan. Jika kita menimbang watu di udara atau daratan akan terasa labih berat kalau watu tersebut di celupkan di dalam air lalu di timbang.
Humu archimedes sanggup di rumuskan sebagai berikut:
Wair = Wudara – Fa
Wair = berat benda di dalam air (N)
Wudara = berat benda di udara/daratan (N)
Fa = gaya angkat ke atas.
Pada aturan archimedes, sebuah benda dalam zat cair ada tiga keadaan yaitu:
1. Benda tenggelam.
Jika massa jenis zat cair lebih kecil dari pada massa jenis benda, maka benda tersebut akan tenggelam. Contohnya ialah kalau kau memasukkan batu, besi, baja kedalam air maka ke tiga benda tersebut akan tenggelam.
Massa jenis benda lebih besar massa jenis fluida.
2. Benda melayang.
Jika massa jenis benda dan massa jenis fluida sama, maka benda tersebut akan melayang. Contohnya kalau kau memasukkan telur pada air, maka telur akan tenggelam. Agar telur sanggup melayang, tambahkan bertahap garam ke dalam air. Jika telur sudah melayang, maka massa jenis telur dan massa jenis air yang tercempur garam sudah sama.
3. Benda terapung.
Jika terdapa benda yang mempunyai massa jenis lebih kecil dari pada massa jenis zat cair, maka benda tersebut akan mengapung. Contohnya ialah ketika kalian memasukkan gabus atau plastik ke dalam air, maka plastik dan gabus akan mengapung.
Massa jenis benda lebih kecil dari pada massa jenis fluida.
Contoh penerapan aturan archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
1. Kapal maritim yang terbuat dari baja sanggup terapung.
Padahal kapal maritim dari baja atau besi mempunyai massa jenis lebih besar dari pada massa jenis air laut. Mengapa sanggup terapung yah? Karena gaya angkat ke atas pada kapal sebanding dengan berat kapal. Kapal maritim mempunyai bentuk yang berongga agar volume air yang sanggup dipindahkan lebih besar sehingga gaya angkat ke atasnya lebih besar pula.
2. Balon udara.
Mengapa balon udara sanggup terbang? Udara termasuk jenis fluida. Balon udara berisi gas. Gas mempunyai massa jenis yang lebih kecil dari pada udara sekitar sehingga balon tersebut sanggup terangkat atau naik ke atas.
Demikian pembahasan bunyi aturan archimedes dan penerapan aturan archimedes dalam kehidupan sehari-hari. Praktis sekali bukan?

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bunyi Aturan Archimedes Dan Misalnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel